Peran Pondok Pesantren Dalam Deradikalisasi Paham Dan Gerakan Islam Radikal (Studi pada Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum 39 B Batanghari Lampung Timur)

  • Prasetya Budi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro
  • Aprina Chintya Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta

Abstract

Berbagai fenomena yang ada menunjukkan bahwa radikalisme sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita yang layak diwaspadai. Upaya pemerintah dalam memerangi radikalisme melalui pendekatan kekuasaan dan keamanan saja ternyata tidak cukup. Oleh karena itu partisipasi lembaga pendidikan, termasuk peran pesantren dalam memerangi radikalisme menjadi penting. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran pondok pesantren dalam deradikalisasi paham Islam radikal di Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum 39 B Batanghari Lampung Timur. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara (interview) dan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model analisis mengalir (flow model of analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Riyadlatul UlumĀ  memiliki peran penting dalam menanggulangi paham dan gerakan Islam radikal baik secara internal maupun eksternal.

Published
2017-12-28
How to Cite
BUDI, Prasetya; CHINTYA, Aprina. Peran Pondok Pesantren Dalam Deradikalisasi Paham Dan Gerakan Islam Radikal (Studi pada Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum 39 B Batanghari Lampung Timur). FIKRI : Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, [S.l.], p. 284-306, dec. 2017. ISSN 2548-7620. Available at: <http://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/jf/article/view/140>. Date accessed: 18 jan. 2018. doi: https://doi.org/10.25217/jf.v2i2.140.
Section
Articles