KORELASI KEMANFAATAN ILMU DALAM KONTEKS GURU DAN MURID

Authors

  • Mohamad Ishak IAIM NU Metro
  • Nurul Fauziah IAIM NU Metro
  • Ahmad Lutfi IAIM NU Metro

DOI:

https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.5916

Keywords:

Hubungan Guru dan Murid, Ilmu Manfaat

Abstract

Artikel ini mengkaji korelasi kemanfaatan ilmu dalam konteks guru dan murid. Dalam pendidikan, hubungan ini memiliki dampak signifikan terhadap proses pembelajaran dan perkembangan karakter siswa. Output pembelajaran tidak hanya mengacu pada keberhasilan transfer ilmu, akan tetapi juga pada seberapa besar dampak yang dihasilkan dari sebuah ilmu yakni Kemanfaatan ilmu itu sendiri. Melalui pendekatan kualitatif, artikel ini mengeksplorasi bagaimana hubungan antara guru dan murid dapat membangun hubungan yang positif, serta dampak dari hubungan tersebut terhadap motivasi, prestasi akademik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemanfaatan ilmu sangat berkaitan dengan bagaimana seorang murid menjaga hubungan yang baik dengan gurunya, begitu juga sebaliknya.

References

Al-ghazali. Mutiara Ihya Ulumuddin. PT Mizan Pustaka, 2014.

Burhanuddin az-Zarnuji al-Hanafi. Ta’limul Muta’allim - Syeikh Burhanuddin az-Zarnuji al-Hanafi. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2002. http://archive.org/details/talimul-mutaallim-syeikh-burhanuddin-az-zarnuji-al-hanafi.

Imam Abu Hamid Muhammad al-Ghazali, and Sayyid Alwi Abu Bakar Muhammad Assegaf. AYYUHAL WALAD – Dar Al Kutub Al Islamiyah. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1997. https://dkislamiyah.co.id/product/ayyuhal-walad-%EF%BA%83%EF%BB%B3%EF%BB%AC%EF%BA%8E-%EF%BA%8D%EF%BB%9F%EF%BB%AE%EF%BB%9F%EF%BA%AA/?srsltid=AfmBOorIEdJ4krlhu2jPnr1m-EVNwcxG4M1Rm2OvTm36oZ5rE3po6tKk.

Pranoto, Suhartono W. Ki Hajar Dewantara, pemikiran dan perjuangannya. Museum Kebangkitan Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Downloads

Published

2025-05-21

How to Cite

Mohamad Ishak, Nurul Fauziah, & Ahmad Lutfi. (2025). KORELASI KEMANFAATAN ILMU DALAM KONTEKS GURU DAN MURID. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 6(2). https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.5916