PERAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN BERBASIS NILAI SPIRITUAL DAN MORAL
DOI:
https://doi.org/10.25217/jf.v7i2.6020Keywords:
Pendidikan islam, Kepribadian, Nilai spiritual dan moralAbstract
Penelitian ini menyelidiki bagaimana pendidikan Islam mempengaruhi kepribadian dan karakter siswa. dengan fokus pada nilai-nilai spiritual dan moral. Kepribadian merupakan hasil dari proses perkembangan panjang yang dipengaruhi oleh lingkungan, pendidikan, dan pengalaman hidup seseorang. Pendidikan karakter, terutama dalam konteks pendidikan Islam, menekankan nilai-nilai spiritual dan moral sebagai landasan pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan bagaimana nilai-nilai tersebut diterapkan pada siswa melalui pembiasaan, keteladanan, pengajaran, dan pengondisian. Temuan menunjukkan bahwa praktik keagamaan rutin seperti sholat dhuha bersama, kegiatan disiplin seperti menjaga kebersihan lingkungan sekolah, dan sikap toleransi yang dicontohkan oleh guru memainkan peran penting dalam pembentukan karakter siswa. Kurikulum 2013 yang mencakup indikator karakter kebangsaan, termasuk religiusitas, kejujuran, dan toleransi, turut mendukung upaya pembentukan karakter yang kuat. Dengan penerapan optimal, pendidikan karakter berbasis Islam mampu membentuk siswa berakhlak baik, memiliki keimanan yang kokoh, dan berkontribusi positif dalam masyarakat
References
Abidin, A.Mustika. “Pendidikan Moral Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam.” Jurnal Paris Langkis 2, no. 1 (2021): 57–67. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3282.
Djarot, Muchammad. “Program Pengembangan Aspek Moral, Spiritual, Sosial Dan Emosional Pada Anak Usia Dini.” AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1, no. 1 (2021): 19–25. https://doi.org/10.24260/albanna.v1i1.279.
Faozi, Akhmad, and Didik Himmawan. “Nilai-Nilai Pendidikan Spiritual Menurut Syekh Zainal Abidin Abdul Karim Al Husaini Dalam Kitab Al Barzanji.” Journal Islamic Pedagogia 3, no. 1 (2023): 90–97. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i1.93.
Juwitaningrum, Rakhmawati, D., and A Handayani. “Penanaman Nilai-Nilai Moral Spiritual Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Metode Pembiasaan’.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, n.d. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/3285.
Redaksi, Diterima, Direvisi Terakhir, Diterbitkan Online, Noor Hafidhoh, and Pendidikan Karakter. “Pengembangan Kepribadian Anak Melalui Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah 1,2” 5 (2022): 1–9.
Samsudin, Samsudin. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kepribadian Di Era Disrupsi.” Jurnal Pemikiran Keislaman 30, no. 1 (2019): 148–65. https://doi.org/10.33367/tribakti.v30i1.666.
Sari, Milya, and Asmendri Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science 6, no. 1 (2020): 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.
Sundari, Liza. “Implementasi Sikap Spiritual Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SMAN 1 Tanjung Mutiara’.” ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan 1, no. 2 (n.d.): 120–130. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.220.
Susanto, Daris, Bela Safitri, and Imas Masitoh. “Pemahaman Mengenai Kepribadian Dalam Perspektif Islam.” Al-Fiqh 1, no. 2 (2023): 71–76. https://doi.org/10.59996/al-fiqh.v1i2.200.
Udin, A R. “Pendidikan Islam Formal, Informal Dan Nonformal’.” Al Bina xx (n.d.): 9. http://jurnal.staiyasbakalianda.ac.id/index.php/albina/article/view/23%0Ahttps://jurnal.staiyasbakalianda.ac.id/index.php/albina/article/download/23/12.
Yahya, Muhamad. “Spiritualitas Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmiah Al-Furqan: Al-Qur’an Bahasa Dan Seni 9, no. 1 (2022): 178–94. https://doi.org/10.69880/alfurqan.v9i1.56.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hilmarisyatul Khasanah, Tri Mir’atul Hasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.