https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/issue/feedNumerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika2025-06-13T09:10:36+00:00Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematikajurnalnumerical@gmail.comOpen Journal Systems<div style="text-align: justify;"> <p><strong>Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika </strong>(e-ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1496562581">2580-2437</a> p-ISSN <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1496468528">2580-3573</a>) is a peer-reviewed, open-access journal for research activity on mathematics and mathematics education. The Journal published biannually (June and December) by Univeristas Ma’arif Lampung. The journal is managed by Study Program of Mathematics Education, Faculty of Tarbiyah. Furthermore, the Numerical has been Accredited <a href="https://drive.google.com/file/d/1xQ1kFXru4ixFHSPxferwZv49zWftIgmx/view?usp=sharing"><strong>Sinta Rank 4</strong></a> by the Ministry of Research, Technology, and Higher Education, the Republic of Indonesia since December 2023.</p> </div>https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/6072Application of Prim Algorithm to an Electricity Network in Cimahi 2025-05-24T20:50:06+00:00Anie Lusianianie.lusiani@polban.ac.idEuis Sartikasartikaeuis1965@gmail.comNeneng Nuryatineneng.nuryati@polban.ac.idIda Suhartinianie.lusiani@polban.ac.id<p>Prim's algorithm is an algorithm that is applied to determine the minimum spanning tree to optimize a network. In this research, the Prim algorithm will be applied to minimize the length of electrical cables used in an electricity distribution network. The data needed to build an initial model is the number of electricity poles on an electricity network, the position of the electricity poles, and the length of the cable connecting the two electricity poles. The electricity network used is in the management area of PT. PLN UP3 Cimahi, West Java. This initial model is represented by a weighted connected graph, where an electricity substation or an electricity pole is a vertex and an electricity cable connecting two electricity poles is an edge in the graph. The weight of this graph is the length of the cable. After the Prim algorithm is run on this graph, the minimum spanning tree is obtained which is the shortest length of electrical cable needed to connect all electricity poles, namely 1258.05 meters. When compared to the length of the existing cable that is being used, which is 1275.86 meters, the results of this study provide a cable efficiency of 17.81 meters. Thus, it is expected to provide cost efficiency arising from the price of the cable and its installation costs. This result is expected to provide input to PT. PLN UP3 Cimahi as an energy efficiency effort launched by the government.</p>2025-06-29T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Anie Lusiani, Euis Sartika, Neneng Nuryati, Ida Suhartinihttps://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/5798Perbandingan Penggunaan Phyton dan Excel dalam Menyelesaikan Persamaan Tak Linier Metode Newton Raphson2025-04-22T00:43:12+00:00Nurul Rohmawatinrohmawati63@gmail.comIstiqomah Sarah Nur Inayahistiqomahsarah008@gmail.comAri Wibowoari.wibowo@staff.uinsaid.ac.id<p>Persamaan tak linier sering dijumpai dalam berbagai bidang, seperti fisika, teknik, dan ekonomi. Salah satu metode numerik yang sering digunakan untuk mencari akar dari persamaan tak linier adalah metode Newton-Raphson. Dengan kemajuan teknologi, berbagai perangkat lunak kini digunakan untuk mempermudah perhitungan numerik. Dalam konteks alat yang digunakan untuk analisis data, perbandingan antara Python dan Microsoft Excel telah menjadi bahan diskusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode komparatif untuk menganalisis perbedaan hasil antara objek yang dibandingkan serta mengetahui mana yang lebih efektif dan efisien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Python lebih unggul dalam hal akurasi hasil, automasi iterasi, kecepatan perhitungan, fleksibilitas perubahan fungsi, reproduksibilitas, dan skalabilitas. Namun, Python memerlukan pengetahuan pemrograman dan kurang user-friendly bagi pemula. Sedangkan alat bantu Microsoft Excel lebih unggul dalam hal kemudahan penggunaan dan kompatibilitas dengan software Microsoft, tetapi kurang cocok untuk masalah yang kompleks atau memerlukan banyak iterasi. Microsoft Excel juga rentan terhadap kesalahan manual dan kurang skalabel.