URGENSI PSIKOLOGI ISLAM DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Kiki Aprilia IAIM NU Metro
  • Linda Satriana IAIM NU Metro
  • Iqbal Habibi Zainulloh IAIM NU Metro

DOI:

https://doi.org/10.25217/jf.v5i2.5910

Keywords:

Psikologi Islam, pendidikan islam

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang urgensi Psikologi Islam dalam Pendidikan Islam.  Pendidikan dan psikologi tidak dapat dipisahkan, keduanya memiliki hubungan yang sangat erat.  Pendidikan adalah proses yang panjang untuk mengaktualisasikan semua potensi diri manusia sehingga potensi kemanusiaan menjadi aktual.  Dengan kondisi Pendidikan Islam yang dibutuhkan adalah Psikologi Islam, karena manusia memiliki potensi yang luhur yaitu fitrah dan ruh yang tidak terjamah dalam psikologi umum (Barat).  Pendidikan Islam harus memiliki landasan psikologis yang berwawasan Islam, dalam hal ini dengan tuntunan Al-Qur'an dan Hadits sebagai sumbernya, sehingga tujuan akhir pendidikan Islam dapat terwujud dan tercipta manusia paripurna (insan kamil). Psikologi pendidikan Islam mencurahkan perhatiannya pada tingkah laku atau tingkah laku orang-orang yang berkecimpung di dalamnya kegiatan belajar mengajar atau mereka yang terlibat langsung dalam proses belajar.  Pendidikan Agama Islam Psikologi memiliki dua objek, yaitu: Pertama, peserta didik, yaitu individu (individu) yang sedang belajar, meliputi pendekatan, strategi, faktor yang mempengaruhi dan prestasi yang dicapai.  Kedua, guru (pendidik), mereka yang berkewajiban atau melakukan tanggung jawab mengajar, termasuk metode, model, strategi, dan lain-lain yang berkaitan dengan kegiatan penyajian pendidikan Islam. berbasis pendidikan islam Psikologi Islam akan menghasilkan manusia yang memiliki potensi dasar yang mumpuni potensi jasmani, rohani, dan fitrah atau yang lebih dikenal dengan jismiah, nafsiah dan ruhaniah

References

Ahmad D. Marimba. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Al-Ma’arif, n.d.

Bimo Walgito. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Andi Offset, 2000.

Crow, and Crow. Educational Psikology. America: Barner and Noble Books, 1978.

Danim, and Khairil. Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Bandung: Alfabeta, 2010.

Hannna Djumhana Bastaman. Integrasi Psikologi Dengan Islam Menuju Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1997.

Hasan Langgulung. Manusia Dan Pendidikan; Suatu Analisa Psikologi, Falsafah Dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka al Husna., 1986.

Jalaluddin Rakhmat. Psikologi Agama, Sebuah Pengantar. Bandung: Mizan, 2003.

M Qurais Shihab. Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhu’i Atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan, 1996.

Muhibbin Syah. Psikologi Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Nana Syaodih Sukmadinata. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1997.

Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2008. Ulwiyah, Nur. ‚LANDASAN PSIKOLOGI DAN AKTUALISASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM.‛ Religi: Jurnal Studi Islam 6, no. 1 (2015): 76–99.

Zakiah Daradjat. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Downloads

Published

2025-05-21

How to Cite

Kiki Aprilia, Linda Satriana, & Iqbal Habibi Zainulloh. (2025). URGENSI PSIKOLOGI ISLAM DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 5(2). https://doi.org/10.25217/jf.v5i2.5910