PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN ETOS KERJA GURU PAI
DOI:
https://doi.org/10.25217/jf.v5i2.5908Keywords:
Peran Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Etos Kerja GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan semangat kerja guru, mendeskripsikan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru, dan mendeskripsikan strategi yang dilakukan kepala sekolah untuk meningkatkan etos kerja yang baik di SMP IT Al Asror Kecamatan Sekampung Kasus di KabupatenLampung Timur Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah fenomenologi. Sumber data diambil melalui 4 orang sebagai informan. Prosedur pengumpulan data antara lain teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi. Untuk menguji validitas yang digunakan yaitu dilakukan uji credibility dengan teknik triangulasi, uji transferability, dependability, dan confirmability. Hasil temuan penelitian di SMP IT Al Asror adalah: (1) Peran kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan etos kerja guru dalam membangun karakter siswa, lebih utama kepala sekolah memberikan motivasi dengan semangat niat yang tinggi untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin (2) Upaya yang dilakukan kepala sekolah untuk meningkatkan Etos kerja adalah Menyusun program sekolah, visi, misi, dan tujuan serta melakukan evaluasi kinerja para guru dan karyawan, kehadiran tepat waktu, mempersiapkan pembelajaran sesuai RPP dan metode yang digunakan dalam pembelajaran PAIKEM (3) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru adalah memberikan gaji yang sesuai, memberikan fasilitas yang nyaman, bersih dan disiplin di lingkungansekolah.Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru dalam membangun karakter siswa sebagai motivator, edukator dan penggerak dalam memberikan semangat kerja yang tinggi dan sebagai pemimpin harus menciptakan kedisiplinan, kenyamanan, dan keamanan yang tinggi agar tetap terlaksananya kualitas kerja di lingkungan sekolah.
References
Mu’minAbdul,Artikel: PerananKepaalSekolah Dalam MeningkatkanProfesionalisme Guru di SDI Al-IhsanBambu Apus Pmulang, (Jakarta, UIN Hidayatullah: 2011).
Qodir. Abdul,“Penilaian Pendidikan Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK),” 2021.
Ali, Siti Nurbaya M., Cut Zahri Harun, and A. R. Djailani. “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SD Negeri Lambaro Angan.” Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah 3, no. 2 (2015).
Hamid Abu, Etos Kerja dan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan , (Jakarta; t.tp, 1991).
Ali Masykuri, Karyalmiyah: Peran KepemimpinanKepalaSekolah Dalam Peningkatan Mutu PembelajarabTahfizulQuran di SMP.IT Nurul Hidayah, (Surakarta, IAIN Surakarta: 2016).
Annisa YuniaBekti, Kaya Ilmiyah: ManajerialKepalaSekolah Dalam MenciptakanSekolahEfektif, (Kal-Teng, IAIN Palangkan Raya: 2016).
Ara Hidayat, dkk, Pengelolaan Pendidikan Kosep, Prinsip dan AplikasidalamMengelolaSekolah dan Madrasah, (Bandung, Educa: 2010).
Dharin, Abu. “Pendidikan Karakter Berbasis Komunikasi Edukatif Religius (KER) Di Madrasah Ibtida’iyah,” 2021
DISTRICT, KEMPO DOMPU. “PERAN DAN STRATEGI PEMERINTAH DESA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI PARIWISATA DI DESA SORO KECAMATAN KEMPO KABUPATEN DOMPU,” n.d.
E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Praktek Menyusun MBS dan KBK, (Bandung, PT. Remaja Rosdakarya: 2007).
E. Mulyasa, StandarKompetensi dan Sertifikasi Guru, ( Bandung, RosdaKarya: 2007).
E.MulyasaMulyasa, KurikulumBerbasisKompetensiKonsepKarakteristik dan Implementasi, (Bandung: PT RemajaRosdakarya: 2004).
Gussevi, Sofia, and Nur Aeni Muhfi. “Tantangan Mendidik Generasi Milenial Muslim Di Era Revolusi Industri 4.0.” Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi ISlam 2, no. 01 (2021): 46–57.
Heryani, Rosalina Dewi, and Irna Kumala. “PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP MUHAMMADIYAH 36 JAKARTA SELATAN.”Research and Development Journal of Education 6, no. 2 (2020): 24–30
Hikmah, Nadia Durrotul. “Pengaruh Strategi Lightening The Learning Climate Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII Di Mts. NU Nururssalam Gebog Kudus Tahun 2018/2019,” 2019.
