Teori Identitas dalam Pluralisme Agama dan Identitas (Fenomena Pluralisme dan Toleransi Beragama Desa Jrahi, Gunungwungkal, Pati, Jawa Tengah)

  • Muhamad Agus Mushodiq Institut Agama Islam Maarif NU (IAIM NU) Metro Lampung.

Abstract

Artikel ini merupakan studi mengenai fenomena-fenomena pluralisme agama di Desa Jrahi, Gunungwungkal, Pati, Jawa Tengah. Di sisi lain, artikel ini bertujuan untuk mengungkap fakta-fakta sosial dan berbagai fenomena yang mengandung nilai-nilai pluralisme agama, serta riset ini dimaksudkan untuk mengaplikasikan pemikiran teori identitas terhadap fenomena pluralisme agama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sehubungan dengan itu, penelitian ini merupakan deskripsi yang diproyeksikan untuk menemukan urgensi hubungan antara fenomena-fenomena pluralisme agama dan identitas masyarakat Desa Jrahi secara sistematik dan objektif. Teori identitas didefinisikan oleh Larry A. Samovar sebagai pencarian fakta dengan pemahaman yang tepat tentang pluralisme agama dan penjagaan identitas. Ia mengatakan bahwa kehidupan plural yang harmonis akan diperoleh dengan menghilangkan sikap rasisme, prasangka buruk, setereotip, etnosentrisme, dan memperkuat studi keagamaan oleh masing-masing pemeluk agama.

Published
2017-12-28
How to Cite
MUSHODIQ, Muhamad Agus. Teori Identitas dalam Pluralisme Agama dan Identitas (Fenomena Pluralisme dan Toleransi Beragama Desa Jrahi, Gunungwungkal, Pati, Jawa Tengah). FIKRI : Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, [S.l.], p. 379-406, dec. 2017. ISSN 2548-7620. Available at: <http://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/jf/article/view/145>. Date accessed: 18 jan. 2018. doi: https://doi.org/10.25217/jf.v2i2.145.
Section
Articles