Kajian Fenomenologi Ghasab Santri di Pondok Pesantren Sunan Kudus Mengandung Sari Kabupaten Lampung Timur

Authors

  • Yuska Yuska Universitas Ma'arif Lampung, Indonesia
  • Hernisawati Hernisawati Universitas Ma'arif Lampung, Indonesia
  • M. Sayyidul Abrori

DOI:

https://doi.org/10.25217/jcie.v4i2.4544

Keywords:

fenomena ghasab santri, Pondok Pesantren

Abstract

Penelitian tersebut mendalami terjadinya ghasab di kalangan santri di Pondok Pesantren Sunan Kudus yang merangkum wilayah Kabupaten Lampung Timur. Dengan menggunakan metodologi penelitian lapangan, penelitian ini menggunakan triangulasi dalam pengumpulan data (terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi). Subyek penelitiannya adalah kyai, ustad, dan santri di Pondok Pesantren Sunan Kudus yang terletak di Kecamatan Sari Kabupaten Lampung Timur. Temuan penelitian ini mengungkapkan:  (1 Kajian terhadap peristiwa Ghasab Santri di Pondok Pesantren Sunan Kudus didekati dari sudut pandang sosio-fenomenologis. (2 Mengidentifikasi faktor-faktor penentu yang mendorong santri melakukan ghasab. (3 Menganalisis faktor-faktor psikologis, agama, dan ideologi yang menjadi penyebab santri melakukan ghasab. Teknik pengumpulan data meliputi perolehan data empiris melalui observasi langsung, wawancara terstruktur, dan penelitian kearsipan Kredibilitas data dijamin melalui pemanfaatan metodologi triangulasi sumber dan triangulasi data. Analisis data melibatkan proses sistematis seperti pemilihan data, kategorisasi, segmentasi untuk pemrosesan, pengenalan pola, dan penentuan area untuk elaborasi. Metode yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi temuan. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa para siswa menganggap ghasab sebagai hal yang tidak penting dan terkadang bahkan tidak berbahaya, karena mereka akrab satu sama lain dan memiliki rasa saling percaya dan ketulusan.

References

Abrori, M. S., & Hadi, M. S. (2020). Integral Values in Madrasah: to Foster Community Trust in Education. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 160-178. http://dx.doi.org/10.24269/ijpi.v5i2.2736

Abrori, M. S., Mispani, M., Setiawan, D., & Khodijah, K. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah (ASWAJA) Dalam Pembelajaran Ke-NU-An di MTS Darussalam Kademangan Blitar. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(1), 45-58. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i1.4785

Al-Qur’an dan terjemahannya. (2008). Departemen Agama RI. Bandung: CV. Diponogoro.

A’la, Abdul.   (2006)   Pembaharuan   Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Aminatuzzuhriyah. (2010). Kenakalan Remaja Di Pondok Pesantren (Studi Deskriptif Tentang Persepsi Kenakalan Remaja Bagi Santri , Alasan dan Bentuk-Bentuk Kenakalan Remaja).

Anton M. Moeliono, dkk., Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta : Erlangga, 1992): 257. http://repository.radenintan.ac.id/17691/

Asnawi, Y. H., Soetarto, E., Damanhuri, D. S., & Sunito, S. (2012). Catabolism of Space and utilization of community as A Survival Strategy of Pesantren.

Dadan Sumara, Sahadi Hemaedi, Meilanny Budiarty Santoso, “Kenakalan Remaja Dan Penanganannya", Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4.2 (2017), 346–53. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1217836

Departemen Pendidikan   dan   Kebudayaan.   (1990). Kamus   Besar   Bahasa   Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Henny Susanti, M Si, and Universitas Sumatera Utara,"Fungsi Ikatan persaudaraan Muslim Socfindo (Ipms) Dalam Membangun Hubungan Sosial Dengan Masyarakat Sekitar", Paradigma, 3.1 (2015), 75–89. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/19449

Hasan, (2006). Tarjamah Bulugul Maram. Cet. XXVII. Bandung: CV. Diponogoro.

Horton Paul, Hunt C.L. (1984). Sociology. Six Edition. Jakarta: Erlangga.

Khaulani, A. T. (2015). Ghasab Di Pondok Pesantren Daarun Najaah (Tinjauan Pendidikan Akhlak). https://core.ac.uk/download/pdf/45434613.pdf

Khoiriyah, K. (2014). Perilaku Gasab Di Pondok Pesantren (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta), 70–73. https://ejournal.upi.edu/index.php/sosietas/article/view/12501

Mulyani, Lena. (2012). Peran Pondok Pesantren Dalam Membina Perilaku Santri Yang Berwatak Terpelajar Dan Islami. Bandung. https://repository.upi.edu/4512/

Muhammad Bin Qosim Al-Ghozi, Syarah Fathul Qorib, Terj. Imron Abu Amar (Kudus: Menara Kudus, 1982), 283. http://repository.radenintan.ac.id/17691/

