Pelatihan Teknologi Smart farming untuk Peningkatan Produktivitas di Komunitas Kelompok Tani Hadimulyo

Authors

  • Tika Leoni Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITS NU) Lampung
  • Subandi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Suci Amalia Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITS NU) Lampung
  • Hensi Ayu Nur Alya Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITS NU) Lampung
  • Fadhila Umar Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama (ITS NU) Lampung

DOI:

https://doi.org/10.25217/wisanggeni.v2i1.6509

Keywords:

Kata kunci: pendidikan vokasional, keterampilan petani, agribisnis, pelatihan, Gedong Tataan

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas program pendidikan vokasional agribisnis dalam mengoptimalkan keterampilan praktis petani di daerah Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, pada tahun 2021. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari petani peserta pelatihan, fasilitator, dan pihak penyelenggara program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan vokasional mampu meningkatkan keterampilan petani secara signifikan, terutama dalam aspek teknik budidaya, pembuatan pupuk organik, pascapanen, dan pemasaran produk. Temuan juga mengungkap bahwa metode pembelajaran berbasis praktik (learning by doing) sangat efektif dalam membangun kapasitas petani. Meskipun demikian, masih terdapat kendala seperti keterbatasan fasilitas, rendahnya literasi digital, dan kurangnya pendampingan pascapelatihan. Oleh karena itu, keberlanjutan program dan dukungan multi-stakeholder menjadi kunci dalam pengembangan agribisnis petani di tingkat lokal. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kurikulum vokasional yang kontekstual serta integrasi teknologi dalam pelatihan petani ke depan.

References

Damanik, J. 2021. Regenerasi Petani dan Tantangan Sektor Pertanian Indonesia. Agro Media.

Kretzmann, J.P., and J.L. McKnight. 1993. Building Communities from the Inside Out: A Path Toward Finding and Mobilizing a Community’s Assets. ACTA Publications.

Mathie, A., and G. Cunningham. 2003. “From Clients to Citizens: Asset-Based Community Development as a Strategy for Community-Driven Development.” Development in Practice 13 (5): 474–86.

Nurtanto, M., H. Sofyan, P. Sudira, and H. Purnomo. 2020. “Development Model for Competency Improvement and National Certification in the Field of Agribusiness.” Journal of Education and Learning 14 (2): 167–76.

Rustiadi, E., S. Saefulhakim, and D.R. Panuju. 2018. Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. IPB Press.

Saragih, B. 2020. Transformasi Pertanian Menuju Pertanian Modern. Gramedia.

Subejo. 2017. “Pendidikan Vokasional untuk Pengembangan SDM Pertanian.” Jurnal Penyuluhan Pertanian 12 (2): 85–93.

Supriyanto, E., and A. Widodo. 2020. “Pendekatan Partisipatif dalam Pengembangan Pertanian Berkelanjutan.” Jurnal Agribisnis dan Pemberdayaan Masyarakat 5 (1): 30–42.

Sutrisno, H. 2020. Pemberdayaan petani berbasis kearifan lokal: Pendekatan sosio-agribisnis. Gadjah Mada University Press.

Downloads

Published

2022-09-02

How to Cite

Tika Leoni, Subandi, Suci Amalia, Hensi Ayu Nur Alya, & Fadhila Umar. (2022). Pelatihan Teknologi Smart farming untuk Peningkatan Produktivitas di Komunitas Kelompok Tani Hadimulyo. Wisanggeni: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 64–76. https://doi.org/10.25217/wisanggeni.v2i1.6509