</p>2025-06-18T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Istiqomah Sarah, Nurul Rohmawati, Ari Wibowohttps://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/5342Etnomatematika: Nilai dan Konsep Matematika pada Benda Bersejarah di Museum Airlangga Kota Kediri2024-12-18T07:58:01+00:00Hellen Putri Octa Ardillahellenputrioa@gmail.comAyu Gusniawatiayu12gus@gmail.comJatmiko Jatmikopakjatmiko100@gmail.com<p>Ethnomathematics is an approach that connects mathematics and culture. This study aims to describe the mathematical concepts contained in historical objects in the Airlangga Museum, Kediri City. This research uses a descriptive qualitative approach with observation, interview, and documentation methods. Data were collected through direct observation of historical objects, interviews with museum staff, and photo documentation. The results showed that historical objects in Airlangga Museum Kediri City, such as year number stones, ceke'r inscriptions, and stone barrels, contain mathematical concepts. This shows that mathematics has been integrated in the culture and life of the people of Kediri since ancient times. This research is expected to be an inspiration for the development of meaningful and cultured mathematics learning</p>2025-05-04T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Hellen Putri Octa Ardilla, Ayu Gusniawati, Jatmiko Jatmikohttps://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/5320Resiliensi Matematika Siswa dalam Pembelajaran Daring (e-Learning)2024-12-14T07:39:00+00:00Yunita Rachmawatiaziz@upy.ac.idAbdul Aziz Saefudinaziz@upy.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil resiliensi matematika siswa yang sekolah di daerah terpencil dan berkontur pegunungan di Provinsi DI Yogyakarta pada pembelajaran dalam jaringan (<em>e-learning</em>). Resiliensi matematika siswa pada penelitian ini dikategorikan menjadi resiliensi matematika tinggi, sedang, dan rendah. Hal ini dapat digunakan untuk mengetahui resiliensi matematika yang mendominasi di sekolah tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan metode penelitian kombinasi (<em>mixed method</em>) tipe sequential (berurutan). Subjek penelitian siswa kelas VII di salah satu sekolah di daerah terpencil dan pegunungan di Provinsi DI Yogyakarta. Resiliensi matematika dianalisis dengan faktor: pertumbuhan (<em>growth</em>); nilai (<em>value</em>); perjuangan (<em>struggle</em>); dan kegigihan (<em>perseverance</em>). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara mendalam. Hasil angket dikelompokkan menjadi kategori tinggi, sedang, dan rendah. Wawancara mendalam bertujuan untuk menggali dan melengkapi hasil angket resiliensi matematika siswa. Selanjutnya untuk menguji keabsahan data dilakukan triangulasi hasil angket resiliensi matematika dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan profil resiliensi matematika siswa adalah 15% kategori tinggi, 73% kategori sedang dan 12% kategori rendah. Sesuai dengan hasil yang telah ditunjukkan, dapat disimpulkan bahwa resiliensi matematika siswa kelas VII di salah satu sekolah di daerah terpencil di Provinsi DI Yogyakarta saat pembelajaran daring (e-learning) berlangsung berkategori sedang sehingga diharapkan kemampuan adaptif ini penting diperhatikan dalam pembelajaran matematika.</p>2025-05-08T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Abdul Aziz Saefudin, Yunita Rachmawatihttps://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/5843Keefektifan Model Discovery Learning Berbasis Etnomatematika Berbantuan Media Batik Rifa’iyah terhadap Hasil Belajar2025-05-04T09:50:51+00:00Maulida Khomsahmaulidakhomsah15@students.unnes.ac.idTrimurtini Trimurtinitrimurtinipgsd@mail.unnes.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan model Discovery Learning berbasis etnomatematika dengan media Batik Rifa’iyah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus Yos Sudarso. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental berupa Nonequivalent Control Group Design. Objek penelitian adalah pembelajaran model Discovery Learning berbasis etnomatematika berbantuan media Batik Rifa’iyah (X) terhadap hasil belajar (Y). Subjek penelitian adalah 58 peserta didik kelas V di beberapa SD Gugus Yos Sudarso. