PENGARUH PEMBELAJARAN MANDIRI TERHADAP HASIL BELAJAR

Authors

  • Puji Wahyuningsih IAIM NU Metro
  • Reni Tri Lestari IAIM NU Metro
  • Khoirudin IAIM NU Metro

DOI:

https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.5926

Keywords:

Epistemologi, Pendidikan Islam

Abstract

Menganalisis bagaimana pembelajaran mandiri mempengaruhi hasil Tujuan dari penelitian ini adalah pembelajaran siswa dalam Pendidikan Agama Islam. Menggunakan metodologi kualitatif, studi ini mengumpulkan data melalui analisis dokumen, penelitian kualitatif, dan observasi. Temuan ini menunjukkan bahwa pengenalan pembelajaran mandiri secara signifikan meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam proses pendidikan. Peningkatan berpikir kritis, pemahaman subjek, dan pandangan positif terhadap pendidikan ditingkatkan oleh pembelajaran mandiri. Selain itu, bimbingan guru sangat penting dalam mendukung proses ini dan menjamin pencapaian tujuan pembelajaran yang sukses. Studi ini mendorong siswa untuk lebih bertanggung jawab dan terlibat dalam pendidikan mereka, tetapi juga menemukan bahwa pembelajaran mandiri dapat menjadi taktik yang berguna untuk meningkatkan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

References

Aap, Sri Ismayah. “Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Berupa Video Pada Model Self Directed Learning.” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara, 2022.

Abidin, Yunus, Tita Mulyati, and Hana Yunansah. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, Dan Menulis. Bumi Aksara, 2021.

Ardiansyah, Muhammad Agus. “Kerjasama Kepala Sekolah Dan Kepala Tpq Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al Qur’an Siswa MI BABUSSALAM Tambar Jogoroto Jombang.” IAIN Kediri, 2024.

Cahyono, Agus. “Korelasi Antara Kepatuhan Siswa Pada Tata Tertib Sekolah Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs RiyadlatulUlum Desa Bumiharjo Kecamatan Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2021/2022.” Institut Agama Islam Negeri Metro, 2022.

Jediut, Mariana, Eliterius Sennen, and Carolina Vebri Ameli. “Manfaat Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd Selama Pandemi Covid-19.” Jurnal Literasi Pendidikan Dasar 2, no. 2 (2021): 1–5.

Kurniawati, Fitria Nur Auliah. “Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi.” Academy of Education Journal 13, no. 1 (2022): 1–13.

Mulyadi, Mulyadi, and Abd Syahid. “Faktor Pembentuk Dari Kemandirian Belajar Siswa.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 02 (2020): 197–214.

Nazmi, Atthahira Lutfiah. “PENGARUH UANG SAKU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP BUDI SATRYA KECAMATAN MEDAN TEMBUNG.” Fakultas Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Sumatera Utara, 2024.

Ningsih, Syakdia Apria. “Pentingnya Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan.” JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS) 2, no. 3 (2024): 288–93.

NUR’AINI, DEVI AGUSTINA. “PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI MATHIGON (Penelitian Kuasi Eksperimen Di Kelas III SD Mathla’ul Khoeriyah).” FKIP UNPAS, 2024.

Qur’ani, Besse. “Belajar Dan Pembelajaran.” Penerbit Tahta Media, 2023.

Siburian, Abdi, Eva Angelisa Siahaan, and Dorlan Naibaho. “Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2, no. 2 (2023): 11202–9.

Sukatmi, Sukatmi, and Sri Rahayu Pudjiastuti. “Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Value Clarificaton Teknique (VCT) Dan Model Inquiry Terhadap Internalisasi Karakter Tanggung Jawab Dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Citizenship Virtues 4, no. 2 (2024): 785–95.

SUTIYAH, SUTIYAH. “Pelaksanaan Guru Fiqih Dalam Penilaian Ranah Afektif Pada Peserta Didik Kelas VIII A Di MTs Negeri 2 Bandar Lampung.” UIN Raden Intan Lampung, 2020.

Syathori, A. Urgensi Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penerbit P4I, 2023.

Zein, Muhammad. “Pembelajaran Efektif Dan Pengenalan Terhadap Faktor-Faktor Psikis Yang Mempengaruhi Hasil Belajar.” Jurnal Manhaj 18 (2021): 2489–2509.

Downloads

Published

2025-05-22

How to Cite

Puji Wahyuningsih, Reni Tri Lestari, & Khoirudin. (2025). PENGARUH PEMBELAJARAN MANDIRI TERHADAP HASIL BELAJAR. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 6(2). https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.5926