PENGELOLAAN KEBERAGAMAN BUDAYA MELALUI MULTILINGUALISME DI INDONESIA

Authors

  • Khairiah Khairiah IAIN Bengkulu
  • Ahmad Walid IAIN Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.25217/jf.v5i1.789

Abstract

Kajian tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan multikultural dalam multilingualisme di Indonesia. Adapun metode yang digunakan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Komponen yang menjadi tolak ukur adalah keberagaman bahasa, kebudayaan, etnis, suku, adat istiadat, tradisi, keyakinan agama yang tersebar luas dan sangat variatif di bumi nusantara Indonesia dapat hidup secara aman, damai dan tenteram. Pendidikan multikultural dalam multilingualisme merupakan upaya meminimalisir dan mencegah terjadinya konflik dan perpecahan. Melalui pendidikan multikultural dapat mewujudkan masyarakat lebih toleransi, demokratis, terbuka untuk memahami dan menghargai keberagaman. Artikel membahas 4 Program pendidikan multikultural dalam multilingualisme yaitu proses pendidikan multikultural dan multilingualisme di Indonesia, multikultural dalam multilingualisme di seluruh pelosok Indonesia, Bahasa Indonesia sebagai pemersatu dalam multilingualisme, dan mengembangkan kesadaran multikultural dalam multilingualisme

Downloads

Published

2020-07-21

How to Cite

Khairiah, K., & Walid, A. (2020). PENGELOLAAN KEBERAGAMAN BUDAYA MELALUI MULTILINGUALISME DI INDONESIA. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 5(1), 131–144. https://doi.org/10.25217/jf.v5i1.789