Development of Children's Ability to Recognize Letters Through Unscrambled Words at BIAS Kindergarten Yogyakarta

  • Adin Suryadin STAI Terpadu Yogyakarta
  • Rz. Ricky Satria Wiranata STAI Terpadu Yogyakarta
  • M. Sayyidul Abrori Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung
Keywords: Recognizing Letters, Children, Deciphering Words

Abstract

The development of children's ability to recognize letters at the beginning of entering the B1 kindergarten class is still low. The purpose of this study was to improve children's ability to recognize letters through word deciphering games. The research method used is classroom action research, with the research subject of the BI group at the Integrated Islamic Kindergarten of Bina Anak Sholeh Yogyakarta. The technique in collecting data is in the form of observation, which is processed by the percentage technique. The results of the research in each cycle have shown an increase in the ability of children to recognize letters from the initial conditions, cycle I to cycle I. Thus it can be concluded that word deciphering games can improve children's ability to recognize letters.

References

Astria, N., Made Sulastri, M. P., & Magta, M. (2015). Penerapan Metode Bermain Melalui Kegiatan Finger Painting untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1), 1

Ardyatmika, I. A. I. A., Parmiti, D. P., Ujianti, P. R., & Psi, S. (2016). Penerapan Metode Bermain Melalui Media Playdough Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A Semester Ii Di Tk Widya Kumarasthana Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2).

Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta, PT Bumi Aksara, 2006), 16.

Andayani, S. (2021). Bermain sebagai sarana pengembangan kreativitas anak usia dini. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 7(01), 232

Depdiknas, Metode Permainan membaca dan menulis , Jakarta, 2000, 27

Depdiknas, metode Pengembangan kemampuan berbahasa, (Bandung, 2000), 46

Depdiknas, Metodik khusus Pengembangan Bahasa, (Jakarta, 1995), 52

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 41

Khobir, A. (2009). Upaya mendidik anak melalui permainan edukatif. In Forum Tarbiyah (Vol. 7, No. 2, pp. 197-208). Fakultas Tarbiyah IAIN Pekalongan, 195

Muliawan, jasa ungguh, Management Play group dan TK, Yogyakarta, Diva Pres, 2009, 15.

Purnamasari, N. K. N., Negara, I. G. A. O., Ke, S. P. M., & Suara, I. M. (2014). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Melipat Kertas (Origami) Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Tk Kemala Bhayangkari 1 Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1), 2

Rohim, F., & Susanto, H. (2012). Penerapan model discovery terbimbing pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1), 2

Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak usia dini. J. Educ, 1(1), 31

Susanto, Ahmad, Perkembangan Anak Usia Dini, (Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2011), 86

Srianis, K., Suarni, N. K., Ujianti, P. R., & Psi, S. (2014). Penerapan metode bermain puzzle geometri untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak dalam mengenal bentuk. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1),. 5

Sudono, Anggani, Alat Permainan dan sumber belajar TK, (Jakarta, Cendekia,1995), 7-8

Published
2021-09-30