Pengenalan Aksara Melalui Media Gambar Terhadap Anak Usia Dini

  • Ferdian Utama Institut Agama Islam, IAIM NU Metro

Abstract

Banyaknya masyarakat di usia produktif yang mengalami buta aksara. Maka dengan melakukan pembinaan dan pendampingan, masalah tersebut bisa terselesaikan. Dengan demikian awal solusi yang dilakukan adalah memberikan pengenalan aksara melalui media gambar terhadap anak usia dini. Usia dini adalah usia yang paling efektif untuk dilakukan pendampingan dan pembinaaan terhadap aksara. Media gambar salah satu media yang efektif untuk digunakan. Anak akan tertarik belajar aksara melalui gambar-gambar yang inovatif dan warna yang merik perhatian anak.


Rumusan masalah dari penelitian ini dalah, bagaimanakah deskripsi media gambar yang digunakan, bagaimanakah pengenalan aksara melalui media gambar terhadap anak usia dini, dan bagaimanakah kendala yang dihadapi dalam mengenalkan aksara terhadap anak melalui media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, ex post facto yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang terjadi kemudian merunut kebelakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut. Penelitian ini menggunakan tehnk subyek secara terpilih dari hasil observasi, karena mereka yang memahami, mengalami dan melakukan, adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.


Hasil dari penelitian ini bahwa pengenalan aksara melaui media gambar dapat dilakukan dan berjalan sesuai tujuan yang diharapkan yaitu dapat mengenalkan aksara terhadap anak. Aksara yang dimaksud adalah dapat mengenal huruf, angka, tanda baca, dan huruf arab atau hijaiyah. Adapun langkah-langkah penggunan media gambar misalnya seperti menjelaskan nama gambar yang tertera di buku gambar, menyebutkan jumlahnya, dan mendeskripsikan tentang gambar, atau menempelkan huruf hijaiyah yang ditempatkan diposisi strategis di dinding kelas.


 


Kata Kunci: Media Gambar, Aksara, Anak Usia Dini

Published
2017-12-18
How to Cite
UTAMA, Ferdian. Pengenalan Aksara Melalui Media Gambar Terhadap Anak Usia Dini. Iqra': Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 433-457, dec. 2017. ISSN 2548-7892. Available at: <http://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/169>. Date accessed: 14 aug. 2018. doi: https://doi.org/10.25217/ji.v2i2.169.