Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 1 Trimulya

Authors

  • Asy'ari Asy'ari Universitas PGRI Kalimantan
  • Nonong Rahimah Universitas PGRI Kalimantan
  • Alvin Ruri Wardani Universitas PGRI Kalimantan

Keywords:

Media Pembelajaran, Android, IPS SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media belajar mandiri berbasis android yang layak digunakan pada mata pelajaran IPS materi Kondisi Geografis Negara Indonesia di kelas V SDN 1 Trimulya. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan mengadaptasi model Borg and Gall serta dimodifikasi jadi 5 tahapan yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba, produk akhir dan penyebaran. Berdasarkan pengujian dari ahli media, ahli materi, dan peserta didik diperoleh hasil sebagai berikut: Rata-rata skor dari ahli media sebesar 4,25 dengan kategori “Sangat Baik”; rata-rata skor dari ahli materi sebesar 4,34 dengan kategori “Sangat Baik”; rata-rata skor dengan 4 orang siswa pada uji coba perorangan mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,41 dengan kategori “Sangat Baik”; rata-rata skor dengan 9 orang siswa pada uji coba lapangan mendapatkan rata-rata skor sebesar 4,73 dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan rata-rata skor yang sudah disebutkan, maka media pembelajaran IPS materi Kondisi Geografis Negara Indonesia berbasis android dinyatakan “Layak” karena memenuhi skor kelayakan minimal dan hasil penyebaran media pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi Construct 2 mendapatkan nilai rata-rata 82,5, sehingga media pembelajaran berbasis aplikasi Construct 2 bisa digunakan pada proses pembelajaran.

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Asy’ari, A., Rahimah, N., & Wardani, A. R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 1 Trimulya. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 16–24. Retrieved from https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/jtep/article/view/4851

Issue

Section

Articles