PENDIDIKAN WANITA DALAM FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Yuska IAIM NU Metro
  • Rismawati IAIM NU Metro

DOI:

https://doi.org/10.25217/jf.v7i2.6026

Keywords:

Filsafat Pendidikan Islam, Pendidikan Wanita

Abstract

Meneliti dan menganalisis status perempuan dalam Islam, kesetaraan perempuan dalam mengejar pengetahuan, dan pandangan tentang pendidikan perempuan dalam konteks filsafat pendidikan Islam adalah tujuan dari esai ini. Selain menggunakan pendekatan analisis konten dan analisis komparatif konstan, penelitian ini juga memanfaatkan penelitian perpustakaan, yang dilakukan dengan berkonsultasi pada literatur dari penelitian sebelumnya. Sebuah pemeriksaan mendalam terhadap informasi tertulis atau dicetak yang terlihat di media massa dikenal sebagai analisis konten. Temuan studi menunjukkan bahwa, menurut filosofi pendidikan Islam, perempuan selalu diizinkan untuk mengejar pendidikan. Nabi, semoga damai besertanya, juga menekankan bahwa semua Muslim, baik laki-laki maupun perempuan, diwajibkan untuk menuntut ilmu. Nabi Muhammad (saw) membuat semua jalur pengetahuan dapat diakses oleh baik pria maupun wanita dengan menekankan poin ini.

References

Arifin, M.Zainal, Maulana Ishaq Ernas, Abdul Haris, and Rosichin Mansur. “Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan Islam Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam Era Kontemporer.” Journal of Contemporary Islamic Education 4, no. 1 (2024): 13–25.

Duryat, H Masduki. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam Di Institusi Yang Bermutu Dan Berdaya Saing. Penerbit Alfabeta, 2021.

Effendi, Zulham. “Pendidikan Wanita Dalam Filsafat Pendidikan Islam.” Waraqat: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 5, no. 1 (2020): 17.

El-Shirazy, A Mujib, and Sugeng Hariyadi. KHAIRU UMMAH Konsep Dan Implementasinya Dalam Realitas Sejarah Umat Islam. CV. Zenius Publisher, 2024.

Hidayah, Hidayah. “Keistimewaan Perempuan Dalam Surah an Nisa.” Al-Munqidz: Jurnal Kajian Keislaman 9, no. 2: Mei (2021): 113–26.

Jannah, Siti Nur Sofirotul, Farehna Selda Elwidat, and M Yunus Abu Bakar. “Urgensi Filsafat Pendidikan Islam Dalam Membentuk Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas Di Era Modernisasi.” Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa 2, no. 6 (2024): 311–23.

Naldi, Danu Resfi. “Sejarah Bangsa Arab Pra Islam.” Historia Madania: Jurnal Ilmu Sejarah 7, no. 2 (2023): 265–81.

Reza, Muhammad. “Analisis Penerapan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah (PSAP) Nomor 02 Tentang Laporan Realisasi Anggaran (Studi Kasus Pada Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah) Kota Medan.” Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2021.

Sari, Milya, and Asmendri Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science 6, no. 1 (2020): 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.

SHIHAB, PERSPEKTIF M QURAISH. “PERAN PEREMPUAN SEBAGAI PENDIDIK,” n.d.

Sidik, Sangputri, Funco Tanipu, Nuryati Solapari, Mohammad Syahru Assabana, and Rahmania Rahman. “Konsep Pendidikan Keadilan Gender Di Dalam Sistem Pendidikan Indonesia.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6, no. 4 (2023): 2845–59.

Tansya, Fawziyah, Salminawati Salminawati, and Usiono Usiono. “Pendidikan Wanita Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 4 (2022): 406–14.

Ulum, M Bustanul, and Ummu Lum’atil Jauharoh. “Urgensi Pendidikan Bagi Perempuan Dalam Perspektif KH. Quraish Shihab.” AS-SUNNIYYAH 3, no. 01 (2023): 1–8.

Wijaya, Sukma Eka, and Reni Selviani. “Analisis Relevansi Pemikiran Aliran Filosofis Pendidikan Islam Religius-Rasional Dalam Kurikulum Merdeka.” Journal of International Multidisciplinary Research 2, no. 5 (2024): 421–29.

Yani, Ahmad, and Edi Mulyadi. “Perlindungan Hukum Terhadap Hak-Hak Perempuan Dan Anak Pasca Perceraian Menurut Peraturan Perundang-Undangan Yang Berlaku.” Jurnal Pemandhu 2, no. 3 (2021): 299–313.

Downloads

Published

2025-05-22

How to Cite

Yuska, & Rismawati. (2025). PENDIDIKAN WANITA DALAM FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 7(2). https://doi.org/10.25217/jf.v7i2.6026