PERAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.25217/jf.v7i2.6021Keywords:
Karakter Peserta Didik, Pendidikan Islam, Peran FilsafatAbstract
Filosofi pendidikan Islam memainkan peran penting dalam membangun karakter siswa. Ini adalah pelajaran penting untuk mendorong karakter siswa untuk mencapai tujuan positif. Di dalam pendidikan Islam, karakter dikaitkan dengan prinsip moral dan spiritual yang diajarkan melalui fikih, akidah, dan seluruh alam semesta. Siswa dapat menjalani kehidupan yang konsisten karena perkembangan karakter ini meningkatkan moral dalam kegiatan sehari-hari dan tindakan mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menyelidiki fitur pendidikan Islam dari sudut pandang filsafat. Data dikumpulkan melalui catatan, ulasan literatur, dan pemilihan sumber yang relevan. Data dianalisis secara deskriptif untuk menentukan bagaimana prinsip-prinsip pendidikan Islam mempengaruhi karakter siswa. 1ni adalah cara untuk mengidentifikasi karakteristik karakter yang tidak sesuai dengan keinginan siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa mengajarkan sifat mulia kepada siswa meningkatkan kemampuan mereka untuk belajar. Peserta didik memperoleh rasa tanggung jawab yang lebih besar, prinsip-prinsip moral, dan kebiasaan yang lebih baik. Selain itu, kreativitas dan kebebasan siswa meningkat sebagai hasil dari perkembangan karakter ini, yang menghasilkan generasi yang lebih baik untuk negara ini.
References
Dewi, D A, S I Hamid, F Annisa, M Oktafianti, and P R Genika. “Menumbuhkan Karakter Siswa Melalui Pemanfaatan Literasi Digital.” Jurnal Basicedu 5, no. 6 (n.d.): 5249–5257.
Irawan, E. “Literature Review: Literasi Digital, Literasi Ekonomi, Dan Inovasi Bisnis Mempengaruhi Manajemen Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah.” EBISMAN: EBisnis Manajemen 1, no. 4 (n.d.): 30–41.
Marfuah, M, D Suryadi, T Turmudi, and M G Isnawan. “Providing Online Learning Situations for In-Service Mathematics Teachers’ External Transposition Knowledge during COVID-19 Pandemic: Case of Indonesia.” Electronic Journal of E-Learning 20, no. 1 (n.d.): 69–84.
Rahma, F N, M S Q Alam, B A Fauzi, F Wulandari, and I Safii. “Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Di Pesantren Taruna Al Qur’an Putri Yogyakarta Masa Darurat Covid-19.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 4 (n.d.): 2027–2036.
Shalahuddin, M, M M Arromy, M Mahmud, and M Erihadiana. “Strategy for Implementing Religious Moderation in Islamic Education Management.” Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature 4, no. 1 (n.d.): 47–55.
Tarigan, M, S Maulana, and N A Lubis. “Filsafat Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8, no. 1 (n.d.): 197–207.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hilwiatul Ahla, Budi Pangas Tuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.