Peran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka dalam Membangun Harmoni Ditengah Kemajemukan (Studi Kasus Pembentukan Karakter Kepemimpinan pada Unit Kegiatan Pramuka IAIN Metro)

  • Muhammad Ali Institut Agama Islam Negeri Metro

Abstract

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka merupakan salah satu wadah kegiatan ekstra kulikuler bagi Mahasiswa dibidang kepramukaan  yang ada di IAIN Metro. Pendidikan kepramukaan dilaksanakan  untuk menginternalisasikan nilai-nilai ketuhanan, kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, cinta alam, dan kemandirian  pada mahasiswa, selain itu juga bertujuan untuk membentuk karakter dan  untuk mengembangkan  mental, moral, spiritual, intelektual mereka untuk menjadi pemuda yang baik dan berjiwa patriotisme. Pembentukan karakter kepemimpinan pada UKM Pramuka IAIN Metro dilaksanakan dengan pemberian  keteladanan, pembiasaan, pendampingan, penguatan yang dilakukan oleh para pembina pramuka kepada para mahasiswa melalui berbagai kegiatan seperti perkemahan, bakti sosial, kegiatan keagamaan, tri bina pramuka (bina diri, bina satuan, dan bina masyarakat), praktek baris berbaris dan tali temali.

Published
2018-07-31
How to Cite
ALI, Muhammad. Peran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka dalam Membangun Harmoni Ditengah Kemajemukan (Studi Kasus Pembentukan Karakter Kepemimpinan pada Unit Kegiatan Pramuka IAIN Metro). FIKRI : Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 29-60, july 2018. ISSN 2548-7620. Available at: <http://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/jf/article/view/219>. Date accessed: 09 dec. 2018. doi: https://doi.org/10.25217/jf.v3i1.219.