PERAN PENDIDIKAN DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Kholifatul Muthoharoh IAIM NU Metro
  • Heri Darheni IAIM NU Metro
  • M. Khoirul Saputra IAIM NU Metro

DOI:

https://doi.org/10.25217/jf.v7i2.6027

Keywords:

Pendidikan Toleransi, Sekolah Dasar, Nilai Toleransi, Kerukunan, Pembentukan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pendidikan dalam menanamkan sikap toleransi di sekolah dasar. Sikap toleransi merupakan nilai penting yang mendukung terciptanya lingkungan belajar yang harmonis dan mendorong siswa untuk menerima perbedaan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengidentifikasi metode yang digunakan oleh sekolah dalam menanamkan toleransi, tantangan yang dihadapi, dan dampak pendidikan toleransi terhadap perilaku siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru, serta kuesioner kepada siswa di sekolah dasar di wilayah perkotaan dan pedesaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan toleransi yang terintegrasi dalam kurikulum dan diterapkan melalui kegiatan kelas maupun ekstrakurikuler berperan signifikan dalam meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menghargai perbedaan. Pendidikan toleransi juga membantu mengurangi konflik dan meningkatkan kolaborasi antar siswa. Namun, tantangan dalam menanamkan nilai ini termasuk keterbatasan sumber daya dan dukungan dari masyarakat. Temuan ini menyoroti pentingnya upaya bersama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam membentuk generasi yang toleran.

References

Dewi, R. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Toleransi di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 14(2), 25-39.

Firdaus, L., & Ismail, N. (2020). Pengaruh Lingkungan Masyarakat terhadap Pendidikan Toleransi. Jurnal Sosiologi Pendidikan, 15(1), 15-27.

Gunawan, A. (2021). Pendidikan Toleransi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 120-135.

Hartono, P., & Wicaksono, D. (2022). Tantangan Pendidikan Toleransi di Sekolah Dasar. Jurnal Studi Pendidikan, 9(3), 54-67.

Hasanah, F. (2020). Implementasi Pendidikan Toleransi melalui Ekstrakurikuler. Jurnal Pendidikan Kebangsaan, 8(4), 75-87.

Hidayat, S. (2021). Studi Kasus Pendidikan Toleransi di Sekolah Multikultural. Jurnal Pendidikan Sosial, 10(3), 60-74.

Kurniawan, S. (2019). Strategi Guru dalam Mengajarkan Toleransi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(3), 45-58.

Lestari, D. (2023). Implementasi Kurikulum Toleransi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3), 89-105.

Nugroho, A. (2019). Efektivitas Pendidikan Toleransi dalam Membangun Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 63-78.

Nugroho, A., & Setiawan, R. (2020). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Sekolah Dasar. Journal of Educational Psychology, 9(1), 45-55.

Pranoto, M. (2020). Pendidikan Toleransi dalam Konteks Globalisasi. Jurnal Pendidikan Internasional, 9(1), 22-37.

Prasetyo, T. (2021). Kolaborasi dalam Pendidikan Toleransi. Jurnal Pengembangan Siswa, 7(2), 45-56.

Prasetyo, T., & Harahap, Y. (2021). Simulasi sebagai Metode Pembelajaran Toleransi. Jurnal Pendidikan Sosial, 8(4), 234-250.

Rahayu, N., & Hidayat, S. (2022). Ekstrakurikuler dan Pengembangan Sikap Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Multikultural, 10(3), 35-47.

Rahmawati, E. (2022). Pengaruh Pendidikan Karakter dalam Mengurangi Konflik di Kelas. Jurnal Pendidikan Moral, 11(1), 180-200.

Rahmawati, Y., & Setiawan, T. (2021). Peran Guru sebagai Role Model dalam Pendidikan Toleransi. Jurnal Pendidikan Guru, 14(1), 25-39.

Santoso, J. (2022). Tantangan Pendidikan Toleransi dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan Digital, 5(1), 11-24.

Saraswati, D. (2022). Pendidikan Karakter dan Nilai Toleransi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 73-84.

Setia, M. (2022). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Toleransi. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 52-65.

Setiawan, B., & Hidayat, Y. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Studi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, 8(3), 220-230.

Siregar, F. (2020). Pendidikan Toleransi dan Pengurangan Konflik di Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(4), 85-99.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, R., et al. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Toleransi di Rumah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(2), 220-235.

Susanti, R. (2021). Pendidikan Toleransi dalam Kurikulum Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 15-28.

Wahyuni, L. (2021). Integrasi Nilai Toleransi dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kebhinekaan, 6(3), 12-29.

Wahyuni, S. (2020). Tantangan Guru dalam Mengajarkan Toleransi. Jurnal Pendidikan Guru, 12(5), 315-330.

Widiastuti, M. (2020). Metode Pembelajaran Inklusif dalam Pendidikan Toleransi. Jurnal Pendidikan Inklusif, 8(2), 88-102.

Winarti, P. (2021). Pendidikan Toleransi melalui Kegiatan Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Kolaborasi, 8(2), 35-48.

Yusuf, H. (2021). Pendidikan Toleransi dalam Masyarakat Multikultural. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 32-41.

Downloads

Published

2025-05-22

How to Cite

Kholifatul Muthoharoh, Heri Darheni, & M. Khoirul Saputra. (2025). PERAN PENDIDIKAN DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI DI SEKOLAH DASAR. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 7(2). https://doi.org/10.25217/jf.v7i2.6027