PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM SISWA SEKOLAH DASAR DALAM KAJIAN FILSAFAT IDEALISME

Authors

  • Marathul Kholisotin IAIM NU Metro
  • Mu'tirotul Jannah IAIM NU Metro
  • Ayu Wulandari IAIM NU Metro

DOI:

https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.6004

Keywords:

Pendidikan Karakter Islam, Siswa Sekolah Dasar, Filsafat Idealisme

Abstract

Idealisme adalah sistem filsafat yang menonjolkan pentingnya keunggulan pikiran. Pikiran dipandang sebagai entitas yang mampu membentuk dunia dan bertindak sebagai katalisator dan penggerak semua perilaku manusia. Secara historis, idealisme sering dikaitkan dengan agama karena fokus bersama mereka pada aspek spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara pendidikan karakter Islam untuk siswa sekolah dasar dan prinsip-prinsip filsafat idealis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, khususnya penelitian kepustakaan, yang tidak melibatkan pengumpulan data kuantitatif. Sumber literatur digunakan sebagai metode utama pengumpulan data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa karakter religius terkait erat dengan moral dan perilaku etis seseorang. Konten pendidikan yang berfokus pada pengembangan moral mendorong kebajikan seperti berjuang untuk kesempurnaan diri, keadilan, ketidakberpihakan, dan pemahaman tentang kesetaraan manusia. Metode pembelajaran yang selaras dengan prinsip-prinsip idealis seperti pendekatan dialektis, dialog, diskusi, dan teknik lainnya dapat secara efektif memperluas pemikiran kritis siswa.

References

Al-Attas, S. M. N. (1999). The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: ISTAC.

Arifin, M. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewantara, K. H. (2004). Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa.

Hasan, L. (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Muhaimin. (2011). Rekonstruksi Pendidikan Islam: Dari Paradigma Menuju Aksi. Jakarta: Rajawali Pers.

Nasution, H. (1985). Filsafat dan Mistisisme dalam Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Nata, A. (2013). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sauri, S., & Fadlillah, M. (2020). Peran Keteladanan Guru dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 14–25. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.29584

Sastrapratedja, M. (2000). Filsafat Pendidikan: Telaah Sistematis terhadap Problem-Problematika Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Syafi’i, A. (2017). Filsafat Pendidikan Islam dalam Perspektif Idealisme: Analisis atas Konsep Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat, 27(2), 151–164. https://doi.org/10.22146/jf.27860

Tilaar, H. A. R. (2002). Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Pedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Zakiyah, S. N. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter Islam dalam Kurikulum Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 123–135.

Downloads

Published

2025-05-22

How to Cite

Marathul Kholisotin, Mu’tirotul Jannah, & Ayu Wulandari. (2025). PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM SISWA SEKOLAH DASAR DALAM KAJIAN FILSAFAT IDEALISME. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 6(2). https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.6004