FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM, INSTITUSI PENDIDIKAN ISLAM, DAN TANTANGAN ERA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Dian Ardianto IAIM NU Metro
  • Indah Kurnia Wati IAIM NU Metro
  • Muhammad Fathonil Mubarok IAIM NU Metro

DOI:

https://doi.org/10.25217/jf.v5i2.5905

Keywords:

Covid 19, Filsafat Pendidikan Islam, Lembaga Pendidikan Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran dan tugas Institusi pendidikan Islam dalam saat ini yakni era pandemi COVID-19 agar dapat diteliti dan dimanfaatkan oleh lembaga yang membutuhkan bahan referensi di masa mendatang. Penelitian ini dilakukan sebagai studi kepustakaan. Saat Anda menggunakan metode dokumentasi untuk mengumpulkan informasi tentang data, yaitu, Anda mengambil data tentang item terkait dari berbagai sumber di perpustakaan Anda, seperti dokumen, buku, majalah, dan berita.  Sumber data lainnya berasal dari publikasi ilmiah berupa jurnal, artikel, dan temuan terkait lainnya, dan sumber data berasal dari berbagai publikasi ilmiah berupa buku, jurnal, artikel, dan temuan terkait lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan: Tantangan Institusi Pendidikan Islam di tengah merebaknya virus corona 2019 khususnya: Lembaga pendidikan harus mampu mengakomodir berbagai peluang. (2) Pelatihan sumber daya manusia dengan keahlian teknis menjadi kunci untuk merespon kemajuan teknologi dan mengoptimalkan tata kelola pendidikan digital, seperti pembelajaran online. (3) Mengingat setiap lembaga pendidikan terus bersaing untuk peningkatan mutu agar memiliki daya saing kualitatif, persaingan antar lembaga pendidikan yang semakin meningkat menjadi masalah bagi Institusi pendidikan Islam.

References

Abdul Hadis, N. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan. Alfabeta.

Firdaus, F. (2020). Implementasi Dan Hambatan Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19. Utile: Jurnal Kependidikan, 6(2), 220–225. https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1009

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Penyusun, T. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Ryuzen, R. (2017). Strategi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 145. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2122

Soekartawi. (2003). E-Learning di Indonesia dan Prospeknya di Masa Mendatang. Universitas Kristen Petra.

Syaebani, O. M. A. T. Al. (1979). Filsafat Pendidikan. Bulan Bintang.

Yahya, U. (2015). Konsep Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar (6-12) Tahun Di Lingkungan Keluarga Menurut Pendidikan Islam. Jurnal Islamika, 15(2), 227–244.

Downloads

Published

2025-05-18

How to Cite

Dian Ardianto, Indah Kurnia Wati, & Muhammad Fathonil Mubarok. (2025). FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM, INSTITUSI PENDIDIKAN ISLAM, DAN TANTANGAN ERA PANDEMI COVID-19. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 5(2). https://doi.org/10.25217/jf.v5i2.5905