A Pengembangan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas I di MI Ma’arif 01 Punggur

Authors

  • Azizah Nurlelasari azizah Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education
  • Masrurotul Mahmudah
  • Lutfi Fadilah Universitas Ma'arif Lampung

Keywords:

Flashcard, Kemampuan Membaca

Abstract

Mayoritas siswa menghadapi kesulitan yang berkaitan dengan kemampuan membaca. Siswa kelas satu di MI Ma'arif Punggur mengalami hal yang sama. Dua belas dari dua puluh lima siswa kelas satu ditemukan masih kesulitan membaca, menurut wawancara pertama dengan para peneliti di MI Ma'arif 01 Punggur. Siswa mengalami kesulitan membaca karena berbagai alasan, termasuk tidak menghafal alfabet, masih mencampur huruf-huruf yang tampak serupa, mengalami kesulitan mengubah huruf menjadi suku kata, dan guru menggunakan lebih sedikit media yang beragam karena keterbatasan waktu. Untuk membantu siswa tahun pertama di MI Ma'arif 01 Punggur meningkatkan keterampilan membaca mereka, penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan (RND) berdasarkan model Borg dan Gall untuk membuat media kartu flash. Namun, ada tujuh tahap pengembangan produk yang harus dikerjakan oleh para peneliti: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan desain, uji lapangan awal, revisi hasil uji lapangan terbatas, uji lapangan utama, dan revisi hasil uji lapangan luas. Ini semua karena para peneliti memiliki keterbatasan. Penelitian ini menemukan bahwa media flashcard dimensional memenuhi persyaratan "Layak" pada tingkat kelayakan 77%, menurut para ahli materi. Sementara itu, "Sangat Layak" adalah kriteria yang digunakan oleh spesialis media untuk memvalidasi media flashcard, dan hasilnya adalah 100%. Hasil tes kemampuan membaca menunjukkan bahwa setelah menggunakan flashcard, siswa meningkatkan keterampilan membaca mereka hingga tingkat penyelesaian 61%, memenuhi tingkat kinerja "baik". Sementara itu, melihat persentase penyelesaian indikator, kita dapat melihat bahwa dari 8 indikasi membaca, 5 indikator (angka 1-5) ditandai sebagai "cukup baik," sementara 3 indikator (angka 6-8) ditandai sebagai "Baik." Dari sini, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas satu MI Ma'arif 01 Punggur akan mendapat manfaat dari penggunaan flashcard sebagai sarana pengajaran alternatif untuk mengasah kemampuan membaca mereka

Downloads

Published

2025-04-15

How to Cite

azizah, A. N., Mahmudah, M., & Fadilah, L. (2025). A Pengembangan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas I di MI Ma’arif 01 Punggur. Jurnal Teknologi Pembelajaran, 50–63. Retrieved from https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/jtep/article/view/5656

Issue

Section

Articles