Cognitive Development (Symbolic Thinking) of Early Childhood Through the Innovation of Bowling Media

  • Fitri Galih Ramdhani RA Muslimat NU 1 Tulis Rejo
  • Leli Fertiliana Dea Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung
Keywords: Media Bowling, Symbolic Thinking, Early Childhood

Abstract

The use of bowling media in RA Muslimat NU 1 Tulus Rejo Kec. Pekalongan has not been used. Researchers are interested in developing bowling media with the aim of developing cognitive, because early childhood in RA Muslimat NU 1 Tulus Rejo Kec. Pekalongan in terms of cognitive ability is still undeveloped. The purpose of this study is to find out the development of Media Bowling Against Cognitive Development (Symbolic Thinking) Early Childhood. This research methodology uses (research and development). The development procedure according to Borg and Gall's theory consists of seven stages. Based on the results of the study it can be concluded that, the use of bowling media in children aged 5-6 years in RA Muslimat NU 1 Tulus Rejo Kec. Pekalongan can improve children's cognitive abilities.

References

Alfitriani Siregar, Metode Pengajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini, (Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli, 2018)

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2014)

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, (Bandung: CV Pustaka Setia, 2011)

Miftahul Huda, Model-Model Pengajaran dan Pembealjaran, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016)

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010)

S. Nasution, Didaktik Asas-Asas Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)

S. Nasution, Metode Research, (Jakarta: Bumi Aksara, 2006)

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R & D (Bandung: Alfabeta, 2009)

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktiik. (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003)

Undang-Undang Sisdiknas (UU RI No. 20 Tahun 2003), (Jakarta: Sinar Grafika, 2014)

A Kholik dan A Mahruddin, “Konsep Adab Belajar Murid Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim”, dalam Jurnal Sosial Humaniora Volume 4 Nomor 1, April 2013

Elfiadi, “Bermain dan Permainan Bagi Anak Usia Dini”, dalam Itqan, Vol. VII, No. 1, Januari - Juni 2016

Fatimah Ibda, “Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget”, dalam Intelektualita - Volume 3, Nomor 1, Januari-Juni, 2015

Hasan Basri, “Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar”, dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Vo. 2, No. 1, 2017

Hazhira Qudsyi, “Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran yang Berbasis Perkembangan Otak”, dalam Buletin Psikologi, Volume 18, No. 2, 2010.

Isnaini Rodhiya, “Keefektifan Penggunaan Media Permainan Bowling Dalam Materi Operasi Pengurangan Pada Anak Tunagrahita kategori Sedang”, dalam Jurnal Pendidikan Luar Biasa Edisi 9 Tahun 2014

Kamtini & Desi Ari Sandy, “Pengaruh Permainan Bowling Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) 05 Medan Tahun Ajaran 2016/2017”, dalam Bunga Rampai Usia Emas e-ISSN: 2502-7166 Vol. 3 No. 1 Juni 2017

Lela Nurlaela, “Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Di Play Group Islam Bina Balita Way Halim Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018”, dalam Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 1, 2018

Mestika Febiola, Zulkifli, Febrialismanto, “Pengaruh Kegiatan Outbound Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pertiwi Kota Pekanbaru”, dalam Jurnal Jom FKIP – UR, Volume 5 Edisi 2 Juli – Desember 2018

Muhammad Busyro Karim, Siti Herlinah Wifroh, “Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif’, dalam Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2014

Ni Kadek Dwi Pradnya Sari, I Ketut Adnyana Putra, MG.Rini Kristiantari, “Penerapan Permainan Bola Gelinding (Boling) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Anak Kelompok A”, dalam e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 4. No. 2 - Tahun 2016

Nunung Ela Ambar Rini, Kartono, Muhammad Munif, “Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Permainan Bowling Anak Kelompok A TK Eka Puri Mandiri I Manahan Tahun Ajaran 2013/2014”, dalam Jurnal Universitas Sebelas Maret, 2014

Puji Purnomo dan Maria Sekar Palupi, “Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Waktu, Jarak Dan Kecepatan Untuk Siswa Kelas V”, dalam Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD). Volume 20, No. 2, Desember 2016

Putri Hana Pebriana, “Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini”., dalam Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 1 Issue 1 2017

Ratna Juita, “Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Menakar Air Di TK Aisyiyah Koto Kaciak Maninjau”, dalam Jurnal Pesona PAUD Vol. 1 No. 1, 2012

Ririn Ambarini, Subur Laksmono Wardoyo, Maria Yustina Rensi Dartani, Inti Englishtina, “English Math For Kindergarten BAGI Guru-Guru PAUD Nurul Ilmi di Kecamatan Tembalang Semarang”, dalam Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 7,No. 1, Maret 2016

Rosa Imani Khan dan Ninik Yuliani “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Bowling Kaleng”, dalam Jurnal Universum, Vol. 10, No. 1, Januari 2016

Siti Aisyah Mu’min, “Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget”, dalam Jurnal Al-Ta’dib Vol. 6 No. 1 Januari-Juni 2013

Siti Nur Hayati AR. Koesdyantho, “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Melalui Permainan Bowling Pada Anak Kelompok B KB Lestari Karangbangun”, dalam Jurnal AUDI, Volume 2, Nomor 1, 2017

Uswatun Khasanah, “Analisis Praktik Pelibatan Orang Tua Dan Masyarakat Dalam Kegiatan Kreatif Anak Usia Dini : Studi Kasus di TK Pertiwi Ds.Tambah Rejo, Kec. Tunjungan Kab. Blora”, dalam Nadwa | Jurnal Pendidikan Islam Vol. 11, Nomor 2 Tahun 2017

Yurike Dwi Arimbi, Sri Saparahayuningsih, Mona Ardina, “Meningkatkan Perkembangan Kognitif Melalui Kegiatan Mind Mapping”, dalam Jurnal Ilmiah Potensia, Vol. 3 No. 2, 2018

Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) PAUD Kurikulum 2013, Permendikbud No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini

Published
2021-09-30