Pendampingan Pembelajaran Tajwid Dasar Pada Santri Baru Pondok Pesantren Wali Songo Sukajadi
DOI:
https://doi.org/10.25217/wisanggeni.v3i1.4340Keywords:
Kata Kunci:Al-Qur’an, Ilmu Tajwid, PembelajaranAbstract
Pendampingan dilaksanakan dengan santri Pondok Pesantren Wali Songo Sukajadi sebagai objek dalam pelaksanaan pengabdian dengan tujuan memberikan pengetahuan berupa ilmu tajwid dasar yang bermanfaat atau membantu mempermudah santri dalam membaca serta menghafalkan Al-Qur’an. Pendampingan ini mengambil program pembelajaran atau penyuluhan dalam penerapan ilmu tajwid dalam mengembangkan bacaan Al-Qur’an yang baik dan benar. Metode yang digunakan yaitu penyuluhan dengan memberikan edukasi kepada para santri baru mengenai tata cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid. Pendampingan ini dapat meningkatkan pengetahuan santri baru tentang tata cara membaca Al-Quran dan diharapkan dapat diamalkan dalam kegiatan sehari-hari. Kegiatan ini dilakukan secara langsung di Pondok Pesantren Wali Songo Sukajadi. Terdapat beberapa pendampingan pengabdian tentang pengabdian pembelajaran tajwid salah satunya adalah nama pengabdian yang dilakukan oleh Adiva Syaifullah, Farah Maulida Rahmah, Fathatus Salamah dan Triana Srisantyorini yang diterbitkan pada tahun 2020.
References
Assya’bani, R., Sari, A., Hafizah, E., Hasanah, F., & Marniyah, M. (2021). Pembelajaran Tajwid Dan Tahsin Al-Qur’an Dengan Metode Qira’Ati Di Rumah Belajar Mahasiswa Kkn Desa Hambuku Hulu. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1. https://doi.org/10.35931/ak.v1i1.697
Himayaturohmah. (2019). Scientific Approach in Creating Educative Interactions on Education and Training Program : Study on Education and Training Program of Learning Models in Bekasi City. Jurnal Dialog, 42(1), 1–124.
Ishak, I. B., Ibrahim, F. W., & Mohamed, S. (2020). Memperkasa Generasi Penghafaz Al Quran (Issue August).
Muhammad, H., & Al Mu’min, Y. T. (2021). Pendampingan Belajar Anak-Anak Membaca Al–Qur’an Dengan Ilmu Tajwid Di Desa Ratu Jaya Kabupaten Lampung Utara. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 123. https://doi.org/10.32332/d.v3i2.3631
Syaifullah, A., Rahmah, F. M., Salamah, F., & Srisantyorini, T. (2021). Penerapan Ilmu Tajwid dalam Pembelajaran Al-Qur’an untuk Mengembangkan Bacaan Al-Qur’an. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Website: Http://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Semnaskat, 1–4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ajeng khori, Badarudin, Mahmud Sahroni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.