PENERAPAN METODE JIBRIL DALAM PELAKSANAAN HAFALAN
DOI:
https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.6013Keywords:
Pendidikan Toleransi, Sekolah Dasar, Nilai Toleransi, Kerukunan, Pembentukan KarakterAbstract
Artikel ini membahas pentingnya Al-Qur'an sebagai petunjuk hidup bagi umat Muslim dan perannya dalam memberikan pedoman hidup yang benar. Al-Qur'an, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril, tidak hanya dibaca, tetapi juga dihafal untuk menjaga keasliannya dan mempermudah pemahaman ajarannya. Penelitian ini fokus pada penerapan metode Jibril di Sekolah Dasar Islam Hidayatul Mubtadiin, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur'an secara efektif. Dengan program tahfidz yang terstruktur dan bimbingan yang sesuai, diharapkan siswa dapat menghafal Al-Qur'an dengan baik tanpa merasa terbebani. Artikel ini juga menyoroti bahwa menghafal Al-Qur'an merupakan amal mulia yang dijanjikan pahala oleh Allah SWT, serta pentingnya memahami dan mengamalkan isi Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini menggambarkan penerapan metode Jibril dan tantangan yang dihadapi siswa dalam proses hafalan, sekaligus memberikan wawasan tentang strategi yang efektif untuk menghafal Al-Qur'an
References
Moleong, L. J. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif (EdisiRevisi). PT Remaja Rosdakarya.
Junaidi, M. Rofiq (08 Februari 2021). “Metode Pembelajaran Al-Qur’an”
Anwar, M. A. (2023). Strategi Menghafal dalam Pembelajaran: Teori dan Aplikasi di Sekolah. Jakarta: Penerbit Edukasi.
Hidayat, N. & Fitriani, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Menghafal Siswa Melalui Pendekatan Kognitif dan Teknologi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 18(3), 225-240
Suryani, A. (2021). Psikologi Kognitif dalam Menghafal: Aplikasi dalam Proses Belajar. Yogyakarta: Gava Media.
Hidayat, A. & Fauzi, M. (2023). Pentingnya Menghafal Al-Qur’an dalam Kehidupan Seorang Muslim. Jurnal Pendidikan Islam, 20(1), 102-115.
Syarifuddin, I. & Hasanah, F. (2022). Menghafal Al-Qur’an sebagai Metode Pengembangan Diri dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Al-Ilmi.
Farhan, M. (2021). Hikmah Menghafal Al-Qur’an dalam Pembentukan Karakter dan Spiritual Remaja. Bandung: Mizan.
Fadhilah, A. & Kurnia, R. (2023). Metode Jibril dalam Menghafal Al-Qur’an: Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Mizan.
Hasanah, S. (2022). Strategi Efektif Menghafal Al-Qur’an dengan Metode Jibril. Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 19(2), 145-159.
Ahmad, M. & Ramli, F. (2021). Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an melalui Metode Jibril. Bandung: Al-Qalam.
Susanti, R. (2021). Pendidikan Toleransi dalam Kurikulum Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 15-28.
Wahyuni, L. (2021). Integrasi Nilai Toleransi dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kebhinekaan, 6(3), 12-29.
Wahyuni, S. (2020). Tantangan Guru dalam Mengajarkan Toleransi. Jurnal Pendidikan Guru, 12(5), 315-330.
Widiastuti, M. (2020). Metode Pembelajaran Inklusif dalam Pendidikan Toleransi. Jurnal Pendidikan Inklusif, 8(2), 88-102.
Winarti, P. (2021). Pendidikan Toleransi melalui Kegiatan Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Kolaborasi, 8(2), 35-48.
Yusuf, H. (2021). Pendidikan Toleransi dalam Masyarakat Multikultural. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 32-41.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pita Andriani, Muhammad Musyafa Alfauzi, Muhammad Riyadh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.