Dynamics of Motivation in PAI Learning Study of McClelland's Theory of Motivation and Its Application in Improving Student Achievement
DOI:
https://doi.org/10.25217/jcie.v4i2.4585Keywords:
Motivasi, Pembelajaran PAI, McClelland, Prestasi SiswaAbstract
Motivasi belajar merupakan faktor kunci dalam mencapai prestasi belajar siswa, khususnya pada pembelajaran PAI yang memiliki peran penting dalam pembentukan nilai-nilai moral dan spiritual siswa. Akan tetapi, motivasi siswa pada saat proses pembelajaran sering mengalami masalah sehingga membuat siswa tidak mempunyai gairah untuk belajar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan kajian pustaka. Analisis data dilakukan dengan mengidentifikasi pola-pola motivasi siswa berdasarkan motivasi-motivasi yang diajukan oleh teori motivasi McClelland. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi prestasi, kekuasaan, dan afiliasi memainkan peran yang berbeda dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran PAI. Motivasi prestasi memberikan dorongan untuk mencapai prestasi akademik yang tinggi, motivasi kekuasaan mempengaruhi siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan kelompok di kelas, sedangkan motivasi afiliasi mengarahkan siswa untuk menjalin hubungan yang baik dengan teman kelas dan guru. Implikasi dari penelitian ini adalah penerapan teori motivasi McCelland dapat meningkatkan strategi pembelajaran PAI. Guru dapat merancang pendekatan yang sesuai dengan motivasi siswa, seperti memberikan tantangan bagi siswa, mendorong kolaborasi, dan memberikan tanggung jawab. Namun perlu diketahui bahwa faktor-faktor lain seperti budaya, lingkungan, karakteristik materi pembelajaran juga berkontribusi terhadap motivasi belajar PAI. Penelitian ini memberikan pandangan tentang motivasi belajar PAI dan memberikan dasar bagi pendidikan untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan inklusif.
References
Akhsan, A., Muhammadiyah, A., & Situbondo, U. I. (2022). Analisis terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Arab di MTs-NU al-Islamiyah Asembagus Menurut Teori McClelland. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 132–138.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Ani Jailani, Chaerul Rochman, N. N. (2019). Peran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter jujur pada siswa. Al-Tadzkiyyah, 10(2), 257–264.
Ayu Desy N. Endah Lulup T P. dan Suharsono Naswan. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Spiritual Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Ekonomi, 4(1), 4.
Biatun, N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar PAI di MIN 3 Bantul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2), 253–258. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.52-11
Danandjaja, J. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. In Antropologi Indonesia (Vol. 0, Issue 52). https://doi.org/10.7454/ai.v0i52.3318
Fathurrohman, R., Arif, M., & Sirait, S. (2023). Concept and Implementation of Islamic Education in Islamic Education Institutions in Indonesia. DAYAH: Journal of Islamic Education, 6(1), 114–129. https://doi.org/10.22373/jie.v6i1.16356
Fathurrohman, R., Tri Astuti Rahmah, E., & Prastowo, A. (2023). Learning Assessment Techniques for Islamic Religious Education Curriculum 2013. Journal of Islamic Education Research, 4(01). https://doi.org/10.35719/jier.v4i1.296
Gafarurrozi, M. (2023). Problem Finding dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(2), 65–78. https://doi.org/10.53515/tdjpai.v3i2.64
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Ichi, I. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 1(1), 28–31. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i1.2032
Julyanti, E. (2021). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 7(1), 7–11. https://doi.org/10.36987/jpms.v7i1.1942
Lidia Lomu, S. A. W. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 745–751.
Meisya Aziti, T. (2019). Pengaruh Motivasi Kekuasaan, Motivasi Afiliasi, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt X. Manners, II(2), 71–82.
Mirdanda, A. (2018). Motivasi berprestasi & disiplin peserta didik serta hubungannya dengan hasil belajar. Yudha English Gallery.
Muhammad Gafarurrozi, S. S. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru, Perhatian Orang Tua, dan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar qur’an Hadis. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 87–94. https://doi.org/10.15548/mrb.v4i1.2096
Muhasim. (2017). Pengaruh Tehnologi Digital , Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Palapa, 5(2), 53–77.
Nanang Hasan Susanto, C. L. (2018). Problematika Pendidikan Islam di Indonesia: Eksplorasi Teori Motivasi Abraham Maslow dan David McClelland. EDUKASIA ISLAMIKA Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 184–202.
Patonah, R. (2018). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Siswa (Survey Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta di Kota Banjar). Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi), 4(3), 281–288.
Priani, D. H. S., & Ismiyati. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, dan Ling-kungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 379–390. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.31621
Ratnasari, K., & Sholihah, Y. D. P. M. (2020). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Sosial Dalam Bermasyarakat. Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 2(11), 153–161. https://doi.org/10.37092/ej.v1i2.116
Ridha, M. (2020). Teori Motivasi Mcclelland dan Implikasinya dalam Pembelajaran PAI. Palapa, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.673
Ronald, L., & Pardee, R. L. (1990). Motivation Theories of Maslow , Herzberg , McGregor & McClelland A Literature Review of Selected Theories Dealing With Job Satisfaction and Motivation by.
Ruswandi, A., & Mahyani, A. (2022). Analisis Permasalahan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. … Islam, Law, and Society …, 1(1), 95–106. http://incoilsfdpdiktis2021.ac.id/index.php/incoils/article/view/27
Salarvand, S., Mousavi, M. S., & Rahimi, M. (2023). Communication and cooperation challenges in the online classroom in the COVID-19 era: a qualitative study [Desafíos de comunicación y cooperación en el aula virtual en la era COVID-19: un estudio cualitativo]. BMC Medical Education, 23(1), 201.
Samal, A. L., Yusuf, N., & Bolotio, R. (2021). Analisis Pengaruh Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Smk Islam Yapim Kota Manado. … Jurnal Pendidikan …. https://doi.org/10.30868/ei.v10i001.1823
Susanto, N. H. (2018). Mengurai problematika pendidikan nasional berbasis teori motivasi abraham maslow dan david mcclelland. Lembaran Ilmu Kependidikan, 47(1), 30–39.
Sutardi, S., & Sugiharsono, S. (2016). Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.8400
Wafiroh, L., Arifin, M., & Sholihah, H. (2019). Upaya Guru PAI Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa PAI Teacher Efforts to Increase Learning Motivation. 1429–1439.
Zed, M. (2023). Metode Penelitian Kepustakaan (Cetakan Ke). Yayasan Obor Indonesia.
Zul Andi Kurniadi, irina popoi, melizubaida mahmud. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4425
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Gafarurrozi, Rizal Fathurrohman, Wahyu Kholis Prihantoro, Hendri Sugianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.