PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK GANESA SEKAMPUNG LAMPUNG TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.25217/jf.v5i2.5914Keywords:
Peran Kepala Sekolah, Strategi Pembelajaran, Mutu PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam peran dan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Ganesa Sekampung, Kabupaten Lampung Timur. Permasalahan yang diangkat berkaitan dengan bagaimana kepala sekolah menjalankan fungsinya serta strategi apa yang digunakan untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menjalankan berbagai peran penting, yaitu sebagai pendidik yang memberikan contoh teladan, sebagai administrator yang mengelola sumber daya sekolah, sebagai supervisor yang melakukan pengawasan akademik, dan sebagai manajer yang mengatur arah kebijakan pendidikan. Dalam menjalankan tugasnya, kepala sekolah menerapkan beberapa strategi seperti peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, pemanfaatan media pembelajaran secara optimal, menjalin kemitraan dengan masyarakat, serta penerapan disiplin yang konsisten. Seluruh strategi tersebut dapat berjalan efektif karena adanya kerja sama yang baik antara kepala sekolah, guru, siswa, serta stakeholder sekolah lainnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang aktif, komunikatif, dan visioner sangat berpengaruh terhadap peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di lingkungan SMK.
References
Adriaman, Mahlil, Pengantar Metode Penelitian Ilmu Hukum (Yayasan Tri Edukasi Ilmiah, 2024)
Alfaruqi, Ahmad Zidan, Doni Afrialdi, and Herlini Puspika Sari, ‘FILSAFAT PENDIDIKAN MUHAMMAD IQBAL DAN TANTANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA GLOBALISASI’, JURNAL AZKIA: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, 20.2 (2024), pp. 111–25
Amalia, Mia, Suci Lestari, and Aji Mulyana, ‘Dampak Globalisasi Terhadap Sistem Pendidikan Menurut Perspektif Hukum Dan Sosiologi’, Indonesian Journal of Law and Justice, 2.2 (2024), p. 16
ARMAN, SYAHYUDI, ‘PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMP QURAN DARUL FATTAH BANDAR LAMPUNG’ (UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2023)
Bahri, Saiful, Dicky Armanda, and Rudi Kurniawan, ‘Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru (Studi Pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kecamatan Lapang Kabupaten Aceh Utara)’, Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 16.2 (2022), pp. 248–56
BATA, PEDAGOGIS GURU MTs MAMBAUL ULUM, ‘MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN POTENSI’
Cahyadi, Muhammad Rizki, ‘Permasalahan KTSP Dalam Kebijakan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Pondok Pesantren’, AR-RASYID: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1.1 (2021), pp. 10–14
Dahlia, Eha, ‘Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Dan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 8 Lubuklinggau’ (UIN FAS Bengkulu, 2021)
Fahrani, Annisa Widya, Carlis Purniab, Rahma Tuzahra, and Retno Wulandari, ‘Upaya Pengelola Kelompok Bermain Dalam Menempuh Akreditasi Lembaga Sesuai Standar Nasional Pendidikan’, Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1.02 (2022), pp. 281–88
Hairun, Sindi, ‘STRATEGI KEPALAH SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1MOLOBOG KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW TIMUR’ (Institut Agama Islam Negeri Manado, 2022)
Harahap, Aswar, ‘Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Program Sarjana Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan’, Al-Murabbi Jurnal Pendidikan Islam, 2.1 (2024), pp. 40–48
Harto, Budi, ‘3.5 Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Pembangunan Manusia’, Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia, 43 (2022)
Haryaka, Usfandi, ‘Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SMA Budi Luhur Kota Samarinda’, Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 4.1 (2024), pp. 61–72
Hasanah, Muwahidah Nur, and Wibawati Bermi, Metode Pembelajaran PAI (Cv. Azka Pustaka, 2022)
Hidayat, Ayi Najmul, Ulfah Ulfah, Jihan Siti Nurapriani, and Neng Liah Sapliah, ‘Analisis Dampak Peran Ayah Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Di Smpn 2 Pasirjambu Kabupaten Bandung’, Jurnal Tahsinia, 5.3 (2024), pp. 347–63
Hidayati, Hanik, Buku Ajar Pendidikan Agama Islam: Islam Pekerti (Penerbit NEM, 2023)
Ilham, Ilham, ‘Kebijakan Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar’, Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2.3 (2021), pp. 154–61
Imraatunnafiah, Siti, ‘Supervisi Kepala Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Etos Kerja Guru Di MTs Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo’ (IAIN Ponorogo, 2022)
Iqbal, MUHAMMAD, ‘STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN DI MIS NIDAUL INSAN DESA TENGAH KEC. PANTAI LABU’ (Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara, 2025)
Janna, Niftahul, Bahrani Bahrani, and Akhmad Ramli, ‘INTEGRASI PRINSIP TOTAL QUALITY MANAJEMEN DENGAN HASIL PENILAIAN EVALUASI DIRI MADRASAH: SUATU STRATEGI MEWUJUDKAN PENDIDIKAN BERKUALITAS’, Jurnal Manajemen Pendidikan, 9.3 (2024), pp. 442–54
Kaharuddin, M Pd I, Kepemimpinan Kepala Sekolah (Konsep Dan Strategis Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan) (Pustaka Pencerah, 2021)
Kartika, Ika, and Opan Arifudin, ‘Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar’, Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3.2 (2022), pp. 144–57
Lubis, Nailan Ni’mah, ‘Program Dan Strategi Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan’ (IAIN Padangsidimpuan, 2021)
Manora, Hecksa, Mita Safitri, Miftahul Janna, Ayu Lestari, Edwin Albar, Sutra Mahkota, and others, ‘Upaya Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Guru Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri Beliti Jaya’, Jurnal Uluan: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1.2 (2024), pp. 135–49
Maulida, Farhah, ‘Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan Perempuan’ (Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2023)
Mulyasa, H Enco, Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (Bumi Aksara, 2022)
NIM, RESDIN, ‘ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI MIS MANTIGOLA KECAMATAN KALEDUPA KABUPATEN WAKATOBI’ (IAIN Kendari, 2022)
Pramitajati, Ika Nuari Pramitajati, ‘Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Manajemen Berbasis Sekolah Di TK ABA Piyaman III’, Media Manajemen Pendidikan, 7.3 (2025), pp. 498–506
Rismawati, Riris, Tatang Ibrahim, and Opan Arifudin, ‘Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan’, Jurnal Tahsinia, 5.7 (2024), pp. 1099–1122
Subekti, Imam, ‘Pengorganisasian Dalam Pendidikan’, TANJAK: Journal of Education and Teaching, 3.1 (2022), pp. 19–29
Sumarto, Sumarto, ‘Inovasi Pengembangan Madrasah’ (Penerbit Buku Literasiologi, 2021)
Sumirah, Sumirah, and Ely Surayya, ‘Kompetensi Supervisi Manajerialpengawas Dalam Meningkatkan Fungsi Kepala Madrasah Aliyah’, Jurnal Literasiologi, 10.1 (2023)
Wulansari, Ismy, Hamengkubuwono Hamengkubuwono, and Abdul Sahib, ‘Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Profil Pelajar Dalam Konsep Rahmatan Lilalamin Di Mtsn 01 Kepahiang’ (Institut Agama Islam Negeri Curup, 2024)
Ya’cub, Mihmidaty, and Dewy Suwanti Ga’a, ‘Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pengembangan Sarana Prasarana’, Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2.2 (2021), pp. 60–69
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sukadi, Annisa Nur Aini, Nailatul Musyarofah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.