IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SISWA MI
DOI:
https://doi.org/10.25217/jf.v7i2.6025Keywords:
Pembelajaran Aqidah Akhlak, PerilakuAbstract
Pendidikan akhlak dan aqidah memiliki dampak yang signifikan terhadap perilaku anak. Akhlak sebagai perilaku akhlak dan aqidah sebagai keyakinan merupakan dua unsur yang saling terkait yang memengaruhi pertumbuhan pribadi masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak pendidikan akhlak dan penerapan aqidah terhadap perilaku baik anak. Anak yang menerima pendidikan akhlak dan aqidah lebih mampu memandang dunia secara positif, menjalin ikatan yang baik dengan orang lain, dan tumbuh menjadi pribadi yang baik, sabar, dan toleran. Anak juga memperoleh dasar moral yang kokoh dari pendidikan ini, yang mempersiapkan mereka untuk menghadapi rintangan dan godaan di lingkungan sekitar. Aqidah dan pendidikan akhlak dapat dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan agama atau pendidikan karakter di lingkungan pendidikan formal. Lebih jauh, pendekatan yang komprehensif dapat digunakan untuk menerapkan ajaran ini, dengan melibatkan masyarakat, keluarga, dan lembaga pendidikan sebagai kolaborator dalam memengaruhi perilaku anak. Singkatnya, pendidikan akhlak dan aqidah memiliki dampak yang signifikan terhadap perilaku anak. Anak-anak dapat tumbuh menjadi orang yang bermoral kuat, memiliki kemampuan berperilaku baik, dan mampu berkontribusi terhadap masyarakat dengan mempelajari akhlak yang baik dan memperkuat aqidah.
References
Azis, Fatimah. “Peranan Guru Sebagai Motivator Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 3 Kepulauan Selayar.” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 3, no. 3 (2023): 6007–18.
Azty, Alnida, Fitriah Fitriah, Lufita Sari Sitorus, Muhammad Sidik, Muhammad Arizki, Mohd. Najmi Adlani Siregar, Nur Aisyah Siregar, Rahayu Budianti, Sodri Sodri, and Ira Suryani. “Hubungan Antara Aqidah Dan Akhlak Dalam Islam.” Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS) 1, no. 2 (2019): 122–26. https://doi.org/10.34007/jehss.v1i2.23.
Fajrussalam, Hisny, Alifia Nur Azizah, Firra Dwi Nur’ani, Hilma Innayah Putri, and Ranisa Devi. “Peran Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5, no. 3 (2023): 123–30.
Jannah, Miftahul. “Peran Pembelajaran Aqidah Akhlak Untuk Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Siswa.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 2 (2020): 237–52. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.326.
Jarbi, Muktiali. “Pendidikan Akidah Akhlak Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendais 2, no. 1 (2024): 15–21.
Kodina, Elce Yohana, Bahaking Rama, Abd. Rahman Getteng, and Nurman Said. “Hakikat Materi Akidah Perspektif Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Sekolah Dasar Kelas V.” Jurnal Diskursus Islam 4, no. 3 (2019): 523–51.
Mia. “Karakteristik Perkembangan Peserta Didik.” Edu-Riligia: Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Keagamaan 6, no. 4 (2022): 351–71.
Nora, Yulfia, and Mudjiran. “Pendidikan Dalam Teori Perbedaan Individu.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4, no. 6 (2022): 12013–20. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9702.
Nurjanah, Sofia Siti, Peni Oktaviani, Deden Saeful Rahman, Afif Nurseha, Prodi Pendidikan, Agama Islam, Stai Riyadhul, and Jannah Subang. “Konsep Keteladanan Nabi Dalam Pembentukan Akidah Akhlak Anak Tingkat Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8, no. 1 (2024): 6020–31. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13319.
Pertiwi, Endah, Kanesa Folara, Wafa Alfia Farhana, and Muhammad Eko Nur Alam. “Problematika Moral Bangsa Terhadap Etika Masyarakat.” Jurnal Rechten : Riset Hukum Dan Hak Asasi Manusia 4, no. 2 (2022): 1–11. https://doi.org/10.52005/rechten.v4i2.96.
Pristiwanti, Desi, Bai Badariah, Sholeh Hidayat, and Ratna Sari Dewi. “Pengertian Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4, no. 6 (2022): 7911–15. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498.
Sari, Tiara Novita, Muhammad Luthf, and Ali As’ad. “Implementasi Akhlak Kepada Allah Dalam Kehidupan Sehari-Hari Bagi Mahasiswa.” PENAIS:Jurnal Studi Dan Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2023): 189–200. https://doi.org/https://doi.org/10.56721/penais.v2i02.253.
Saribun. “Peran Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Budi Pekerti Agama Islam 2, no. 4 (2024): 311–22. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i4.486.
Sitompul, Netty Tesa Yolanika. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Karakter Pemuda Masa Kini.” Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi 2, no. 1 (2024): 42–59.
Yuniarweti. “Pentingnya Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Anak.” SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah 03, no. 1 (2023): 252.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wahyu Setiawan, Diana Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.