Pengaruh Media Pembelajaran Kotak Ilmu Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa

Authors

  • Meirita Sari Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Hamzah Pansuri Universitas Bengkulu
  • Suwarni Universitas Dehasen Bengkulu

Keywords:

Media kotak ilmu, Kognitif siswa, sains

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran kotak ilmu materi bagian-bagian tumbuhan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII di SMPN 12 Kota Bengkulu Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasy eksperimen untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kotak ilmu terhadap hasil belajar kognitif peserta didik.  Penelitian ini menggunakan instrument tes yang dilangsungkan dalam pembelajaran. Adapun hasil penelitian dengan judul “Pengaruh Media Pembelajaran Kotak Ilmu Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII Di SMPN 12 Kota Bengkulu”  bahwa  terdapat pengaruh yang signifikan terhadap media pembelajaran kotak ilmu materi bagian-bagian tumbuhan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII di SMPN 1 Kota Bengkulu. Dengan rata-rata nilai kelas kontrol (pretest ) 65 menjadi (Post-test ) 76  sedangkan kelas ekperimen nilai pretest 74 menjadi Post-test 82.

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Sari, M., Pansuri, H., & Suwarni. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Kotak Ilmu Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Teknologi Pembelajaran. Retrieved from https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/jtep/article/view/3932

Issue

Section

Articles