Praktek Pengembangan Kurikulum di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.25217/wisanggeni.v5i1.6261Keywords:
Curriculum, education, Curriculum developmentAbstract
Indonesia ini adalah untuk melihat dan menganalisa pengembangan kurikulum yang terjadi di Indonesia sebagai upaya untuk mengembangkan kurikulum pendidikan, khususnya dalam satuan pendidikan atau sebuah lembaga pendidikan. Metode penelitian yang penulis gunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif kajian pustaka (library research). Objek kajian terletak pada sejarah dan praktik pengembangan kurikulum di Indonesia. Harapan dari penelitian ini adalah kesadaran akan pentingnya pengembangan kurikulum pendidikan yang harus dilaksanakan oleh satuan pendidikan di era Kurikulum Merdeka. Pengembangan kurikulum pendidikan harus didasarkan pada aspek sosial kemasyarakatan dan beberapa faktor yang mempengaruhinya tanpa mengesampingkan hal-hal yang berkaitan dengan proses pengembangan kurikulum pendidikan. Harapannya, proses pendidikan dalam satuan pendidikan dapat terlaksana secara baik untuk mewujudkan manusia yang berkualitas dan dapat mengikuti arus perkembangan globalisasi
References
Amon, L., & Rajib Bustami, M. (2021). Implementation of School-Based Management in Curriculum and Learning Processes: a Literatur Review. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah (Dikdasmen), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31960/dikdasmen-v1i1-1060
Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61
Diah Rusmala Dewi. (2019). Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Dalam Menghadapi Tuntutan Abad Ke-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1–22. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.123
Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Islamika, 1(2), 35–48. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.193
Hafizah, N., & Madani, S. H. (2025). Macam-macam Konsep Kurikulum. 5.
Kartika, I. M. (2010). Kurikulum-1.Pdf. Denpasar: FKIP Universitas Dwijendra Denpasar, Nd, 1–7. https://scholar.google.com/citations?user=BV1LoYgAAAAJ&hl=en&oi=sra
Membuat, K., Dari, B., Perca, K., Fibriyani, V., Zulfarosda, R., & Lujeng, I. (2023). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan. 2(8), 950–955. https://www.researchgate.net/profile/Fatona-Suraya-2/publication/342845758_PELATIHAN_ENGLISH_TEACHING_INSTRUCTION_E-SPORTS-C_DI_FAKULTAS_ILMU_KEOLAHRAGAAN_UNIVERSITAS_NEGERI_SEMARANG/links/60f020610859317dbde3803c/PELATIHAN-ENGLISH-TEACHING-INSTRUCTION-E-
Nur Ahid. (2017). Konsep Dan Teori Kurikulum Dalam Dunia Pendidikan. Islamica, 1(1), 36–37.
Priyadi, M. S., Rachmatia, M., Al Hadi, I. A., & Suhariyanti, M. (2024). Kendala Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Griya Cendikia, 9(1), 114–121. https://doi.org/10.47637/griyacendikia.v9i1.1094
Ripandi, A. J. (2023). Hakikat Kurikulum Dalam Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(2), 123–133. https://doi.org/10.62214/jayu.v1i2.129
Rohim, M., & Muadin, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pendekatan Humanistik, Subjek Akademik Dan Rekonstruksi Sosial. Jurnal Pendas Mahakam, 8(2), 202–208.
Safarudin, L. O. M., & Rusman, R. (2022). Model Implementasi Kurikulum Ornstein dan Hunkins: (Modernisme dan Postmodernisme). Inovasi Kurikulum, 18(2), 141–156. https://doi.org/10.17509/jik.v18i2.36396
Soleman, N. (2020). Dinamika Perkembangan Kurikulum di Indonesia. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 12(1), 1. https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v12i1.228
Sulfemi, W. B. (2018). Manajemen Kurikulum di Sekolah. STKIP Muhammadiyah Bogor, 3. https://osf.io/preprints/inarxiv/9a7yr
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nursalim Indrayani, Sari Hermawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.