Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 1 Trimulya
Keywords:
Media Pembelajaran, Android, IPS SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media belajar mandiri berbasis android yang layak digunakan pada mata pelajaran IPS materi Kondisi Geografis Negara Indonesia di kelas V SDN 1 Trimulya. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan mengadaptasi model Borg and Gall serta dimodifikasi jadi 5 tahapan yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba, produk akhir dan penyebaran. Berdasarkan pengujian dari ahli media, ahli materi, dan peserta didik diperoleh hasil sebagai berikut: Rata-rata skor dari ahli media sebesar 4,25 dengan kategori “Sangat Baik”; rata-rata skor dari ahli materi sebesar 4,34 dengan kategori “Sangat Baik”; rata-rata skor dengan 4 orang siswa pada uji coba perorangan mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,41 dengan kategori “Sangat Baik”; rata-rata skor dengan 9 orang siswa pada uji coba lapangan mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,73 dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan rata-rata skor yang sudah disebutkan, maka media pembelajaran IPS materi Kondisi Geografis Negara Indonesia berbasis android dinyatakan “Layak” karena memenuhi skor kelayakan minimal dan hasil penyebaran media pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi Construct 2 mendapatkan nilai rata-rata 82,5, sehingga media pembelajaran berbasis aplikasi Construct 2 bisa digunakan pada proses pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asy'ari Asy'ari, Nonong Rahimah, Alvin Ruri Wardani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.