Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Serta Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pada Pelajaran PAI Di SMP N 3 Kotabumi Lampung Utara
Keywords:
kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, prestasi siswa, profesionalisme guruAbstract
Seorang guru dalam mengerjakan tugasnya dengan baik, seringkali ditentukan oleh penilaian terhadap kinerjanya. Kepala Sekolah sebagai pemimpin di sekolah memengang amanat untuk menjalankan kepemimpinan di sekolah. Oleh karenanya, sebagai amanat, kepala sekolah harus memberi teladan, arahan, petunjuk dan bimbingan kepada para guru yang dipimpinnya. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data empiris mengenai variabel yang berpengaruh terhadap prestasi, kepemimpinan kepala sekolah, dan motivasi kerja guru serta profesionalisme guru. SMPN 03 Kotabumi yang berada di bawah naungan Diknas Kabupaten Lampung Utara yang dipimpin oleh seorang kepala sekolah dan dibantu beberapa wakil kepala sekolah. Masalah yang timbul di sekolah ini adalah masalah motivasi kerja guru yang tidak ada peningkatannya akhir akhir ini. Penelitian ini menggunakan metode lapangan melalui survei dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasional. Penelitian ini mengunakan teknik simple random sampling dengan sampel sebesar 155 responden.. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, interview, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa prestasi siswa dapat ditingkatkan lagi melalui perbaikan kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru dan profesionalisme guru, terutama yang sangat perlu diperhatikan adalah menimbulkan motivasi dari dalam diri guru masing-masing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 INGTIAA INGTIA123

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.