Pengembangan Media Triplek Menjadi Tabung Bola Warna Untuk Melatih Motorik Halus Anak Usia Dini Di Tk Al-Barokah

Authors

  • Sumiati Dewi Universitas Ma'arif Lampung
  • Agus Setiawan Universitas Ma'arif Lampung
  • Leli Fertiliana Dea Universitas Ma'arif Lampung

Keywords:

Media Pembelajaran, Papapm Bola Tabung, Motorik Halus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif dari bahan triplek yang dimodifikasi menjadi tabung bola warna sebagai sarana untuk melatih motorik halus anak usia dini di TK Al-Barokah. Pengembangan media ini dilatarbelakangi oleh pentingnya stimulasi motorik halus pada masa golden age, di mana anak-anak berada dalam tahap perkembangan optimal yang memerlukan aktivitas yang mendukung koordinasi tangan dan mata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, hingga uji coba penggunaan.

Hasil validasi ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media tabung bola warna ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Uji coba terbatas kepada anak-anak kelompok B menunjukkan peningkatan kemampuan motorik halus, seperti mencubit, menjepit, memasukkan bola ke dalam tabung, dan koordinasi tangan-mata. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif, media ini efektif dan menarik digunakan dalam kegiatan belajar anak usia dini. Kesimpulannya, media pembelajaran berbasis triplek yang dikembangkan menjadi tabung bola warna dapat dijadikan alternatif alat bantu edukatif yang mampu mendukung pengembangan aspek motorik halus anak secara optimal.

Published

2025-08-26

How to Cite

Dewi, S., Setiawan, A., & Dea, L. F. (2025). Pengembangan Media Triplek Menjadi Tabung Bola Warna Untuk Melatih Motorik Halus Anak Usia Dini Di Tk Al-Barokah. Jurnal Teknologi Pembelajaran. Retrieved from https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/jtep/article/view/6592

Issue

Section

Articles