PERAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN BERBASIS NILAI SPIRITUAL DAN MORAL

Authors

  • Hilmarisyatul Khasanah IAIM NU Metro
  • Tri Mir’atul Hasanah IAIM NU Metro

DOI:

https://doi.org/10.25217/jf.v7i2.6020

Keywords:

Pendidikan islam, Kepribadian, Nilai spiritual dan moral

Abstract

Penelitian ini menyelidiki bagaimana pendidikan Islam mempengaruhi kepribadian dan karakter siswa. dengan fokus pada nilai-nilai spiritual dan moral. Kepribadian merupakan hasil dari proses perkembangan panjang yang dipengaruhi oleh lingkungan, pendidikan, dan pengalaman hidup seseorang. Pendidikan karakter, terutama dalam konteks pendidikan Islam, menekankan nilai-nilai spiritual dan moral sebagai landasan pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan bagaimana nilai-nilai tersebut diterapkan pada siswa melalui pembiasaan, keteladanan, pengajaran, dan pengondisian. Temuan menunjukkan bahwa praktik keagamaan rutin seperti sholat dhuha bersama, kegiatan disiplin seperti menjaga kebersihan lingkungan sekolah, dan sikap toleransi yang dicontohkan oleh guru memainkan peran penting dalam pembentukan karakter siswa. Kurikulum 2013 yang mencakup indikator karakter kebangsaan, termasuk religiusitas, kejujuran, dan toleransi, turut mendukung upaya pembentukan karakter yang kuat. Dengan penerapan optimal, pendidikan karakter berbasis Islam mampu membentuk siswa berakhlak baik, memiliki keimanan yang kokoh, dan berkontribusi positif dalam masyarakat

References

Abidin, A.Mustika. “Pendidikan Moral Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam.” Jurnal Paris Langkis 2, no. 1 (2021): 57–67. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3282.

Djarot, Muchammad. “Program Pengembangan Aspek Moral, Spiritual, Sosial Dan Emosional Pada Anak Usia Dini.” AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1, no. 1 (2021): 19–25. https://doi.org/10.24260/albanna.v1i1.279.

Faozi, Akhmad, and Didik Himmawan. “Nilai-Nilai Pendidikan Spiritual Menurut Syekh Zainal Abidin Abdul Karim Al Husaini Dalam Kitab Al Barzanji.” Journal Islamic Pedagogia 3, no. 1 (2023): 90–97. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v3i1.93.

Juwitaningrum, Rakhmawati, D., and A Handayani. “Penanaman Nilai-Nilai Moral Spiritual Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Metode Pembiasaan’.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, n.d. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/3285.

Redaksi, Diterima, Direvisi Terakhir, Diterbitkan Online, Noor Hafidhoh, and Pendidikan Karakter. “Pengembangan Kepribadian Anak Melalui Pendidikan Karakter Di Madrasah Ibtidaiyah 1,2” 5 (2022): 1–9.

Samsudin, Samsudin. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kepribadian Di Era Disrupsi.” Jurnal Pemikiran Keislaman 30, no. 1 (2019): 148–65. https://doi.org/10.33367/tribakti.v30i1.666.

Sari, Milya, and Asmendri Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science 6, no. 1 (2020): 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.

Sundari, Liza. “Implementasi Sikap Spiritual Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa SMAN 1 Tanjung Mutiara’.” ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan 1, no. 2 (n.d.): 120–130. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i2.220.

Susanto, Daris, Bela Safitri, and Imas Masitoh. “Pemahaman Mengenai Kepribadian Dalam Perspektif Islam.” Al-Fiqh 1, no. 2 (2023): 71–76. https://doi.org/10.59996/al-fiqh.v1i2.200.

Udin, A R. “Pendidikan Islam Formal, Informal Dan Nonformal’.” Al Bina xx (n.d.): 9. http://jurnal.staiyasbakalianda.ac.id/index.php/albina/article/view/23%0Ahttps://jurnal.staiyasbakalianda.ac.id/index.php/albina/article/download/23/12.

Yahya, Muhamad. “Spiritualitas Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmiah Al-Furqan: Al-Qur’an Bahasa Dan Seni 9, no. 1 (2022): 178–94. https://doi.org/10.69880/alfurqan.v9i1.56.

Downloads

Published

2025-05-22

How to Cite

Hilmarisyatul Khasanah, & Tri Mir’atul Hasanah. (2025). PERAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN BERBASIS NILAI SPIRITUAL DAN MORAL. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 7(2). https://doi.org/10.25217/jf.v7i2.6020