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas VA SD Negeri Proyonanggan 01 sebagai kelas eksperimen dan kelas VB SD Negeri Proyonanggan 01 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes yaitu pretest dan posttest; teknik non tes yaitu dokumentasi. Teknik analisis data awal berupa uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis berupa uji independent t-test, uji N-Gain, dan uji z. Penggunaan model Discovery Learning memungkinkan peserta didik berpartisipasi aktif dalam membangun dan memahammi konsep melalui temuannya. Media Batik Rifa’iyah yang digunakan sebagai sarana belajar peserta didik sebagai salah satu cara pemanfaatan etnomatematika di lingkungan sekolah. Didapatkan nilai t hitung sebesar 2,999 > 2,003 sebagai t tabel, nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,537 dan kelas kontrol sebesar 0,39 yang kedua termasuk dalam kategori sedang, nilai z hitung sebesar -1,05 < 1,64 sebagai z tabel. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar, meskipun uji z mengindikasikan bahwa ketuntasan belum mencapai angka minimum 75%.</p>2025-05-09T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Maulida Khomsah, Trimurtini Trimurtinihttps://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/5428Tren Riset Global tentang Pembelajaran Kontekstual dalam Sistem Pendidikan2024-12-28T03:29:37+00:00Anastasia Abubakar2407050009@webmail.uad.ac.idFerra Fijantari2407050009@webmail.uad.ac.idJihan Rosiana2407050009@webmail.uad.ac.idSuparman Suparman2407050009@webmail.uad.ac.idAbdul Aziz Saefudinaziz@upy.ac.id<p style="font-weight: 400;">Penerapan pembelajaran kontekstual telah menjadi tren dominan dalam pendidikan di berbagai negara. Metode pembelajaran ini telah berkembang dengan beragam pendekatan yang ditekankan pada kerjasama lintas disiplin, domain, dan wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi yang signifikan bagi peneliti dan pendidik dalam sistem pendidikan dengan melakukan analisis bibliometrik secara global tentang pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode analisis bibliometrik dengan mengambil database Dimensions dan berhasil mengumpulkan 486 artikel yang diterbitkan dari tahun 2000 hingga 2024. Analisis bibliometrik yang dilakukan menggunakan alat seperti VOSviewer dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bialocerkowski, A. dan Olson R., adalah penulis yang paling banyak dikutip dalam penelitian tentang pembelajaran kontekstual dalam Sistem Pendidikan. Berdasarkan peta kolaborasi antarnegara, Amerika Serikat tampaknya menjadi pusat kolaborasi paling signifikan dalam penelitian tentang pembelajaran kontekstual dalam Pendidikan Sains. Selain itu, jurnal “Journal of Research in Science Teaching” terlihat menonjol dalam publikasi Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Sains, berdasarkan jumlah kutipan dan kuartil (Q1). Studi bibliometrik ini juga menemukan korelasi antara kata kunci yang digunakan oleh penulis, antara lain "Pendidikan Profesional", "Sistem Pendidikan", "Pendidikan", "Konteks", dan "Pembelajaran Kontekstual". Temuan-temuan ini menyoroti pentingnya penelitian multidisiplin dan interdisiplin dalam memahami pembelajaran kontekstual dalam konteks pendidikan dan mengadvokasi untuk memasukkan konteks geografis yang lebih luas dalam penelitian tentang pembelajaran kontekstual.</p>2025-05-15T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Anastasia Abubakar, Ferra Fijantari, Jihan Rosiana, Suparman Suparman, Abdul Aziz Saefudinhttps://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/5874Studi Etnomatematika pada Proses Ritual Ngamalo Lubakng Tugal dalam Sistem Pertanian Dayak Kanayatn2025-05-10T12:09:08+00:00hilaria Enza Dara Sisterhilariaenzadarasister@gmail.comSepriani Lilianahilariaenzadarasister@gmail.com<p><em>Ngamalo lubakng tugal</em> adalah salah satu tradisi dalam sistem pertanian atau <em>bahuma batahut’n</em> masyarakat Dayak Kanayatn. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentivikasi unsur-unsur matematika yang terdapat pada sistem pertanian masyarakat Dayak <em>Kanayatn</em>. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari dua orang pemilik ladang (petani lokal) dan satu orang <em>panyangahatn, </em>teknik pengambilan subyek menggunakan teknik <em>purposive sampling</em>. