Implementasi Teori Vygotsky Melalui Teka-Teki Silang pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Jati Widi Tinawa Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bambang Agus Sulistyono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Samijo Samijo Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Berpikir kritis, scaffolding, teka-teki silang, teori vygotsky

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan teori vygotsky melalui media teka-teki silang pada materi perpangkatan dan akar guna meningkatkan berpikir kritis siswa. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kepung yang terletak di Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Sampel yang digunakan adalah 34 siswa dari kelas VIII-A pada tahun ajaran 2024/2025. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS Version 26 menggunakan uji statistik Paired Sample T-Test. Teori vygotsky menekankan adanya interaksi sosial dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan konsep Zone of Proximal Development (ZPD) dan scaffolding. Dalam hal tersebut, siswa dibantu untuk mencapai pemahaman materi melalui bimbingan atau arahan dari guru dan teman sebaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran berbasis teori vygotsky melalui penggunaan media teka-teki silang terbukti efektif mampu meningkatkan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika, khususnya materi perpangkatan dan akar. Dalam hal tersebut, siswa terlibat aktif saat berdiskusi dengan teman sebaya dalam menyelesaikan permasalahan secara bertahap dengan baik. Selain itu, penggunaan media belajar teka-teki silang memiliki peran penting dalam menciptakan suasana belajar yang interaktif dan kreatif.

Published

2025-06-25

How to Cite

Tinawa, J. W., Sulistyono, B. A., & Samijo, S. (2025). Implementasi Teori Vygotsky Melalui Teka-Teki Silang pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1). Retrieved from https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/6157

Issue

Section

Artikel Pendidikan Matematika