ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER KEGIATAN P5 PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Tias Asih Triyanti IAIM NU Metro
  • Nirmala Ade Revitri IAIM NU Metro
  • Sani Rismayanti IAIM NU Metro
  • Ismi Maria Ulfa IAIM NU Metro

DOI:

https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.6017

Keywords:

Pendidikan karakter, Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada anak usia dini, dengan fokus pada bentuk kegiatan, manfaat, dan tantangan yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan dan menganalisis sumber pustaka terkait P5 dan pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan P5 yang melibatkan nilai gotong royong, kemandirian, dan keberagaman memberikan dampak positif pada perkembangan moral, sosial, dan emosional anak. Namun, tantangan seperti kurangnya pemahaman guru dan fasilitas yang terbatas perlu diatasi. Kesimpulannya, untuk meningkatkan efektivitas P5, dibutuhkan pelatihan bagi guru, dukungan fasilitas, dan keterlibatan orang tua dalam mendukung pendidikan karakter anak

References

Abidin, M. A., Widayati, M., & Nurnaningsih. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar. Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 83-93. doi:http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(1).83-93

Dahliana, H., Khojir, & Muadin, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Anak Usia Dini di PAUD Terpadu Belia Binuang dan TK Handayani III Penajam. AHDAF: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2). doi:https://doi.org/10.47766/ahdf.v1i2.1469

Hastiani, Sulistiawan, H., & Isriyah, M. (2023). Sosialisasi Pentingnya Kolaborasi Orang Tua Dalam Mendukung Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(1). doi:https://doi.org/10.51214/japamul.v3i1.592

Henik, U. (2024). Upaya Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0 Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islami, 16(1), 21-44. doi:https://doi.org/10.37459/tafhim.v16i01.204

Ilma, M., Syafri, H., & Purwati. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Menanamkan Nilai Karakter Anak Usia Dini. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 2006-2013. doi:https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1427

Maryani, K., & Sayekti, T. (2023). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 609-619. doi:https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.348

Sari, P. N., & Malik, L. R. (2024). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek P5 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. PrimEarly : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 7(2). doi:https://doi.org/10.37567/primearly.v7i2.3383

Sukatin, N., Turiyana, M. R., & Mawadah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77-90. doi:https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05

Sulhiah, Rahman, & Mahendra, J. P. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Implementasi Proyek P5 Di Paud Al Hamzar. Journal of Early Chilhood and Islamic Education, 2(1). doi:https://doi.org/10.62005/joecie.v2i1.47

Widiastuti, S., Cholimah, N., & Harun. (2024). Implementasi Nilai Karakter melalui Pembelajaran Proyek untuk Anak Usia Dini pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 85-109. doi:https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4631

Windayani, N. I., Dewi, N. W., & Yuliantini, S. (2021). Teori dan aplikasi pendidikan anak usia dini. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Downloads

Published

2025-05-22

How to Cite

Tias Asih Triyanti, Nirmala Ade Revitri, Sani Rismayanti, & Ismi Maria Ulfa. (2025). ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER KEGIATAN P5 PADA ANAK USIA DINI. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 6(2). https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.6017