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Miles & Huberman yang terdiri dari tiga alur, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur matematika yang digunakan dalam ritual <em>ngamalo lubakng tugal</em> pada alat dan bahannya, seperti pada <em>poe, bontokng</em>, wadah <em>baras kuning</em>, wadah <em>baras banyu</em>, wadah isi <em>pangantar</em>, wadah <em>baras poe </em>(beras ketan), wadah <em>baras </em><em>sunguh (</em>beras<em> palawakng)</em>, <em>pabayo</em> dan tempat <em>pabanihan’t. </em>Adapun unsur matematika yang muncul adalah unsur geometri, gradien (kemiringan), bilangan/perhitungan siklus dan perbandingan. Unsur geometri terdapat pada tempat <em>pabanihan’t</em>, wadah isi <em>pangantar</em>, wadah <em>baras poe </em>(beras ketan), wadah <em>baras sunguh (beras palawakng)</em>, wadah <em>baras banyu</em>,wadah <em>baras</em> kuning <em>(tampukng tawar), </em>wadah air bunga selasih,dan <em>pabayo</em>, gradien muncul pada <em>tungkat Jubata</em> dan <em>tanga’ Jubata</em>, dan unsur perbandingan muncul pada adonan <em>poe, bontokng, tumpi</em> dan <em>tumpi Jubata, </em>sedangkan unsur bilangan/perhitungan siklus digunakan dalam perhitungan kalender</p>2025-06-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 hilaria Enza Dara Sister, Sepriani Lilianahttps://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/5880Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Berbasis Android untuk Siswa Sekolah Dasar 2025-05-18T02:29:59+00:00Muhammad Muhammademailnya.muhammad@gmail.comFathin Bayumaulana Aimaraimarbayu97@gmail.comMia Rosmiatimiarosmiati@telkomuniversity.ac.id<p>Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit oleh peserta didik, yang berdampak pada rendahnya pencapaian hasil belajar. Kesulitan ini tidak hanya disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang masih umum digunakan, tetapi juga karena karakteristik matematika yang abstrak dan menuntut pemahaman logis serta konseptual yang kuat. Untuk mengatasi tantangan tersebut, diperlukan media pembelajaran yang mampu menyajikan materi dengan cara yang lebih menarik, interaktif, serta mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi pembelajaran matematika berbasis Android bagi siswa kelas IV SD sebagai alternatif digital yang efisien dan fleksibel. Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk belajar di mana saja dan kapan saja tanpa perlu membawa buku paket atau perangkat tambahan lainnya. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap <em>analysis, design, development, implementation</em>, dan <em>evaluation</em>. Aplikasi dirancang berdasarkan kurikulum nasional serta hasil analisis kebutuhan siswa, dan dikembangkan menggunakan kerangka kerja Kotlin Compose. Evaluasi dilakukan melalui usability testing dengan instrumen System Usability Scale (SUS) yang diisi oleh 20 siswa. Hasil menunjukkan skor rata-rata sebesar 81,88 yang termasuk dalam kategori “baik”. Aplikasi dinilai menarik, mudah digunakan, dan membantu siswa memahami materi secara mandiri. Temuan ini menegaskan bahwa pengembangan media pembelajaran digital yang efisien dan berbasis kebutuhan pengguna dapat memberikan solusi efektif dalam mendukung pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar.</p>2025-06-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Muhammad Muhammad, Fathin, Miahttps://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/5894Pengembangan Media Ular Tangga Numerasi (ULTASI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V2025-05-28T09:52:19+00:00Filia Indonesia AHSSfiliahaselia@students.unnes.ac.idAli Sunarsofiliahaselia@students.unnes.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Ular Tangga Numerasi (ULTASI) serta menguji kelayakan dan keefektifannya dalam pembelajaran matematika materi bilangan cacah hingga 1.000.000 di kelas V SD Negeri Karanganyar 01. Metode yang digunakan adalah <em>Research and Development</em> (R&D) dengan model <em>Borg and Gall</em>. Subjek penelitian mencakup ahli media, ahli materi, guru kelas V, dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data meliputi tes pilihan ganda, wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Inovasi media ini terletak pada papan permainan yang memuat materi pembelajaran serta kartu soal yang dilengkapi dengan barcode dan dapat diakses melalui perangkat digital. Hasil validasi menunjukkan bahwa media memperoleh penilaian kelayakan sebesar 92,3% dari ahli media dan 91,6% dari ahli materi, keduanya termasuk kategori sangat layak. Uji keefektifan menggunakan analisis <em>N-Gain</em> menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 0,56 yang termasuk dalam kategori sedang, dengan efektivitas peningkatan sebesar 56,3%. Dengan demikian, media ULTASI dinyatakan layak dan cukup efektif digunakan sebagai media pembelajaran matematika di sekolah dasar.</p>2025-06-02T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Filia Indonesia AHSS, Ali Sunarsohttps://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/6006Efektivitas Model PBL Bernuansa Etnomatematika Bangunan Khas Kota Lama Banten untuk Meningkatkan Kemampuan HOTS2025-05-22T04:48:15+00:00Fauzan Naufal Ibrahimfauzann661@gmail.comDesi Setiyadifauzann661@gmail.comZubaidi Zubaidifauzann661@gmail.com<p>Pada Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas V ditinjau dari gaya belajar pada siswa kelas V A SD Islam Asysyakirin. