ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER KEGIATAN P5 PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.6017Keywords:
Pendidikan karakter, Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada anak usia dini, dengan fokus pada bentuk kegiatan, manfaat, dan tantangan yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan mengumpulkan dan menganalisis sumber pustaka terkait P5 dan pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan P5 yang melibatkan nilai gotong royong, kemandirian, dan keberagaman memberikan dampak positif pada perkembangan moral, sosial, dan emosional anak. Namun, tantangan seperti kurangnya pemahaman guru dan fasilitas yang terbatas perlu diatasi. Kesimpulannya, untuk meningkatkan efektivitas P5, dibutuhkan pelatihan bagi guru, dukungan fasilitas, dan keterlibatan orang tua dalam mendukung pendidikan karakter anak
References
Abidin, M. A., Widayati, M., & Nurnaningsih. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar. Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 83-93. doi:http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(1).83-93
Dahliana, H., Khojir, & Muadin, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Anak Usia Dini di PAUD Terpadu Belia Binuang dan TK Handayani III Penajam. AHDAF: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2). doi:https://doi.org/10.47766/ahdf.v1i2.1469
Hastiani, Sulistiawan, H., & Isriyah, M. (2023). Sosialisasi Pentingnya Kolaborasi Orang Tua Dalam Mendukung Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(1). doi:https://doi.org/10.51214/japamul.v3i1.592
Henik, U. (2024). Upaya Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0 Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islami, 16(1), 21-44. doi:https://doi.org/10.37459/tafhim.v16i01.204
Ilma, M., Syafri, H., & Purwati. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Menanamkan Nilai Karakter Anak Usia Dini. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 2006-2013. doi:https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1427
Maryani, K., & Sayekti, T. (2023). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 609-619. doi:https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.348
Sari, P. N., & Malik, L. R. (2024). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek P5 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. PrimEarly : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini, 7(2). doi:https://doi.org/10.37567/primearly.v7i2.3383
Sukatin, N., Turiyana, M. R., & Mawadah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77-90. doi:https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05
Sulhiah, Rahman, & Mahendra, J. P. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Implementasi Proyek P5 Di Paud Al Hamzar. Journal of Early Chilhood and Islamic Education, 2(1). doi:https://doi.org/10.62005/joecie.v2i1.47
Widiastuti, S., Cholimah, N., & Harun. (2024). Implementasi Nilai Karakter melalui Pembelajaran Proyek untuk Anak Usia Dini pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 85-109. doi:https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4631
Windayani, N. I., Dewi, N. W., & Yuliantini, S. (2021). Teori dan aplikasi pendidikan anak usia dini. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tias Asih Triyanti, Nirmala Ade Revitri, Sani Rismayanti, Ismi Maria Ulfa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.