PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM SISWA SEKOLAH DASAR DALAM KAJIAN FILSAFAT IDEALISME
DOI:
https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.6004Keywords:
Pendidikan Karakter Islam, Siswa Sekolah Dasar, Filsafat IdealismeAbstract
Idealisme adalah sistem filsafat yang menonjolkan pentingnya keunggulan pikiran. Pikiran dipandang sebagai entitas yang mampu membentuk dunia dan bertindak sebagai katalisator dan penggerak semua perilaku manusia. Secara historis, idealisme sering dikaitkan dengan agama karena fokus bersama mereka pada aspek spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara pendidikan karakter Islam untuk siswa sekolah dasar dan prinsip-prinsip filsafat idealis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, khususnya penelitian kepustakaan, yang tidak melibatkan pengumpulan data kuantitatif. Sumber literatur digunakan sebagai metode utama pengumpulan data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa karakter religius terkait erat dengan moral dan perilaku etis seseorang. Konten pendidikan yang berfokus pada pengembangan moral mendorong kebajikan seperti berjuang untuk kesempurnaan diri, keadilan, ketidakberpihakan, dan pemahaman tentang kesetaraan manusia. Metode pembelajaran yang selaras dengan prinsip-prinsip idealis seperti pendekatan dialektis, dialog, diskusi, dan teknik lainnya dapat secara efektif memperluas pemikiran kritis siswa.
References
Al-Attas, S. M. N. (1999). The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: ISTAC.
Arifin, M. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Dewantara, K. H. (2004). Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa.
Hasan, L. (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Muhaimin. (2011). Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Menuju Aksi. Jakarta: Rajawali Pers.
Nasution, H. (1985). Filsafat dan Mistisisme dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Nata, A. (2013). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sauri, S., & Fadlillah, M. (2020). Peran Keteladanan Guru dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 14–25. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.29584
Sastrapratedja, M. (2000). Filsafat Pendidikan: Telaah Sistematis terhadap Problem-Problematika Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Syafi’i, A. (2017). Filsafat Pendidikan Islam dalam Perspektif Idealisme: Analisis atas Konsep Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat, 27(2), 151–164. https://doi.org/10.22146/jf.27860
Tilaar, H. A. R. (2002). Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo.
Zakiyah, S. N. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter Islam dalam Kurikulum Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 123–135.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Marathul Kholisotin, Mu'tirotul Jannah, Ayu Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.