IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALIM TERHADAP PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK GENERASI ALPHA
DOI:
https://doi.org/10.25217/jf.v7i2.6024Keywords:
Generasi Alpha, Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim, Pendidikan Akidah AkhlakAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu implementasi pembelajaran kitab Ta’limul Muta’alim terhadap Pendidikan Akidah Akhlak Generasi Alpha di SMP IBS Nur Shofin. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kejanggalan di dalamnya era teknologi informasi dan komunikasi kemajuan pada generasi alpha. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ta’lim Muta’alim dipahami sebagai pendekatan holistik. Tantangan utama dalam penerapan konsep ini adalah menyesuaikan metode pengajaran tradisional dengan teknologi modern. Langkah-langkah implementasi mencakup pelatihan pengajar, revisi kurikulum, dan pengembangan program-program pendukung. Meskipun ada tantangan seperti mengubah pola pikir lama dan keterbatasan sumber daya, peluang besar terletak pada penggunaan teknologi untuk memperkaya pembelajaran. Dengan evaluasi dan penyesuaian berkelanjutan, konsep ini diharapkan dapat membentuk generasi alpha yang cerdas secara akademis serta kuat secara moral dan spiritual.
References
Deriansyah, R. “Kontribusi Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Etika Berperilaku Generasi Alpha (Studi Kasus Di Mts As-Sa’id Blado, Kabupaten Batang.” Qalam: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2022): 20–28. https://doi.org/10.57210/qlm.v3i2.150.
Erfan, G. “Pesantren Di Antara Generasi Alfa Dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0.” OASIS : Jurnal Ilmiah Kajian Islam 2, no. 2 (2018): 94–109. https://doi.org/10.24235/oasis.v2i2.2893.
Faturrahman, Feri Fernadi, M., and N Apriyani. “Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Dalam Membentuk Karakter Santri Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Lampung Selatan.” Journal on Education 05, no. 04 (2023): 17700–17712. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.4417.
Hidayah, A, A Hakim, A Syahid, S Raehana, and M Hasibuddin. “Strategi Pendidikan Sekolah Menengah Islam Terpadu Di Tengah Peluang Dan Tantangan Globalisasi.” Education and Learning Journal 5, no. 1 (2024): 40–47. https://doi.org/10.33096/eljour.v5i1.877.
Karim, B A. “Teori Kepribadian Dan Perbedaan Individu.” Education and Learning Journal 1, no. 1 (2020): 40–49. https://doi.org/10.33096/eljour.v1i1.45.
Marauleng, A, A Hakim, S Hasan, and M Hasibuddin. “Peran Guru Dalam Menginternalisasikan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa.” Education and Learning Journal 5, no. 1 (2024): 33–47. https://doi.org/10.33096/eljour.v5i1.875.
Mark Mccrindle. The ABC of XYZ (Understanding The Global Generation. UNSW Press, 2018.
Purbajati, H. “Relevansi Kitab Ta’lim Muta’allim Dengan Pendidikan Masa Kini (Tinjauan Faktor-Faktor Pendidikan.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 1 (2019): 1–32.
Roziqin, M, and I Hasbullah. “Implementasi Pembelajaran Ta’Lim Al-Muta’Allim Dalam Membina Akhlak Santri Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang.” Jurnal Education and Development 11, no. 1 (2023): 121–127. https://doi.org/10.37081/ed.v11i1.4302.
Santoso, E. Millennial Finance. PT. Gramedia, 2017.
Shilviana, K F. “Pemikiran Imam Al-Zarnuji Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Modern.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 12, no. 1 (2020): 50–60. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i01.332.
Widodo, S. “Implementasi Nilai-Nilai Kitab Ta’limul Muta’alim Pada Pembelajaran Dalam Pembentukan Karakter Santri Di Pondok Pesantren Darusy Syafa’ah Kotagajah Lampung Tengah,” 2019. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1535/.
Zaitun, Z. “Implementasi Pembelajaran Kitab Ta‘Lim Al-Muta‘Allim Dalam Pembentukan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Alkhairaat Madinatul Ilmi Dolo.” Paedagogia 8, no. 2 (2019): 33–50. https://doi.org/10.24239/pdg.Vol8.Iss2.42.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rike Rohayani, Eko Miswanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.