INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK DALAM PEMBELAJARAN PONDOK PESANTREN
(Studi Di Pondok Pesantren Roudhoturridwan Sekampung Lampung Timur)
DOI:
https://doi.org/10.25217/jf.v5i2.5913Keywords:
Akhlak, Internalisasi Nilai, Pondok PesantrenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Memahami dan mendeskripsikan pembelajaran akhlak di Pondok Pesantren Roudhoturridwan, dengan fokus pada kegiatan yang terlibat dalam pembelajaran akhlak, dan 2) Menjelaskan internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran akhlak di Pondok Pesantren Roudhoturridwan Sekampung, Lampung Timur. Permasalahan ini dibahas melalui studi lapangan di Pondok Pesantren Roudhoturridwan Sekampung, Lampung Timur, dengan rumusan masalah yang berfokus pada 1) Bagaimana nilai-nilai akhlak diinternalisasikan di Pondok Pesantren Roudhoturridwan, dan 2) Bagaimana pembelajaran akhlak diterapkan di Pondok Pesantren Roudhoturridwan? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif, yang mengumpulkan data dari sumber primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, dan telaah dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: 1) Internalisasi nilai-nilai akhlak di Pondok Pesantren dilakukan secara efektif melalui beberapa tahap, dimulai dengan pembelajaran akhlak yang disampaikan oleh para guru sebagai tahap transformasi nilai. Selanjutnya, ada fase transaksi nilai yang terjadi melalui interaksi antara guru dan santri, dan tahap transinternalisasi nilai yang terlihat dari perilaku guru yang dicontohkan dan diikuti oleh santri. Melalui tahapan ini, nilai-nilai akhlak diinternalisasikan dan menjadi kebiasaan yang mengubah perilaku santri dari yang kurang berakhlak menjadi lebih berakhlak. 2) Pembelajaran akhlak di Pondok Pesantren Roudhoturridwan Sekampung telah mengaplikasikan semua komponen pembelajaran yang ada. Namun, pesantren ini lebih banyak menggunakan media pembelajaran yang sederhana, dengan media elektronik hanya digunakan pada acara-acara tertentu, serta strategi pembelajaran akhlak formal yang lebih menekankan pada peran guru sebagai pusat pembelajaran.
References
Ahmadi dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2017..
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2017.
Adiwijaya, Amroeh. Opera Van Gontor, Jakarta: Gramedia, 2010.
Ayu Astiti, Kadek. Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Andi Offset, 2017
Al- Sya‟rani, Abd Al-Wahhab. Jalan-Jalan Surga Akhlak dan Ibadah Pembuka Pintu Surga, Jakarta: Mizan, 2017.
Al- Asqalani, Al-Hafiz Ahmad Ibn Ali Ibn Hajar. pada tahun 773 H-852 H. Ibn Hajar al- Asqalani, Bulu>ghul Mara>m min adillati al- ahka>m , tashih Muhammad Hamid Al-Faqi (Al-Azhar: t.p, 1347 H.).
Al-Ghazali, Imam. Ihya’ Ulumuddin Juz III, Mesir: Dar al-Hadits, 2004.
Al-Maraghi, Mustafa Ahmad. Tafsir Al-Maraghi Juz 4, Semarang: Karya Toha Putera, 1993.
Aminah, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Andi Offset, 2017.
Bakri, Umar. At-Tafsi>r Al-Madrasi, Ponorogo: Darussalam Press.
Billahi, Safran dan Idris Thaha, Bangkitnya Kelas Menengah Santri Modernisasi Pesantren Indonesia, Jakarta: Kencana, 2018.
Creswell, Jhon W. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih diantara Lima Pendekatan terj. Ahmad Lintang Lazuardi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Darmadi, Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, (Yogyakarta: Deepublish, 2017), 175.
Departemen Agama RI, Al-„Aliyy,Bandung:CV.Diponegoro.
Dokumentasi Arsip Etiquette Pondok Pesantren Fadllillah Waru Sidoarjo.
Endraswara, Suwardi. Metode, Teori, Teknik Penelitian Kebudayaan: Ideologi, Epistimologi, dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Widyatama, 2006.
Fathurrohman, Muhammad. Belajar dan Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran, Yogyakarta: Garudhawaca, 2017.
Gagne, Robert M. dkk, Principles of Instructional Design, USA: Thomson, t.t.
Gaus, Ahmad AF. Api Islam Nurcholis Majid Jalan Hidup Seorang Visioner, (Jakarta: Kompas, 2010) 95.
Gulo, W. Metodologi penelitian, Jakarta: Gasindo,2000.
Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2014.
Hariadi, Evolusi Pesantren Studi Kepemimpinan Kiai Berbasis Orientasi ESQ, Yogyakarta: LKiS, 2015.
Hutabarat, Hermine E.P. Etiket Pergaulan Praktis Untuk Membawa Diri Dalam Pergaulan Antar Bangsa, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1998.
Islawi, Muhammad Ahmad. Tafsir Ibnu Mas’ud, Jakarta: Pustaka Azzam, 2009.
Julia, Internalisasi Nilai Kesalehan Sosial, (Sumedang: Upi Sumedang Press, 2018
Junaedi, Mahfud. Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam, Depok: Kencana, 2017.
Qomar, Mujamil. Pesantren Dari transformasi Metodologi menuju Demokrasi Institusi, Jakarta: Erlangga, 2002.
Kant, Immanuel. Groundwork for the Metaphysics of Moral, terj. Allan W. Wood dkk. London: Yale University, 2002.
Klann, Gene. Building Character, San Francisco, t.p, 2003.
Klein, Brenda Morgan dan Michael Osborne, The Concepstand Practices of Lifelong Learning, New York: Routledge, 2007.
Koh, Joyce Hwee Ling dkk., Desaign Thingking for Education Conception and Aplication in Teaching and Learning, Singapore: Springer, 2015.
Kompri, Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren, Jakarta: Kencana, 2018.
Kurniawan, Syamsul. Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Laefudin, Belajar dan Pembelajaran, Sleman: Deepublish, 2017.
Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Karakter Prespektif Islam, Bandung: Rosda Karya, 2012.
Muslimin, Zainul. Ala Santri, Jakarta: Wahyu Qolbu, 2017.
Mustari, Mohammad . Nilai Karakter Refleksi untuk Pendidikan, Jakarta : Rajawali Pers, 2014.
Nata, Abudin. Akhlaq Tasawwuf dan Karakter Mulia, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
Ng, Chi Hung. Reforming Learning Concept, Issues and Practice in the Asia Pasific Region, Australia: Springer, 2017
Peters, R.S. The Concept of Education, Canada: Routledge, 2010.
Prastowo. Andi, Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 Untuk SD/MI, Jakarta: Kencana, 2015.
Raco, J.R. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakterstik dan Keunggulannya, Jakarta: Grasindo, tt.
Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berorientasi pada proses Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2017.
Salahudin, Anas. Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa, Bandung: Pustaka Setia, 2013.
Saptono, Dimensi-dimensi Pendidikan Karakter Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis, Jakarta: Erlangga, 2011.
Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Lubab Buku 1, Tangerang: Lentera Hati, 2012.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Halimatu Sakdiyah, Nur Alfi Laila, Suparno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.