Author Guidelines

SEBELUM KAMU MEMULAI

Untuk memverifikasi keaslian, naskah akan diperiksa oleh layanan pendeteksi plagiarisme Ithenticate. Harap secara aktif mematuhi GFA kami; silakan gunakan template jurnal kami. Selain itu, mohon untuk tidak menggunakan Halaman Sampul dari Bepress dalam naskah Anda. Karena halaman sampul ini akan otomatis ditambahkan saat artikel Anda dipublikasikan di jurnal.

BAHASA

Artikel yang disubmit ke Wisanggeni dapat menggunakan dua bahasa, bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Jika bahasa Inggris bukan bahasa terjemahan anda, Anda harus mencari bantuan layanan Pengeditan Bahasa Inggris atau penerjemah profesional. Selanjutnya, setelah naskah Anda diterima, kami akan melakukan proses proofreading untuk memastikan bahwa bahasa naskah Anda sesuai untuk tujuan akademis. Jenis bahasa Inggris untuk naskah ini adalah "Bahasa Inggris Amerika". 

Naskah

Semua naskah harus diformat dengan margin 30 mm, spasi 1,5, dengan font Times New Roman 12 poin, dengan ukuran halaman 210 mm x 297 mm (ukuran A4). Termasuk badan manuskrip, referensi, catatan akhir, tabel, dan gambar, semua materi tidak boleh lebih dari 15 halaman dengan spasi tunggal. Naskah harus ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris dan disiapkan mengikuti pedoman pengajuan jurnal. Wisanggeni mengharuskan penulis untuk memilih jenis artikel dan mematuhi deskripsi jenis artikel yang ditentukan di bawah ini. Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis artikel tersedia untuk semua jurnal/spesialisasi. Harap perhatikan baik-baik batas jumlah kata. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kami.

 

Abstrak

Penulisan abstrak maksimal 250 kata. Abtrak harus memenuhi minimal beberapa unsur.

1. Latar belakang atau problem sosial yang ada dikomunitas pendampingan. Uraikan secara singkat tinjauan teori tentang community engagement yang telah dilakukan. Sebutkan juga dan jelaskan teori yang mendukung penelitian Anda, terutama tentang community engagement, community service, dan community development. 

2. Hipotesis (jika ada). Penulis dapat menyertakan hipotesis yang menjelaskan hasil yang diharapkan.

3. Metode. Jelaskan pendekatan apa yang digunakan dalam komunitas dampingan. Pendakatan dapat menggunakan ABCD, PAR atau CBR. Selanjutnya jelaskan prosedur yang diperlukan selama penelitian, termasuk pemilihan subjek penelitian dan metode observasional dan analitis. Tentukan hasil utama yang diukur untuk setiap kelompok mata pelajaran tentang pelaksanaan pelibatan masyarakat.

4. Hasil dan pembahasan. Ringkas temuan utama, termasuk ukuran efek spesifik dan signifikansi statistiknya, jika memungkinkan. Sertakan (jika relevan) jumlah peserta dalam setiap kelompok, hasil utama untuk setiap kelompok, dan efek samping atau efek samping yang signifikan.

Kata Kunci

Penulis harus menuliskan 7 kata kunci (maksimal), kata kunci atau frasa yang mengidentifikasi konsep paling kritis dalam makalah mereka. Contoh kata kunci dapat mencakup konsep teoritis, metode yang digunakan, wilayah geografis, atau tema umum pengembangan masyarakat. Kata kunci dipisahkan dengan titik koma (;).

A. Pendahuluan

Penulisan pendahuluan dimulai dari teori-teori sebelumnya sebagai dasar penelitian dan hipotesis sementara. Teori tersebut dapat berupa artikel ilmiah, artikel dalam jurnal, buku teks, atau sumber tulisan ilmiah lainnya. Teori ini akan digunakan untuk memberikan state of art naskah Anda dari masalah penelitian yang telah diajukan. Kemudian teori-teori tersebut dikorelasikan atau direlevansikan dengan konteks empiris community engagement, teori yang harus digunakan terutama adalah teori yang berkaitan dengan community engagement, community development, atau community service. Teori-teori lain yang masih diperlukan untuk memecahkan masalah penelitian untuk mendukung teori-teori yang disampaikan setelah teori community engagement dibahas. Inti dari state of art ini adalah menuliskan teori termutaakhir kemudian di korelasikan dengan fakta empiris, fakta empiris ini penulis menjelaskan fenomena masalahnya apa, gejala sosialnya apa. Setelah teori disebutkan dan dibahas, penulis perlu menuliskan paragraf baru yang isinya adalah kajian peneltian terdahulu (isi reviuw artikel jurnal orang lain yang topiknya sejenis, jelaskan apa persamaan dan perbedaan artikel anda dengan artikel orang lain. (GAP Analisis), jika anda mampu menemukan GAP analsisi, maka artikel jurnal anda memiliki novelty (kebaruan). Research Gap Kesenjangan Penelitian (Research Gap) adalah pertanyaan atau masalah yang belum dijawab oleh salah satu atau beberapa penelitian yang ada di satu bidang. Terkadang, research gap muncul ketika ada konsep atau ide baru yang belum dipelajari sama sekali. Pada bagian akhir di sub pendahuluan ini penulis perlu membentuk masalah yang menunjukkan mengapa naskah ini penting,  dan harus menulis tujuan naskah.