Muin, Idianto. (2006). Sosiologi SMA Untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Mushodiq, M. A., Wahyudi, W., Muslimin, A., Setiawan, D., Abrori, M. S., & Anwar, S. (2023). Curses and Rituals as Antidotes: The Significance of Offerings in Dreadlocks Cutting Ritual for Santri. Jurnal Penelitian, 185-200. https://doi.org/10.28918/jupe.v20i2.1926

Narwoko, J. Dwi dan Suyanto. (2010). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan edisi ketiga. Jakarta: Prenada Media Group. http://library.stik-ptik.ac.id/detail?id=50216&lokasi=lokal

Noor Hafidhoh, "Pendidikan Islam Di Pesantren Antara Tradisi" , Muabbid, http://repository.radenintan.ac.id/17691/

Raindi, Adi Bakti. (2007). Pola Pembinaan Pesantren Daar Al-Taubah terhadap Akhlak Wanita Tuna Susila. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. https://repository.upi.edu/106341/

Wiranata, R. R. S., Maragustam, M., & Abrori, M. S. (2021). Filsafat Pragmatisme: Meninjau Ulang Inovasi Pendidikan Islam. Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 110-133. https://doi.org/10.21274/taalum.2021.9.1.110-133

Sarwati, “Lurah Putri Pondok Pesantren Sunan Kudus, Lampung Timur”, Wawancara, September 27, 2023

Setiadi, Elly Malihah dan Usman Kolip. (2013). Pengantar Sosiologi. Pemahaman Fakta Dan Gejala Permasalahan Sosiao: Teori, Aplikasi Dan Pemecahannya. Bandung: Kencana Prenada Media Group. http://library.stik-ptik.ac.id/detail?id=50144&lokasi=lokal

Suharti, N. (2011). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Karakter dan Mencegah Munculnya Perilaku Menyimpang di Kalangan Siswa. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Schleicher, A. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretations. In OECD.

Sutisna, U., Elkarimah, M. F., & Asma, F. R. (2020). Pengembangan kompetensi profesional guru PAI melalui pemanfaatan teknologi informasi. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 9–14. https://doi.org/10.29408/ab.v1i2.2629

Syaikh Zainuddin „Abdul „Aziz Al-Malibary, Syarah Fathul Mu‟in bi Syahril Qurrotil Aini, Terj. Aliy As‟ad (Yogyakarta:Menara Kudus, 1979), 320

Syekh Al-Imamm Al-Alim Al-Allamah Syamsuddin Abu Abdilah Muhammad bin Qosim Asy- Syafi‟i, Fat-hul Qorib, Terj. Oleh Imron Abu Amar (Menara Kudus, 1982), 284

Tanudjaya, C. P., & Doorman, M. (2020). Examining Higher Order Thinking in Indonesian Lower. Journal on Mathematics Education, 11(2), 277–300.

Tanudjaya, C. P., Doorman, M., & Matematika, A. (2020). Machine Translated by Google Meneliti Higher Order Thinking Pada Bahasa Indonesia Rendah Ruang Kelas Matematika Sekunder Machine Translated by Google. 11(2), 277–300.

Taubah, M. (2019). Penilaian HOTS dan Penerapannya di SD/MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 7(2), 197. https://doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6368

Tozer, B. C. (2022). Understanding High School Teachers ’ Perceived Discouragements to use Social Media Communication Technologies as a Pedagogical Tool to Improve Future Technology Integration Initiatives. 8, 259–281.

Vembiarto,    St.    (1991).     Pathologi     Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.

Wahyudi, I. (2008). Budaya Ghasab Di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Muhsin Condong Catur, Depok, Sleman (Tinjauan Pendidikan Akhlak). https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2380/

Wahyuni, Niniek Sri K. (2007). Manusia dan Masyarakat. Jakarta: Ganeca Exact.Pertama, D. S. M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Soal HOTS. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/meningkatkan-kemampuan-berpikir-kritis-melalui-soal-hots/

Wu, H. (2021). Multimedia Interaction-Based Computer-Aided Translation Technology in Applied English Teaching. Mobile Information Systems, 2021. https://doi.org/10.1155/2021/5578476

Yus, A. (2018). Konsep Asesmen, Evaluasi dan Kaitannya dengan Pembelajaran. Pustaka.Ut.Ac.Id, 1–19.

Zulfiani, Suwarna, I. P., & Sumantri, M. F. (2020). Science adaptive assessment tool: Kolb’s learning style profile and student’s higher order thinking skill level. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 194–207. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.23840

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Yuska, Y., Hernisawati, H., & M. Sayyidul Abrori. (2024). Kajian Fenomenologi Ghasab Santri di Pondok Pesantren Sunan Kudus Mengandung Sari Kabupaten Lampung Timur. Journal of Contemporary Islamic Education, 4(2), 260–279. https://doi.org/10.25217/jcie.v4i2.4544