Husaini Usman, Manajemen Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan, (Jakarta, Bumi Aksara: 201.
Koentjaraningrat, Rintangan-Rintangan Mental dalam Pembangunan Ekonomi (Jakarta:, LIPI: tt).
M Syaifi, M Syaifi. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMAN 3 Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan,” 2017
Maryam, Maryam. “STRATEGI KEPEMIMPINAN PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM SWASTA (PTAIS) DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0,” 2020.
Muspawi, Mohamad. “Strategi Menjadi Kepala Sekolah Profesional.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 20, no. 2 (2020): 402–9.
M. Ngalim Purwarto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung : PT. Remaja Rodakarya: 2004).
M. Quraish Shihab, Secerca Cahaya Ilahi, (Bandung, Mizan: 2002).
M. Suparta, Herry Noer Aly, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: PT. Amiscco: 2002).
Miftah Thoha, PembinaanOrganisasi Proses Diagnosa dan Intervensi, (Jakarta, PT Raja GrafindoPersada: 2002).
Muwahid Shulhan, KepemimpinanKepala Madrasah dalamMeningkatkan Kinerja Guru, (Jogjakarta, Teras, Sleman: 2013).
Noor, Tajuddin. “Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003.” Wahana Karya Ilmiah Pendidikan 3, no. 01 (2018).
Republik Indonesia. Undang-UndangRepublik Indonesia, No. 20 Tahun 2003 tentangSistem Pendidikan Nasional, (Jakarta, SinarGrafikan:, 2003).
S.Nasution, Metode Reseach, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011).
Setiawan, Pahron, Delmus P. Salim, and Muh Idris. “Perilaku Keagamaan Siswa Muslim di SMPN 1 Dan SMPN 2 Airmadidi (Studi Kasus Siswa Muslim Mayoritas dan Minoritas di Sekolah Negeri).” Journal of Islamic Education Policy 5, no. 1 (November 17, 2020). https://doi.org/10.30984/jiep.v5i1.1346
Sofyan, Sofyan, Bradley Setiyadi, Harlina Harja, and Siti Rahma Sari. “PELATIHAN PENYUSUNAN TATA KERJA DAN ANALISIS EVALUASI PROGRAM KEGIATAN SEKOLAH.”BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 4 (2020): 417–25
Solikhulhadi, Mochammad Fathan. “STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU.” JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan 2, no. 02 (2021): 14–102.
Suhendar, Waway Qodratulloh, and Iim Wasliman. “ANALISIS LANGKAH KEPALA SEKOLAH SMK DTBS DALAM MEMFORMULASIKAN KEBIJAKAN MENINGKATKAN KINERJA GURU.”JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED 12, no. 1 (n.d.): 173–80.
Solikin, Peran KepemimpinanKepala Madrasah Dalam MeningkatkanMotivasi Kinerja Guru Madrasah, (Kudus, STAIN: 2016).
Sri Budi Cantika, ManajemenSumber Daya Manusia, (Malang, UMM Press,: 2005).
SudarwanDanim, Manajemen dan KepemimpinanTransformasionalKepalaSekolah, (Jakarta, PT Rineka Cipta: 2009).
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (PendekatanKuantitatif, Kualitatif,), (Bandung: Alfabeta, 2012).
SuharsimiArikunto, Prosedur Penelitian, (Yogyakarta: Rineka Cipta, 2010).
Suyono, KaryaIlmiyah: Peran Kepala Madrasah dalamMeningkatkan Kinerja Guru, (Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim: 2014).
Syaamil Quran, Hijaz Terjemah Tafsir Per Kata, (Bandung, Syaamil Quran: 2010).
TimPenyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Inonesia, (Jakarta, Balai Pustaka: 2007), E.III, Cet.4.
Wahyu Sumidjo, KepemimpinanKepala Madrasah, TinjauanTeoritis dan Permasalahannya, (Jakarta, Raja Grafindo: 1999).
Winarno, Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani, (Malang: UM Press, 2013).
Wahono, Margi. “Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa Di Era Milenial.” Integralistik 29, no. 2 (2018): 145–51
YANG, KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PAI, and TELAH TERSERTIFIKASI DENGAN YANG BELUM TERSERTIFIKASI. “PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR,” n.d
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muarifatul Latifah, Eka Rini, Hernawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.