PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ISLAM TERPADU (SMK IT) SHODIQUSSALAM LAMPUNG TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.25217/jf.v5i2.5906Keywords:
Lingkungan Sosial, Lingkungan Nonsosial, Prestasi belajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lingkungan belajar yang disadari berperan terhadap proses pembelajaran, salahsatunya Pendidikan Agama Islam. lingkungan belajar yang tergolong menjadi lingkungan sosial dan nonsosial masih belum mendorong peningkatan prestasi belajar PAI. Penulisan tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial dan lingkungan nonsosial baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, analisis menggunakan statistik regresi linear sederhana dan berganda. Populasinya adalah siswa kelas X, X1 dan XII SMK IT Shodiqussalam, variabel dalam penelitian ini meliputi lingkungan sosia, lingkungan nonsosial dan prestasi belajar PAI. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh lingkungan sosial terhadap prestasi belajar PAI sebesar 3,299 dan pengaruh lingkungan nonsosial terhadap prestasi belajar PAI sebesar 2,652 sedangkan secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 40,9%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) semakin tinggi lingkungan sosial akan mengakibatkan semakin tinggi prestasi belajar; (2) semakin tinggi lingkungan nonsosial akan mengakibatkan semakin tinggi prestasi belajar; dan (3) semakin tinggi lingkungan sosial dan nonsosial akan mengakibatkan semakin tinggi prestasi belajar.
References
Anwar, Syaifuddin, Reliabilitas dan Validitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Arifin, M., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
Arikunto, Suhaimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta, 2006.
Astuti, “Dukungan Kepemimpinan Guru, Kondisi Lingkungan dan Minat Belajar terhadap Kemandirian Siswa SMA”, Manajemen Pendidikan, Volume 13, Nomor 1, Januari 2018.
Darajat, Zakiyah, Metode Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet Ke-10, Jakarta: Balai Pustaka, 1999.
Jalaluddin, Psikologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2018.
Machali, Imam, Statistik Itu Mudah, Yogyakarta; Lembaga Lading Kata, 2015.
Novianti, Silvia, “Pengaruh Lingkungan Belajar, Kecerdasan Emosiaonal, dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Ekonomi dan Literasi Keuangan (Survei pada peserta didik kelas XII IPS SMA Negeri di Kabupaten Kampar), Universitas Pendidikan Indonesia, 2020.
Nur Uhbiyati,Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2005.
Perawati, “Pengaruh Lingkungan Sosial dan Motivasi terhadap Hasil Belajar IPS siswa di SD Inpres Perumnas Antang Kecamatan Manggala Kota Makasar”, Pendas Mahakam, Volume 3, Nomor 2, Agustus 2018.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, .Jakarta: Kalam Mulia, 2006.
Setiawan, Budi, Teknik Paraktis Analisis Data Penelitian Sosial dan Bisnis Dengan SPSS, Yogyakarta: Andi Offset, 2015.
Setiawan, Ebta, “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)” dalam, http://kbbi-web-id.cdn.ampproject.org/v/s/kbbi.web.id/lingkungan.html, diunduh 13 Januari 2021.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.
Suarta, I Made, “Hubungan Sistem Pembelajaran, Lingkungan Belajar, Konsep Diri dan Pengembangan Employability Skills Mahasiswa”, Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Politeknik Negeri Bali Yogyakarta, Volume 20, Nomor 16, Tahun 2016.
Sudrajat, Eddy dan Ahmad Mustamil Khoirun, “Kontribusi Implementasi Pendidikan Kareakter dan Lingkungan Sekolah terhadap Berpikir Kreatif Serta Dampaknya pada Kompetensi Kejuruan”, Universitas Negeri Malang, Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 2, Nomor 2, Oktober 2015.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitiatif, R&D, Cet Ke-24, Bandung: Alfabeta, 2016.
Sujarweni, V. Wiratna, SPSS Untuk Penelitian, Yogyakarta: Pustakabarupress, 2015.
Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers..
Syah, Muhibbbin, Psokologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
Tutriyanti, Dwi Halima, “Pengaruh Iklim Sekolah dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar”, Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), Volume 9, No. 2, Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang Tahun 2015.
Walgito, Bimo, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta: PT Andi Offset.
Yulianti, Prima dan Mellyna Eka Yan Fitri, “Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa terhadap Perilaku Belajar dan Lingkungan Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi Kota Padang, Universitas Dharma : Andalas, UNES Journal Of Sosial and Economic Research, Agustus 2016.
Zonizon, Arfi, Pengaruh kedisiplinan guru PAI dan siswa terhadap prestasi belajar PAI di SMK N5 Bengkulu Utara,(Dalam Tesis) Pascasarjana IAIN Bengkulu, 2017.
Zuhairini, Metodik khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional, 2003, Cet. Ke-8
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Julianto, Latifatul Khoiriyah, Sulis Wahyuningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.