KORELASI KEMANFAATAN ILMU DALAM KONTEKS GURU DAN MURID

Authors

  • Nur Rodiyah Anggraini IAIM NU Metro
  • Findi Mareta Biliovita IAIM NU Metro
  • Ahmad Lutfi IAIM NU Metro

DOI:

https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.6010

Keywords:

Ilmu Manfaat, Hubungan Guru dan Murid

Abstract

Artikel ini mengkaji korelasi kemanfaatan ilmu dalam konteks guru dan murid. Dalam pendidikan, hubungan ini memiliki dampak signifikan terhadap proses pembelajaran dan perkembangan karakter siswa. Output pembelajaran tidak hanya mengacu pada keberhasilan transfer ilmu, akan tetapi juga pada seberapa besar dampak yang dihasilkan dari sebuah ilmu yakni Kemanfaatan ilmu itu sendiri. Melalui pendekatan kualitatif, artikel ini mengeksplorasi bagaimana hubungan antara guru dan murid dapat membangun hubungan yang positif, serta dampak dari hubungan tersebut terhadap motivasi, prestasi akademik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemanfaatan ilmu sangat berkaitan dengan bagaimana seorang murid menjaga hubungan yang baik dengan gurunya, begitu juga sebaliknya.

References

Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad. Ihya' Ulumuddin. Kairo: Dar al Hadith, 2004

Al-Zarnuji, Burhanuddin. Ta'limul Muta'allim: Tariq at-Ta'allum. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 2002.

Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad. Ayyuha al-Walad. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1997.

Dewantara, Ki Hajar. 2011. Pemikiran dan Konsepsi Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Tamansiswa.

Abdullah, M. (2015). Filsafat pendidikan Islam: Membentuk manusia berkarakter dan beradab. Kencana.

Al-Attas, S. M. N. (1980). The concept of education in Islam: A framework for an Islamic philosophy of education. Muslim Youth Movement of Malaysia.

Azra, A. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan modernisasi di tengah tantangan milenium III. Kencana.

Hidayatullah, F. (2016). Peran guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada peserta didik. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 23-34.

Downloads

Published

2025-05-22

How to Cite

Nur Rodiyah Anggraini, Findi Mareta Biliovita, & Ahmad Lutfi. (2025). KORELASI KEMANFAATAN ILMU DALAM KONTEKS GURU DAN MURID. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 6(2). https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.6010