PERAN PENDIDIKAN DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.25217/jf.v7i2.6027Keywords:
Pendidikan Toleransi, Sekolah Dasar, Nilai Toleransi, Kerukunan, Pembentukan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pendidikan dalam menanamkan sikap toleransi di sekolah dasar. Sikap toleransi merupakan nilai penting yang mendukung terciptanya lingkungan belajar yang harmonis dan mendorong siswa untuk menerima perbedaan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengidentifikasi metode yang digunakan oleh sekolah dalam menanamkan toleransi, tantangan yang dihadapi, dan dampak pendidikan toleransi terhadap perilaku siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru, serta kuesioner kepada siswa di sekolah dasar di wilayah perkotaan dan pedesaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan toleransi yang terintegrasi dalam kurikulum dan diterapkan melalui kegiatan kelas maupun ekstrakurikuler berperan signifikan dalam meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menghargai perbedaan. Pendidikan toleransi juga membantu mengurangi konflik dan meningkatkan kolaborasi antar siswa. Namun, tantangan dalam menanamkan nilai ini termasuk keterbatasan sumber daya dan dukungan dari masyarakat. Temuan ini menyoroti pentingnya upaya bersama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam membentuk generasi yang toleran.
References
Dewi, R. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Toleransi di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 14(2), 25-39.
Firdaus, L., & Ismail, N. (2020). Pengaruh Lingkungan Masyarakat terhadap Pendidikan Toleransi. Jurnal Sosiologi Pendidikan, 15(1), 15-27.
Gunawan, A. (2021). Pendidikan Toleransi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 120-135.
Hartono, P., & Wicaksono, D. (2022). Tantangan Pendidikan Toleransi di Sekolah Dasar. Jurnal Studi Pendidikan, 9(3), 54-67.
Hasanah, F. (2020). Implementasi Pendidikan Toleransi melalui Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Kebangsaan, 8(4), 75-87.
Hidayat, S. (2021). Studi Kasus Pendidikan Toleransi di Sekolah Multikultural. Jurnal Pendidikan Sosial, 10(3), 60-74.
Kurniawan, S. (2019). Strategi Guru dalam Mengajarkan Toleransi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(3), 45-58.
Lestari, D. (2023). Implementasi Kurikulum Toleransi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3), 89-105.
Nugroho, A. (2019). Efektivitas Pendidikan Toleransi dalam Membangun Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 63-78.
Nugroho, A., & Setiawan, R. (2020). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Sekolah Dasar. Journal of Educational Psychology, 9(1), 45-55.
Pranoto, M. (2020). Pendidikan Toleransi dalam Konteks Globalisasi. Jurnal Pendidikan Internasional, 9(1), 22-37.
Prasetyo, T. (2021). Kolaborasi dalam Pendidikan Toleransi. Jurnal Pengembangan Siswa, 7(2), 45-56.
Prasetyo, T., & Harahap, Y. (2021). Simulasi sebagai Metode Pembelajaran Toleransi. Jurnal Pendidikan Sosial, 8(4), 234-250.
Rahayu, N., & Hidayat, S. (2022). Ekstrakurikuler dan Pengembangan Sikap Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Multikultural, 10(3), 35-47.
Rahmawati, E. (2022). Pengaruh Pendidikan Karakter dalam Mengurangi Konflik di Kelas. Jurnal Pendidikan Moral, 11(1), 180-200.
Rahmawati, Y., & Setiawan, T. (2021). Peran Guru sebagai Role Model dalam Pendidikan Toleransi. Jurnal Pendidikan Guru, 14(1), 25-39.
Santoso, J. (2022). Tantangan Pendidikan Toleransi dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan Digital, 5(1), 11-24.
Saraswati, D. (2022). Pendidikan Karakter dan Nilai Toleransi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 73-84.
Setia, M. (2022). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Toleransi. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 52-65.
Setiawan, B., & Hidayat, Y. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Studi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, 8(3), 220-230.
Siregar, F. (2020). Pendidikan Toleransi dan Pengurangan Konflik di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(4), 85-99.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryana, R., et al. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Toleransi di Rumah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(2), 220-235.
Susanti, R. (2021). Pendidikan Toleransi dalam Kurikulum Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 15-28.
Wahyuni, L. (2021). Integrasi Nilai Toleransi dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kebhinekaan, 6(3), 12-29.
Wahyuni, S. (2020). Tantangan Guru dalam Mengajarkan Toleransi. Jurnal Pendidikan Guru, 12(5), 315-330.
Widiastuti, M. (2020). Metode Pembelajaran Inklusif dalam Pendidikan Toleransi. Jurnal Pendidikan Inklusif, 8(2), 88-102.
Winarti, P. (2021). Pendidikan Toleransi melalui Kegiatan Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Kolaborasi, 8(2), 35-48.
Yusuf, H. (2021). Pendidikan Toleransi dalam Masyarakat Multikultural. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 32-41.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kholifatul Muthoharoh, Heri Darheni, M. Khoirul Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.