Praktek Pengembangan Kurikulum di Indonesia

Authors

  • Nursalim Indrayani Universitas Wahid Hasyim Semarang, Indonesia
  • Sari Hermawati Universitas Wahid Hasyim Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25217/wisanggeni.v5i1.6261

Keywords:

Curriculum, education, Curriculum development

Abstract

Indonesia ini adalah untuk melihat dan menganalisa pengembangan kurikulum yang terjadi di Indonesia sebagai upaya untuk mengembangkan kurikulum pendidikan, khususnya dalam satuan pendidikan atau sebuah lembaga pendidikan. Metode penelitian yang penulis gunakan untuk penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif kajian pustaka (library research). Objek kajian terletak pada sejarah dan praktik pengembangan kurikulum di Indonesia. Harapan dari penelitian ini adalah kesadaran akan pentingnya pengembangan kurikulum pendidikan yang harus dilaksanakan oleh satuan pendidikan di era Kurikulum Merdeka. Pengembangan kurikulum pendidikan harus didasarkan pada aspek sosial kemasyarakatan dan beberapa faktor yang mempengaruhinya tanpa mengesampingkan hal-hal yang berkaitan dengan proses pengembangan kurikulum pendidikan. Harapannya, proses pendidikan dalam satuan pendidikan dapat terlaksana secara baik untuk mewujudkan manusia yang berkualitas dan dapat mengikuti arus perkembangan globalisasi

References

Amon, L., & Rajib Bustami, M. (2021). Implementation of School-Based Management in Curriculum and Learning Processes: a Literatur Review. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah (Dikdasmen), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31960/dikdasmen-v1i1-1060

Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61

Diah Rusmala Dewi. (2019). Pengembangan Kurikulum Di Indonesia Dalam Menghadapi Tuntutan Abad Ke-21. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 1–22. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.123

Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Islamika, 1(2), 35–48. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.193

Hafizah, N., & Madani, S. H. (2025). Macam-macam Konsep Kurikulum. 5.

Kartika, I. M. (2010). Kurikulum-1.Pdf. Denpasar: FKIP Universitas Dwijendra Denpasar, Nd, 1–7. https://scholar.google.com/citations?user=BV1LoYgAAAAJ&hl=en&oi=sra

Membuat, K., Dari, B., Perca, K., Fibriyani, V., Zulfarosda, R., & Lujeng, I. (2023). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Melalui Pelatihan. 2(8), 950–955. https://www.researchgate.net/profile/Fatona-Suraya-2/publication/342845758_PELATIHAN_ENGLISH_TEACHING_INSTRUCTION_E-SPORTS-C_DI_FAKULTAS_ILMU_KEOLAHRAGAAN_UNIVERSITAS_NEGERI_SEMARANG/links/60f020610859317dbde3803c/PELATIHAN-ENGLISH-TEACHING-INSTRUCTION-E-

Nur Ahid. (2017). Konsep Dan Teori Kurikulum Dalam Dunia Pendidikan. Islamica, 1(1), 36–37.

Priyadi, M. S., Rachmatia, M., Al Hadi, I. A., & Suhariyanti, M. (2024). Kendala Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Griya Cendikia, 9(1), 114–121. https://doi.org/10.47637/griyacendikia.v9i1.1094

Ripandi, A. J. (2023). Hakikat Kurikulum Dalam Pendidikan. Jurnal Al Wahyu, 1(2), 123–133. https://doi.org/10.62214/jayu.v1i2.129

Rohim, M., & Muadin, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pendekatan Humanistik, Subjek Akademik Dan Rekonstruksi Sosial. Jurnal Pendas Mahakam, 8(2), 202–208.

Safarudin, L. O. M., & Rusman, R. (2022). Model Implementasi Kurikulum Ornstein dan Hunkins: (Modernisme dan Postmodernisme). Inovasi Kurikulum, 18(2), 141–156. https://doi.org/10.17509/jik.v18i2.36396

Soleman, N. (2020). Dinamika Perkembangan Kurikulum di Indonesia. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 12(1), 1. https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v12i1.228

Sulfemi, W. B. (2018). Manajemen Kurikulum di Sekolah. STKIP Muhammadiyah Bogor, 3. https://osf.io/preprints/inarxiv/9a7yr

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Indrayani, N., & Sari Hermawati. (2025). Praktek Pengembangan Kurikulum di Indonesia. Wisanggeni: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 81–93. https://doi.org/10.25217/wisanggeni.v5i1.6261