PROBLEMS, CONTROVERSION, SOLUTIONS: OPPORTUNITIES AND CHALLENGES OF INDONESIAN EDUCATION FOR THE MILLENIAL GENERATION IN THE ERA OF INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0

  • Mochamad desta Pradana IAIN Kediri
Keywords: teknologi 4.0

Abstract

Perkembangan teknologi (RI 4.0) merupakan perubahan yang nyata dalam dunia industri maupun pendidikan. Perubahan tersebut dapat menunjang keefektifan manusia dan juga menjadikan waktu mereka menjadi efisien. Sehingga apabila manusia tidak bisa mengikuti perkembangannya maka mereka juga akan tertinggal jauh dengan masyarakat global, terlebih dunia pendidikan, karena pendidikan adalah pusat sebuah Bangsa untuk meningkatkan sumberdaya manusianya, hal ini disebabkan karena dengan pendidikan maka peserta didik akan mendapatkan landasan yang kuat untuk meningkatkan kemampuan dan karakter mereka. Sehingga sekolah juga sudah harus memberikan pelayanan yang bisa membuat peserta didik dapat mengejar ketertinggalannya. Di era yang serba digital ini, sekolah juga harus siap untuk menyusaikan serta bisa menjadi bagian dari era digital yang mana sekolah harus dapat memanfaatkan teknologi digital serta jejaring sosial secara produktif.

Dalam menghadapi pendidikan di era RI 4.0, ada beberapa kecakapan yang harus dikuasai oleh peserta didik, yaitu mencakup ilmu dan juga perilaku mereka, karena peserta didik jaman now memiliki rasa keingintahuan yang lebih tinggi, kepercayaan diri dan keberanian dalam melangkah , peserta didik harus mempunyai keterampilan dan kecakapan dalam penguasaaan teknologi peserta didik mempunyai keterampilan inovasi pembelajaran yaitu dapat berfikir kritis untuk memecahkan masalah serta mampu berfikir inovatif, mempunyai keahliah literasi digital , dan yang terakhir adalah mempunyai kemampuan inisiatif yang fleksibel dan inisiatif adaptif. Selain itu peserta didik juga dituntut untuk mempunyai kecakapan ketika melakukan interaksi sosial antar budaya, mempunyai kecakapan kepemimpinan yang produktif dan akuntabel serta memiliki tanggungjawab.

Published
2021-04-06
Section
Articles