PENGARUH PEMBELAJARAN MANDIRI TERHADAP HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.5926Keywords:
Epistemologi, Pendidikan IslamAbstract
Menganalisis bagaimana pembelajaran mandiri mempengaruhi hasil Tujuan dari penelitian ini adalah pembelajaran siswa dalam Pendidikan Agama Islam. Menggunakan metodologi kualitatif, studi ini mengumpulkan data melalui analisis dokumen, penelitian kualitatif, dan observasi. Temuan ini menunjukkan bahwa pengenalan pembelajaran mandiri secara signifikan meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam proses pendidikan. Peningkatan berpikir kritis, pemahaman subjek, dan pandangan positif terhadap pendidikan ditingkatkan oleh pembelajaran mandiri. Selain itu, bimbingan guru sangat penting dalam mendukung proses ini dan menjamin pencapaian tujuan pembelajaran yang sukses. Studi ini mendorong siswa untuk lebih bertanggung jawab dan terlibat dalam pendidikan mereka, tetapi juga menemukan bahwa pembelajaran mandiri dapat menjadi taktik yang berguna untuk meningkatkan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
References
Aap, Sri Ismayah. “Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Berupa Video Pada Model Self Directed Learning.” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara, 2022.
Abidin, Yunus, Tita Mulyati, and Hana Yunansah. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, Dan Menulis. Bumi Aksara, 2021.
Ardiansyah, Muhammad Agus. “Kerjasama Kepala Sekolah Dan Kepala Tpq Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al Qur’an Siswa MI BABUSSALAM Tambar Jogoroto Jombang.” IAIN Kediri, 2024.
Cahyono, Agus. “Korelasi Antara Kepatuhan Siswa Pada Tata Tertib Sekolah Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs RiyadlatulUlum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2021/2022.” Institut Agama Islam Negeri Metro, 2022.
Jediut, Mariana, Eliterius Sennen, and Carolina Vebri Ameli. “Manfaat Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Literasi Pendidikan Dasar 2, no. 2 (2021): 1–5.
Kurniawati, Fitria Nur Auliah. “Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi.” Academy of Education Journal 13, no. 1 (2022): 1–13.
Mulyadi, Mulyadi, and Abd Syahid. “Faktor Pembentuk Dari Kemandirian Belajar Siswa.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 02 (2020): 197–214.
Nazmi, Atthahira Lutfiah. “PENGARUH UANG SAKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP BUDI SATRYA KECAMATAN MEDAN TEMBUNG.” Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara, 2024.
Ningsih, Syakdia Apria. “Pentingnya Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS) 2, no. 3 (2024): 288–93.
NUR’AINI, DEVI AGUSTINA. “PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI MATHIGON (Penelitian Kuasi Eksperimen Di Kelas III SD Mathla’ul Khoeriyah).” FKIP UNPAS, 2024.
Qur’ani, Besse. “Belajar Dan Pembelajaran.” Penerbit Tahta Media, 2023.
Siburian, Abdi, Eva Angelisa Siahaan, and Dorlan Naibaho. “Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2, no. 2 (2023): 11202–9.
Sukatmi, Sukatmi, and Sri Rahayu Pudjiastuti. “Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Value Clarificaton Teknique (VCT) Dan Model Inquiry Terhadap Internalisasi Karakter Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Citizenship Virtues 4, no. 2 (2024): 785–95.
SUTIYAH, SUTIYAH. “Pelaksanaan Guru Fiqih Dalam Penilaian Ranah Afektif Pada Peserta Didik Kelas VIII A Di MTs Negeri 2 Bandar Lampung.” UIN Raden Intan Lampung, 2020.
Syathori, A. Urgensi Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penerbit P4I, 2023.
Zein, Muhammad. “Pembelajaran Efektif Dan Pengenalan Terhadap Faktor-Faktor Psikis Yang Mempengaruhi Hasil Belajar.” Jurnal Manhaj 18 (2021): 2489–2509.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Puji Wahyuningsih, Reni Tri Lestari, Khoirudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.