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah gugus 1 Pinang tahun ajaran 2025, dengan sampel dipilih secara <em>simple random sampling</em><em>.</em> Hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh nilai signifikansi < 0,05 dalam semua pengujian, analisis data Penggunaan Model PBL bernuansa bangunan khas kota lama banten melebihi 70, hasil uji ketuntasan klasikal pada kelas yang menggunakan Model PBL lebih dari 25%, dan rata-rata hasil tes pembelajaran menggunakan Model PBL bernuansa etnomatematika bangunan khas kota lama banten lebih baik daripada pembelajaran tanpa menggunakan media. Maka kesimpulannya adalah Model PBL bernuansa etnomatematika di kota Benteng lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung matematika siswa.</p>2025-06-15T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Fauzan Naufal Ibrahim, Desi Setiyadi, Zubaidi Zubaidihttps://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/6157Implementasi Teori Vygotsky Melalui Teka-Teki Silang pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa2025-05-31T09:38:28+00:00Jati Widi Tinawajatiwiditinawa30@gmail.comBambang Agus Sulistyonobb7agus1@unpkediri.ac.idSamijo Samijosammatunp@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan teori <em>vygotsky</em> melalui media teka-teki silang pada materi perpangkatan dan akar guna meningkatkan berpikir kritis siswa. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kepung yang terletak di Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Sampel yang digunakan adalah 34 siswa dari kelas VIII-A pada tahun ajaran 2024/2025. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan aplikasi <em>SPSS Version 26</em> menggunakan uji statistik <em>Paired Sample T-Test</em>. Teori <em>vygotsky</em> menekankan adanya interaksi sosial dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan konsep <em>Zone of Proximal Development</em> (ZPD) dan <em>scaffolding</em>. Dalam hal tersebut, siswa dibantu untuk mencapai pemahaman materi melalui bimbingan atau arahan dari guru dan teman sebaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran berbasis teori <em>vygotsky</em> melalui penggunaan media teka-teki silang terbukti efektif mampu meningkatkan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika, khususnya materi perpangkatan dan akar. Dalam hal tersebut, siswa terlibat aktif saat berdiskusi dengan teman sebaya dalam menyelesaikan permasalahan secara bertahap dengan baik. Selain itu, penggunaan media belajar teka-teki silang memiliki peran penting dalam menciptakan suasana belajar yang interaktif dan kreatif.</p>2025-06-25T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Jati Widi Tinawa, Bambang Agus Sulistyono, Samijo Samijohttps://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/6228Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik dengan Pendekatan ESD Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA 2025-06-13T09:10:36+00:00Regita Cahyani027.regitacahyani@gmail.comHikmatul Khusnahikmatulhusna@uhamka.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dengan pendekatan <em>education for Sustainable Development </em>(ESD) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Statistika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan <em>posttest only with nonequivalent group design, </em>melibatkan dua kelas X dari salah satu SMA Negeri di Jakarta. Kedua kelompok sama-sama memperoleh pembelajaran melalui model <em>Problem-Based Learning </em>(PBL), namun pada kelas eksperimen diberikan perlakuan tambahan berupa PMR berbasis ESD. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pemahaman konsep yang telah melalui proses validasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 83,03 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh nilai rata-rata 74,24. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi pendekatan ESD dalam pembelajaran matematika memberikan dampak positif terhadap pemahaman konsep siswa. Selain meningkatkan kemampuan kognitif, pembelajaran berbasis ESD juga mendukung pembentukan kesadaran siswa terhadap persoalan sosial dan lingkungan. Oleh karena itu, PMR dengan pendekatan ESD dapat dipertimbangkan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang inovatif, kontekstual dan relevan untuk diterapkan dalam pengajaran matematika di jenjang sekolah.</p>2025-06-26T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Regita Cahyani, Hikmatul Khusna