INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.6001Keywords:
Integrasi, Nilai- Nilai Pendidikan Islam, Pembentukan Karakter SiswaAbstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana peran pendidikan Islam dalam membentuk moral siswa di dalam kelas. Tujuannya adalah agar pengembangan karakter siswa dapat berkontribusi pada penurunan moral yang terjadi di masyarakat kita saat ini. Menemukan cara untuk menggunakan ide-ide pendidikan Islam untuk mengembangkan karakter siswa di dalam kelas sehingga mereka dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari adalah tujuan utama dari penelitian ini. Data dikumpulkan dan dianalisis dari berbagai sumber teks dalam studi ini menggunakan proses tinjauan pustaka sistematis. Buku referensi pendidikan karakter dan publikasi lain yang membahas pendidikan karakter adalah sumber dokumentasi yang digunakan. Sumber-sumber materi ini termasuk buku, jurnal, makalah, dan karya ilmiah lainnya yang berkaitan dengan pengajaran agama dan pengembangan karakter siswa. Masalah yang muncul saat mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan Islam juga diungkapkan oleh studi ini. Namun, nilai-nilai Islam dalam pendidikan memiliki kekuatan untuk membentuk dan memperkuat karakter siswa serta mempersiapkan mereka menghadapi dilema moral di dunia modern jika diterapkan dengan benar. Dengan menyajikan saran untuk guru dan pejabat pendidikan serta wawasan tentang bagaimana prinsip-prinsip Islam dapat diintegrasikan ke dalam pengembangan karakter siswa, penelitian ini memajukan bidang pendidikan agama Islam.
References
Muhammad, Shalahuddin, et al. "Penanaman Nilai Akhlak Berbasis Pendidikan Islam Sebagai Landasan Teori Pendidikan Karakter Di Sekolah." Burangrang: Jurnal Pusat Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) 2.1, 2024.
Ramdan, Ahmad Yasar, and Puji Yanti Fauziah. "Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar." Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 9.2, 2019.
Saefullah, Agus Susilo. "Ragam penelitian kualitatif berbasis kepustakaan pada studi agama dan keberagamaan dalam islam." Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 2.4, 2024.
Marjuni, A. "Penanaman nilai-nilai pendidikan islam dalam pembinaan karakter peserta didik." Al asma: Journal of Islamic Education 2.2, 2020.
Fadilah, Rizki. "Nilai-Nilai Sufistik dalam Proses Terapi Pikiran Mind Healing Technique." Jurnal Riset Agama 1.3, 2021.
Butarbutar, Bosman. "Peranan etika bisnis dalam bisnis." Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 1.2, 2019.
Ilham, Dodi. "Menggagas pendidikan nilai dalam sistem pendidikan nasional." Didaktika: Jurnal Kependidikan 8.3, 2019.
Hostini, Lesti. "Upaya Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Paud Pelita Hati." Early Childhood Research and Practice 3.01, 2022.
Kadi, Kadi. "Ideologi Pendidikan Islam: Kajian Atas Problem Pengembangan Pemikiran Pendidikan Islam.", 2022.
Eryandi, Eryandi. "Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pendidikan Karakter di Era Digital." Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam 1.1, 2023.
Nasihatun, Siti. "Pendidikan karakter dalam perspektif islam dan strategi implementasinya." Andragogi 7.2, 2019.
Lyesmaya, Dyah, and Din Azwar Uswatun. "Meningkatkan hasil belajar pembelajaran PPKN melalui pembiasaan penyelenggaraan pendidikan karakter di sekolah dasar" Jurnal Binagogik 10.2, 2023.
Rezzahati, Ni Putu, and I. Made Luwih. "Pentingnya Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Sebagai Implementasi Pembangunan Generasi Bangsa." Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 4.3, 2021.
Zain, Sri Hafizatul Wahyuni, Erna Wilis, and Herlini Puspika Sari. "Peran Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur'an dan Hadis." IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam 2.4, 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rika Sulastri, Risti Nurul Izzah, Mawadatul Af’idati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.