PENERAPAN METODE JIBRIL DALAM PELAKSANAAN HAFALAN

Authors

  • Pita Andriani IAIM NU Metro
  • Muhammad Musyafa Alfauzi IAIM NU Metro
  • Muhammad Riyadh IAIM NU Metro

DOI:

https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.6013

Keywords:

Pendidikan Toleransi, Sekolah Dasar, Nilai Toleransi, Kerukunan, Pembentukan Karakter

Abstract

Artikel ini membahas pentingnya Al-Qur'an sebagai petunjuk hidup bagi umat Muslim dan perannya dalam memberikan pedoman hidup yang benar. Al-Qur'an, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril, tidak hanya dibaca, tetapi juga dihafal untuk menjaga keasliannya dan mempermudah pemahaman ajarannya. Penelitian ini fokus pada penerapan metode Jibril di Sekolah Dasar Islam Hidayatul Mubtadiin, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur'an secara efektif. Dengan program tahfidz yang terstruktur dan bimbingan yang sesuai, diharapkan siswa dapat menghafal Al-Qur'an dengan baik tanpa merasa terbebani. Artikel ini juga menyoroti bahwa menghafal Al-Qur'an merupakan amal mulia yang dijanjikan pahala oleh Allah SWT, serta pentingnya memahami dan mengamalkan isi Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menggambarkan penerapan metode Jibril dan tantangan yang dihadapi siswa dalam proses hafalan, sekaligus memberikan wawasan tentang strategi yang efektif untuk menghafal Al-Qur'an

References

Moleong, L. J. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif (EdisiRevisi). PT Remaja Rosdakarya.

Junaidi, M. Rofiq (08 Februari 2021). “Metode Pembelajaran Al-Qur’an”

Anwar, M. A. (2023). Strategi Menghafal dalam Pembelajaran: Teori dan Aplikasi di Sekolah. Jakarta: Penerbit Edukasi.

Hidayat, N. & Fitriani, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Menghafal Siswa Melalui Pendekatan Kognitif dan Teknologi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 18(3), 225-240

Suryani, A. (2021). Psikologi Kognitif dalam Menghafal: Aplikasi dalam Proses Belajar. Yogyakarta: Gava Media.

Hidayat, A. & Fauzi, M. (2023). Pentingnya Menghafal Al-Qur’an dalam Kehidupan Seorang Muslim. Jurnal Pendidikan Islam, 20(1), 102-115.

Syarifuddin, I. & Hasanah, F. (2022). Menghafal Al-Qur’an sebagai Metode Pengembangan Diri dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Al-Ilmi.

Farhan, M. (2021). Hikmah Menghafal Al-Qur’an dalam Pembentukan Karakter dan Spiritual Remaja. Bandung: Mizan.

Fadhilah, A. & Kurnia, R. (2023). Metode Jibril dalam Menghafal Al-Qur’an: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Mizan.

Hasanah, S. (2022). Strategi Efektif Menghafal Al-Qur’an dengan Metode Jibril. Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 19(2), 145-159.

Ahmad, M. & Ramli, F. (2021). Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an melalui Metode Jibril. Bandung: Al-Qalam.

Susanti, R. (2021). Pendidikan Toleransi dalam Kurikulum Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 15-28.

Wahyuni, L. (2021). Integrasi Nilai Toleransi dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kebhinekaan, 6(3), 12-29.

Wahyuni, S. (2020). Tantangan Guru dalam Mengajarkan Toleransi. Jurnal Pendidikan Guru, 12(5), 315-330.

Widiastuti, M. (2020). Metode Pembelajaran Inklusif dalam Pendidikan Toleransi. Jurnal Pendidikan Inklusif, 8(2), 88-102.

Winarti, P. (2021). Pendidikan Toleransi melalui Kegiatan Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Kolaborasi, 8(2), 35-48.

Yusuf, H. (2021). Pendidikan Toleransi dalam Masyarakat Multikultural. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 32-41.

Downloads

Published

2025-05-22

How to Cite

Pita Andriani, Muhammad Musyafa Alfauzi, & Muhammad Riyadh. (2025). PENERAPAN METODE JIBRIL DALAM PELAKSANAAN HAFALAN. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 6(2). https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.6013