B. Metode

Metode adalah cara yang digunakan oleh Penulis untuk menjawab masalah penelitian yang ada. Metode harus jelas dengan lokasi dan waktu penelitian, populasi, dan sampel penelitian, variabel penelitian, dan data penelitian. Metode manuskrip Anda juga menyebutkan detail program keterlibatan komunitas Anda. Dalam penulisan artikel pengabdian masyarakat ini penulis dapat menggunakan salah satu pendekatan di bawah ini, yaitu: 

1. Metode Asset-Based Community Development/ABCD (sebagai pendekatan pengabdian kepada masyarakat dengan orientasi agar masyarakat memiliki daya untuk mengenali dan memanfaatkan segala kekuatan dan aset yang dimiliki untuk kebaikan masyarakat tersebut).

2. Participatory Action Research/PAR, (Yang menekankan pada permasalahan yang dihadapi di masyarakat).

3. Community Based Research/CBR, (Sebagai pendekatan yang menempatkan komunitas pada posisi yang seimbang (balance) dan setara (equitable)

C. Hasil dan Pembahasan

Inti dari hasil dan pembahasan ini adalah menjawab tujuan atau fokus masalah yang diteliti. Hasil dan pembahasan berisi tentang hasil-hasil yang diperoleh penulis selama penelitian. Hasil penelitian disampaikan terlebih dahulu secara keseluruhan, yang dilanjutkan dengan melakukan proses pembahasan. Pembahasan disajikan secara sistematis dari umum, kemudian mengarah ke khusus. Penyajian hasil penelitian dapat dilakukan dengan bantuan tabel, gambar/grafik, peta/rencana, dan skema. Hasil dan pembahasan naskah Anda juga berhubungan dengan teori serta kebaruan naskah Anda tentang keterlibatan masyarakat. Bagian hasil dan pembahasan juga harus menggambarkan implikasi dari program pelibatan masyarakat ini terhadap masyarakat. Minimal penjelasan Anda dalam bab ini berkisar antara 40% hingga 50% dari naskah Anda. 

D. Kesimpulan

Kesimpulan dari manuskrip Anda menentukan kebaruan studi Anda dan keberhasilan program keterlibatan komunitas Anda, manfaat bagi masyarakat atau komunitas, dan kontribusi teoretis dari manuskrip Anda. Kesimpulan ini maksimal 3 paragraf. 

Referensi

Referensi naskah Anda harus up to date selama 5 tahun terakhir (up to date dan minimal 30 referensi yang 50% dari referensi dari jurnal).  Format referensi penyerahan naskah pada jurnal ini dengan gaya APA, yang dapat dilakukan dalam MS Word. Referensi manuskrip Anda disusun menurut abjad.

Berikut adalah contoh format referensi dengan gaya APA. Silahkan masukan referensi Anda menggunakan Aplikasi Mendeley untuk memudahkan Anda sebagai Author.

Journal Article

Grady, J. S., Her, M., Moreno, G., Perez, C., & Yelinek, J. (2019). Emotions in storybooks: A comparison of storybooks that represent ethnic and racial groups in the United States. Psychology of Popular Media Culture, 8(3), 207-217.https://doi.org/10.1037/ppm0000185

Parenthetical citation: (Grady et al., 2019)

Narrative citation: Grady et al. (2019)

Journal Article with an Article Number

Jerrentrup, A., Mueller, T., Glowalla, U., Herder, M., Henrichs, N., Neubauer, A., & Schaefer, J. R. (2018). Teaching medicine with the help of “Dr. House.” PLoS ONE, 13(3), Article e0193972. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0193972

Parenthetical citation: (Jerrentrup et al., 2018)

Narrative citation: Jerrentrup et al. (2018)

 

Journal Article with Missing Information

Missing Volume Number

Stegmeir, M. (2016). Climate change: New discipline practices promote college access. The Journal of College Admission, (231), 44-47.https://www.nxtbook.com/ygsreprints/NACAC/nacac_jca_spring2016/#/46

Missing Issue Number

Sanchiz, M., Chevalier, A., & Amadieu, F. (2017). How do older and young adults start searching for information? Impact of age, domain knowledge and problem complexity on the different steps of information searching. Computers in Human Behavior, 72, 67-78.https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.02.038

Missing Page or Article Number

Butler, J. (2017). Where access meets multimodality: The case of ASL music videos. Kairos: A Journal of Rhetoric, Technology, and Pedagogy, 21, 1.http://technorhetoric.net/21.1/topoi/butler/index.html

Parenthetical citation: (Butler, 2017; Sanchiz et al., 2017; Stegmeir, 2016)

Narrative citation: Butler (2017), Sanchiz et al. (2017), and Stegmeir (2016)

Book

McKibbin, B. (2007). Deep economy: The wealth of communities and the durable future. Times Book/Henry Hold and Co.

Chapter in an edited book

Pigg, K. E., & Bradshaw, T. K., (2003). Catalytic community development: A theory of practice for changing rural society. In D. L. Brown & L. E. Swanson (Eds.), Challenges for rural America in the twenty-first century (pp. 385-396). Pennsylvania State University Press.

Conference Presentations and Proceeding

Conference Presentations

Evans, A. C., Jr., Garbarino, J., Bocanegra, E., Kinscherff, R. T., & Márquez-Greene, N. (2019, August 8–11). Gun violence: An event on the power of community [Conference presentation]. APA 2019 Convention, Chicago, IL, United States. https://convention.apa.org/2019-video

Parenthetical citation: (Evans et al., 2019)

Narrative citation: Evans et al. (2019)