• ISLAM DAN KEBHINEKAAN
    Vol 3 No 1 (2018)

    Jurnal Fikri adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung. Jurnal Fikri fokus pada studi di bidang "Agama, Sosial, dan Budaya". Edisi Volume 3 Nomor 1 Tahun 2018 ini mengambil tema “Islam dan Kebhinekaan”. Latar belakang tema tersebut adalah kebhinekaan merupakan realitas bangsa yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya untuk mendorong terciptanya perdamaian dalam kehidupan Bangsa dan Negara. Perbedaan etnis, religi maupun ideologi menjadi bagian tidak terpisahkan dari sejarah bangsa Indonesia dengan Bhinneka Tunggal Ika dan toleransi yang menjadi perekat untuk bersatu dalam kemajemukan bangsa (Bhinneka Tunggal Ika). Namun kebinekaan akhir-akhir ini direduksi maknanya menjadi semata-mata melindungi hak minoritas tanpa menghormati hak mayoritas, selain itu kebhinekaan bangsa Indonesia selalu dibenturkan dengan Islam. Oleh karena itu, Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, Edisi Volume 3 Nomor 1 Tahun 2018 ini menghadirkan beberapa artikel ilmiah yang berupaya membahas latar belakang di atas. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, terbit dua kali setahun (periode Januari-Juni dan Juli sampai Desember). Publikasi ini tersedia secara online melalui akses terbuka. Fikri telah menjadi CrossRef Anggota sejak tahun 2017. Oleh karena itu, semua artikel yang dipublikasikan memiliki nomor DOI.

  • UPAYA DERADIKALISASI PAHAM KEGAMAAN
    Vol 2 No 2 (2017)

    Jurnal Fikri adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung. Jurnal Fikri fokus pada studi di bidang "Agama, Sosial, dan Budaya". Edisi Volume 2 Nomor 2 Tahun 2017 ini mengambil tema “Upaya Deradikalisasi Paham Keagamaan”. Deradikalisasi Pemahaman ajaran Islam, berarti upaya menghapuskan pemahaman yang radikal terhadap ayat-ayat al-Qur’an dan Hadis, khususnya ayat atau hadis yang berbicara tentang konsep jihad, perang melawan kaum kafir dan seterusnya. Dengan demikian, deradikalisasi bukan dimaksudkan sebagai upaya untuk menyampaikan “pemahaman baru” tentang Islam dan bukan pula pendangkalan akidah, melainkan sebagai upaya mengembalikan dan meluruskan kembali pemahaman tentang apa dan bagaimana Islam. Oleh karena itu, Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, Edisi Volume 2 Nomor 2 Tahun 2017 ini menghadirkan beberapa artikel ilmiah yang berupaya membahas latar belakang di atas. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, terbit dua kali setahun (periode Januari-Juni dan Juli sampai Desember). Publikasi ini tersedia secara online melalui akses terbuka. Fikri telah menjadi CrossRef Anggota sejak tahun 2017. Oleh karena itu, semua artikel yang dipublikasikan memiliki nomor DOI.

     

  • ISLAM DAN REVITALISASI HAK ASASI MANUSIA
    Vol 2 No 1 (2017)

    Jurnal Fikri adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung. Jurnal Fikri fokus pada studi di bidang "Agama, Sosial, dan Budaya". Edisi Volume 2 Nomor 1 Tahun 2017 ini mengambil tema “Islam dan Revitalisasi Hak Asasi Manusia”. HAM diatur dalam UU. No. 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. HAM merupakan tonggak paling penting bagi pengakuan, penghormatan dan perlindungan terhadap martabat manusia. Meskipun konsep HAM, adalah menjunjung tinggi harkat dan martabat serta dimensi kemanusiaan yang wajib dijunjung tinggi, dihormati, dilindungi, namun dalam realitas sosiologis di masyarakat dijumpai begitu banyak pelanggaran-pelanggaran HAM, baik dalam ranah publik maupun domestik. Oleh karena itu, Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, Edisi Volume 2 Nomor 1 Tahun 2017 ini menghadirkan beberapa artikel ilmiah yang berupaya membahas latar belakang di atas. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, terbit dua kali setahun (periode Januari-Juni dan Juli sampai Desember). Publikasi ini tersedia secara online melalui akses terbuka. Fikri telah menjadi CrossRef Anggota sejak tahun 2017. Oleh karena itu, semua artikel yang dipublikasikan memiliki nomor DOI.

  • ISLAM DAN TRANSFORMASI SOSIAL DI INDONESIA
    Vol 1 No 1 (2016)

    Jurnal Fikri adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung. Jurnal Fikri fokus pada studi di bidang "Agama, Sosial, dan Budaya". Edisi Volume 1 Nomor 1 Tahun 2016 ini mengambil tema “Islam dan Transformasi Sosial di Indonesia”. Dewasa ini sistem sosial masyarakat Indonesia mengalami transformasi yang cukup signifikan. Internalisasi ajaran-ajaran Islam ke dalam kehidupan masyarakat mulai digalakkan dengan berbagai pendekatan oleh para cendekiawan muslim. Baik dengan melakukan reinterpretasi Alquran dan Hadis yang disesuaikan dengan konteks saat ini ataupun dengan mengembangkan teori-teori modern yang notabene berasal dari barat disesuaikan dan ditinjau ulang sehingga dapat diaplikasikan pada kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Upaya tersebut dilakukan demi meningkatnya kesejahteraan dan keharmonisan antar individu. Oleh karena itu, Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, Edisi Volume 1 Nomor 1 Tahun 2016 ini menghadirkan beberapa artikel ilmiah yang berupaya membahas latar belakang di atas. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, terbit dua kali setahun (periode Januari-Juni dan Juli sampai Desember). Publikasi ini tersedia secara online melalui akses terbuka. Fikri telah menjadi CrossRef Anggota sejak tahun 2017. Oleh karena itu, semua artikel yang dipublikasikan memiliki nomor DOI.

  • ISLAM DAN BUDAYA LOKAL
    Vol 1 No 2 (2016)

    Jurnal Fikri adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung. Jurnal Fikri fokus pada studi di bidang "Agama, Sosial, dan Budaya". Edisi Volume 1 Nomor 2 Tahun 2016 ini mengambil tema “Islam dan Budaya Lokal”. Polemik mengenai Arabisasi di Indonesia semakin mengusik para cendekiawan muslim Indonesia. Para ekstrimis memandang bahwa Ajaran Islam dan Budaya Arab adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Pandangan tersebut menimbulkan berbagi perdebatan antara pemeluk agama Islam yang heterogen. Secara substansial Ajaran Islam dan Budaya Arab tidak berjalan beriringan secara holistik. Mengingat Islam adalah Agama rahmat bagi alam semseta. Adagium tersebut seharusnya dipahami dengan lebih mendalam sehingga setiap individu akan memahami bahwa Islam sangat selaras dengan budaya lokal. Artinya bahwa budaya lokal dapat mengalami akulturasi dengan Agama Islam. Sehingga substansi dari Agama dan budaya lokal masih tetap terjaga dan selalu eksis. Oleh karena itu, Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, Edisi Volume 1 Nomor 2 Tahun 2016 ini menghadirkan beberapa artikel ilmiah yang berupaya membahas latar belakang di atas. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, terbit dua kali setahun (periode Januari-Juni dan Juli sampai Desember). Publikasi ini tersedia secara online melalui akses terbuka. Fikri telah menjadi CrossRef Anggota sejak tahun 2017. Oleh karena itu, semua artikel yang dipublikasikan memiliki nomor DOI.

1 - 5 of 5 items