KORELASI KEMANFAATAN ILMU DALAM KONTEKS GURU DAN MURID
DOI:
https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.6010Keywords:
Ilmu Manfaat, Hubungan Guru dan MuridAbstract
Artikel ini mengkaji korelasi kemanfaatan ilmu dalam konteks guru dan murid. Dalam pendidikan, hubungan ini memiliki dampak signifikan terhadap proses pembelajaran dan perkembangan karakter siswa. Output pembelajaran tidak hanya mengacu pada keberhasilan transfer ilmu, akan tetapi juga pada seberapa besar dampak yang dihasilkan dari sebuah ilmu yakni Kemanfaatan ilmu itu sendiri. Melalui pendekatan kualitatif, artikel ini mengeksplorasi bagaimana hubungan antara guru dan murid dapat membangun hubungan yang positif, serta dampak dari hubungan tersebut terhadap motivasi, prestasi akademik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemanfaatan ilmu sangat berkaitan dengan bagaimana seorang murid menjaga hubungan yang baik dengan gurunya, begitu juga sebaliknya.
References
Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad. Ihya' Ulumuddin. Kairo: Dar al Hadith, 2004
Al-Zarnuji, Burhanuddin. Ta'limul Muta'allim: Tariq at-Ta'allum. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2002.
Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad. Ayyuha al-Walad. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1997.
Dewantara, Ki Hajar. 2011. Pemikiran dan Konsepsi Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Tamansiswa.
Abdullah, M. (2015). Filsafat pendidikan Islam: Membentuk manusia berkarakter dan beradab. Kencana.
Al-Attas, S. M. N. (1980). The concept of education in Islam: A framework for an Islamic philosophy of education. Muslim Youth Movement of Malaysia.
Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi di tengah tantangan milenium III. Kencana.
Hidayatullah, F. (2016). Peran guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada peserta didik. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 23-34.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Rodiyah Anggraini, Findi Mareta Biliovita, Ahmad Lutfi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.