FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM, INSTITUSI PENDIDIKAN ISLAM, DAN TANTANGAN ERA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.25217/jf.v5i2.5905Keywords:
Covid 19, Filsafat Pendidikan Islam, Lembaga Pendidikan IslamAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran dan tugas Institusi pendidikan Islam dalam saat ini yakni era pandemi COVID-19 agar dapat diteliti dan dimanfaatkan oleh lembaga yang membutuhkan bahan referensi di masa mendatang. Penelitian ini dilakukan sebagai studi kepustakaan. Saat Anda menggunakan metode dokumentasi untuk mengumpulkan informasi tentang data, yaitu, Anda mengambil data tentang item terkait dari berbagai sumber di perpustakaan Anda, seperti dokumen, buku, majalah, dan berita. Sumber data lainnya berasal dari publikasi ilmiah berupa jurnal, artikel, dan temuan terkait lainnya, dan sumber data berasal dari berbagai publikasi ilmiah berupa buku, jurnal, artikel, dan temuan terkait lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan: Tantangan Institusi Pendidikan Islam di tengah merebaknya virus corona 2019 khususnya: Lembaga pendidikan harus mampu mengakomodir berbagai peluang. (2) Pelatihan sumber daya manusia dengan keahlian teknis menjadi kunci untuk merespon kemajuan teknologi dan mengoptimalkan tata kelola pendidikan digital, seperti pembelajaran online. (3) Mengingat setiap lembaga pendidikan terus bersaing untuk peningkatan mutu agar memiliki daya saing kualitatif, persaingan antar lembaga pendidikan yang semakin meningkat menjadi masalah bagi Institusi pendidikan Islam.
References
Abdul Hadis, N. (2010). Manajemen Mutu Pendidikan. Alfabeta.
Firdaus, F. (2020). Implementasi Dan Hambatan Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19. Utile: Jurnal Kependidikan, 6(2), 220–225. https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1009
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Penyusun, T. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Ryuzen, R. (2017). Strategi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 145. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2122
Soekartawi. (2003). E-Learning di Indonesia dan Prospeknya di Masa Mendatang. Universitas Kristen Petra.
Syaebani, O. M. A. T. Al. (1979). Filsafat Pendidikan. Bulan Bintang.
Yahya, U. (2015). Konsep Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar (6-12) Tahun Di Lingkungan Keluarga Menurut Pendidikan Islam. Jurnal Islamika, 15(2), 227–244.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dian Ardianto, Indah Kurnia Wati, Muhammad Fathonil Mubarok

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.