Application of Theory Operant Conditioning BF Skinner's in PAI Learning
Penerapan Teori Operant Conditioning B.F Skinner Dalam Pembelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.25217/cie.v1i2.1602Keywords:
Aplication, Operant Conditioning, PAI learningAbstract
Peningkatan mutu pendidikan perlu ditingkatkan agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Oleh karena itu, diperlukan landasan teori yang sesuai untuk pembelajaran guna mencapai tujuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui teori Behaviorisme Operant Conditioning oleh BF Skinner, yang kemudian dirumuskan dalam aplikasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pembahasan dalam makalah ini adalah tentang teori BF Skinner, penerapannya dalam pembelajaran, dan contoh penerapannya dalam pembelajaran pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan, yaitu dengan menelaah kepustakaan yang berkaitan dengan penelitian. Setelah data diperoleh, penulis memaparkan teori Operant Conditionig oleh BF Skinner, kemudian merumuskannya ke dalam proses pembelajaran PAI. Hasil dari penelitian ini adalah perubahan tingkah laku manusia dipengaruhi oleh lingkungan luar, pengaruh ini untuk memberikan stimulus atau rangsangan. Skinner membagi rangsangan tersebut menjadi beberapa bagian, antara lain penguatan positif, penguatan negatif, dan hukuman. Skinner menekankan penerapan penguatan atau penguatan positif (reward) dan menghindari hukuman. Penerapan teori Skinner dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah dengan memberikan stimulus penguatan positif dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
References
Baedowi, S. (2014). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pendekatan Behavioral Model Operant Conditioning. Jurnal Tarbawi, 2(2), 99-107. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v11i2.218
Haetami, M., & Hidasari, F. P. Penerapan Operant Conditioning dan Reinforcement terhadap hasil Belajar Passing Dalam Permainan Sepak Bola. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(3), 1-13. Google Scholar
Majid, A., Ag, S., & Pd, M. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Google Scholar
Mirwanto, M. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial Terhadap Keterampilan Dasar dalam Melakukan Praktikum Fisika Pada Materi Pipa Organa Tertutup Siswa Kelas XI IPA 1 dan Kelas XI IPA 2 SMAN 1 Mambi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). Google Scholar
Mustaqim, M. (2016). Paradigma Perilaku Sosial Dengan pendekatan Behavioristik (Telaah Atas Teori Burrhusm Frederic Skinner). Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 10(2), 503-513. Google Scholar
Pambudi, S., Hoiriyah, N., & Kalijaga, S. Penerapan Teori Operant Conditioning Bf Skinner dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah. Google Scholar
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. Google Scholar
Puspita, V. G. (2013). Pengaruh Penerapan Teori Operant Conditioning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Bahasa Jepang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang). Google Scholar
Siregar, M. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter. Yogyakarta: Pascasarjana FITK UIN Sunan Kalijaga. Google Scholar
Sugiyono, M. P. P., & Kuantitatif, P. (2009). Kualitatif, dan R&D, Cet. VII, Bandung: Alfabeta. Google Scholar
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media. Google Scholar