Author Guidelines

Author Guidelines

Pedoman Penulisan Artikel

 

  1. Artikel adalah karya orisinal dan belum pernah dipublikasikan dalam satu terbitan jurnal berkala. Topik tulisan sesuai dengan lingkup kajian jurnal, yaitu studi tentang Pendidikan Agama Islam atau Pendidikan Islam.
  2. Artikel dapat berupa hasil penelitian lapangan atau literatur dan dapat berupa kajian dari sebuah refleksi pemikiran.
  3. Artikel hasil penelitian harus menyertakan: judul, nama dan identitas penulis, abstrak berbahasa Indonesia dan Inggris/Arab (150-200 kata), kata kunci/ keyword (2-10 kata), pendahuluan, rumusan masalah, metode penelitian, hasil penelitian dan pembahasan, penutup, dan referensi.
  4. Artikel hasil kajian pemikiran harus menyertakan: judul, nama dan identitas penulis, abstrak berbahasa Indonesia dan Inggris/Arab (150-200 kata), kata kunci/ keyword (2-10 kata), pendahuluan, pembahasan tema, penutup dan referensi.
  5. Artikel ditulis spasi 1,15 dalam jumlah halaman 10-15  dan diketik  menggunakan program Microsoft Word, Kertas A4 dan Jenis font Calibri (body) tegak, ukuran font 12pt dan spasi 1,15.
  6. Pengutipan/ perujukan dan referensi dalam tulisan menggunakan model footnote dengan gaya The Chicago Manual of Style (full note). Untuk menjaga konsistensi pengacuan, pengutipan dan daftar pesaka diutamakan mengunakan aplikasi Reference Manager seperti Zotero, Mendeley, atau aplikasi lainya.
  7. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang memenuhi kaidah-kaidah penulisan yang baik dan benar.
  8. Substansinya asli atau bebas dari fabrikasi, falsifikasi plagiarisme, duplikasi, fragmentasi dan pelanggaran hak cipta.
  9. Pedoman Transliterasi Latin-Arab hasil keputusan bersama antara Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2003. Adapun pedoman transliterasinya adalah:  (Pedoman Transliterasi)