Peranan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Meningkatkan Keterampilan Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMKN 2 Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.25217/jtep.v0i0.1894Keywords:
Project based learning, ketrampilan bahasa, model pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan menemukan dan mendiskripsikan fenomenologi (1) keterampilan menyimak siswa melalui kegiatan Pembelajaran projek base learning.(2) keterampilan berbicara siswa melalui kegiatan Pembelajaran projek base learning Dunia Usaha Dan Industri (3) keterampilan membaca siswa melalui kegiatan Pembelajaran projek base learning Dunia Usaha dan Industri (4) keterampilan menulis siswa melalui kegiatan Pembelajaran projek base learning Dunia Usaha dan Industri. Jenis Penelitian pada penelitian ini kualitatif. disain penelitian penelitian deskriptif kualitatif. Data dan Sumber data penelitian Informan kunci key informan atau informan kunci sebagai sumber data, peneliti menggunakan purposive snowball sample Teknik Pengumpulan Data Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Analisis Data kualitatif positivism. Penelitian ini menghasilkan pertama (1)keterampilan menyimak siswa melalui kegiatan Pembelajaran projek base learning Dunia Usaha Dan Industri sangat membantu dan diperlukan untuk memahami instruksi dan penjelasan, (2) Keterampilan berbicara siswa melalui kegiatan Pembelajaran projek base learning Dunia Usaha Dan Industri merupakan kesempatan untuk menumbuhkan kemampuan berbicara 3. Keterampilan membaca siswa melalui kegiatan Pembelajaran projek base learning Dunia Usaha dan Industri menunjukkan bahwa keterampilan membaca memahami petunjuk kerja (4) Keterampilan menulis siswa melalui kegiatan Pembelajaran projek base learning meningkatkan kemampuan menulis sebagai alat bantu dalam berkomunikasi dengan beberapa tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran projek base learning baik tujuan secara teks instruksi dan deskripsi.