Applaying Seating Arrangement And Teachers’ Role in English Language Teaching to Increase Students’ Speaking Ability

  • Anita Susanti STKIP KUMALA METRO

Abstract

Banyak sekolah dan universitas menggunakan pengaturan tempat duduk konvensional dalam proses belajar dan mengajar. Terkadang kursi siswa memiliki palet kayu pada satu sisi tangan sebagai tempat untuk menulis. Terkadang pula terdapat meja di depan siswa duduk. Hal ini memiliki banyak masalah ketika menggunakan pengaturan tempat duduk tersebut. Masalah – masalah ini membuat beberapa guru atau dosen menyusun pengaturan tempat duduk yang tepat. Peran guru untuk mengatur hal tersebut dan melaksanakan aktifitas belajar dan mengajar juga mempunyai peran penting untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Bagaimana guru berbicara dan bertingkah laku dapat mempengaruhi kemampuan siswa untuk menguasai materi yang diberikan.  Penelitian ini fokus pada penggunaan manajemen tempat duduk dan peran guru dalam pengajaran bahasa inggris untuk memotivasi berbicara siswa pada STKIP Kumala Lampung Metro. Data berasal dari mahasiswa - mahasiswi melibatkan penulis dan dosen bahasa inggris. Penelitian dilaksanakan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK/CAR). Hasilnya menunjukan bahwa mengatur tempat duduk siswa dengan tepat dan peran guru dalam mengajar dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa inggris. Keberhasilan penggunaan manajemen tempat duduk dapat dilihat dari respon positif siswa dan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran berbicara.


Kata kunci: Berbicara, Manajemen tempat duduk, Peran guru, Bahasa Inggris

Published
2018-01-12
How to Cite
SUSANTI, Anita. Applaying Seating Arrangement And Teachers’ Role in English Language Teaching to Increase Students’ Speaking Ability. Iqra': Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 366-384, jan. 2018. ISSN 2548-7892. Available at: <http://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/197>. Date accessed: 18 jan. 2018. doi: https://doi.org/10.25217/ji.v2i2.197.