Peranan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Meningkatkan Keterampilan Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMKN 2 Bangkalan

Authors

  • Lita Agustina Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Kusmiyati Kusmiyati Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Soesiana Tri Ekawati Silver Universitas Dr. Soetomo Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.25217/jtep.v0i0.1894

Keywords:

Project based learning, ketrampilan bahasa, model pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan menemukan dan mendiskripsikan fenomenologi (1) keterampilan menyimak siswa melalui kegiatan Pembelajaran projek base learning.(2) keterampilan berbicara siswa melalui kegiatan Pembelajaran projek base learning Dunia Usaha Dan Industri  (3) keterampilan membaca siswa melalui kegiatan Pembelajaran projek base learning Dunia Usaha dan Industri (4) keterampilan menulis siswa melalui kegiatan Pembelajaran projek base learning Dunia Usaha dan Industri.  Jenis Penelitian pada penelitian ini kualitatif. disain penelitian penelitian deskriptif kualitatif. Data dan Sumber data penelitian Informan kunci key informan atau informan kunci sebagai sumber data, peneliti menggunakan purposive snowball sample Teknik Pengumpulan Data Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Analisis  Data kualitatif positivism. Penelitian ini menghasilkan  pertama  (1)keterampilan menyimak siswa melalui kegiatan Pembelajaran projek base learning Dunia Usaha Dan Industri  sangat membantu dan  diperlukan untuk memahami instruksi dan penjelasan, (2) Keterampilan  berbicara siswa melalui kegiatan Pembelajaran projek base learning Dunia Usaha Dan Industri  merupakan kesempatan untuk menumbuhkan kemampuan berbicara 3. Keterampilan membaca siswa melalui kegiatan Pembelajaran projek base learning Dunia Usaha dan Industri  menunjukkan bahwa keterampilan membaca memahami petunjuk kerja (4) Keterampilan  menulis siswa melalui kegiatan Pembelajaran projek base learning meningkatkan kemampuan menulis sebagai alat bantu dalam berkomunikasi dengan beberapa tujuan yang akan dicapai dalam pembelajaran projek base learning baik tujuan secara teks instruksi dan deskripsi.

Downloads

Published

2022-01-29

How to Cite

Agustina, L., Kusmiyati, K., & Silver, S. T. E. (2022). Peranan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Meningkatkan Keterampilan Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMKN 2 Bangkalan. Jurnal Teknologi Pembelajaran. https://doi.org/10.25217/jtep.v0i0.1894

Issue

Section

Articles