pengembangan media papan susun kata untuk pemelajaran kemampuan membaca siswa kelas 1 MI Quran Dayamurni
Keywords:
media pembelajaran, pengenalan huruf, media papan susun kataAbstract
Penenlitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran papan susun kata agar peserta didik menjadi lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Media papan susun kata ini memiliki keunggulan dalam tampilan yang membuat siswa akan lebih responsif dalam menikuti kegiatan mengenal huruf dan memahami materi yang disampaikan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian R&D ( Reasearch And Development ) dengan desain pengembangan Borg And Gall. Langkah-langkah pengembangan tersebut meliputi tahapan penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, penngembangan desain, uji lapangan awal, revisi hasil uji lapangan terbatas, uji lapangan utama, dan revisi hasil uji lapangan luas. Karena peneliti memiliki keterbatasan dalam penelitian maka media papan susun kata memiliki dimensional memenuhi persyaratan “layak” pada tingkat kelayakan 75% menurut para ahli materi, sementara itu 100% dari ahli materi, dan hasil tes kemampuan membaca dari media papan susun kata mencapai 60% yang dalam arti “baik” dan respon siswa dikelas mencapai 80% yang menunjukan bahwa siswa kelas 1 Mi Qur’an Dayamurni mendapatkan mamfaat dari media papan susun kata yang menjadi alternatif belajar pengenalan huruf.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 septi riyantini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.