KETELADANAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA
DOI:
https://doi.org/10.25217/jf.v7i2.6018Keywords:
Keteladanan Guru, Karakter SiswaAbstract
Karakter mengacu pada sifat atau nilai moral yang membentuk perilaku seseorang. Ini melibatkan integritas, kejujuran, kebaikan, tanggung jawab, dan nilai-nilai lain yang mempengaruhi cara seseorang bertindak dan berinteraksi dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana keteladanan guru membentuk karakter siswa di MA El Nur El Kasyayf Sukatani (2) Bagaimana guru menerapkan keteladanan dalam membentuk karakter siswa di MA El Nur El Kasyayf Sukatani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metodologi deskriptif. Temuan penelitian ini menunjukkan peran penting guru dalam membentuk karakter moral siswa. Dalam hal sikap, nilai, dan perilaku yang unggul, guru yang baik dapat menjadi teladan bagi siswanya. Mereka dapat bertindak sebagai ilustrasi tentang cara berkomunikasi dengan orang lain, menyelesaikan perselisihan, atau menunjukkan empati. Selain memberikan pengetahuan, guru juga membantu siswa menghadapi hambatan dan kesulitan. Mereka mendukung pertumbuhan anak-anak dalam tanggung jawab, kepemimpinan, dan keterampilan sosial. Guru yang peduli dan peduli dapat memberikan dukungan emosional kepada siswa. Hal ini membantu siswa merasa dihargai, percaya diri, dan termotivasi untuk belajar dan berkembang. Guru mempunyai peran dalam menanamkan nilai-nilai positif seperti integritas, disiplin, kerja keras dan toleransi pada siswa. Hal ini membantu membentuk karakter siswa menjadi pribadi yang baik dan bertanggung jawab. Keteladanan pelaksanaan ibadah yang dilakukan oleh para guru di MA El Nur El Kasysyf adalah dengan melaksanakan shalat zuhur dan shalat zuhur berjamaah.
References
Fahruddin, A H. Implementasi Kode Etik Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, n.d.
Ismail, N. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah.” Jurnal Ilmiah Pendidikan 2, no. 1 (n.d.).
Muslich, M. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara, n.d.
Ningsih, E R. “Keteladanan Guru Dalam Membangun Karakter Siswa.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 23, no. 2 (n.d.).
Qonita Pradina, A F. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin (Studi Pada Siswa Di Mi Nihayatul Amal Gunungsari Cirebon.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4118 (n.d.): 4125.
Santoso, Haris, Rita Rahmawati, and Nur Alfi Khotamin. “Analisa Pengembangan Sumber Daya Manusia Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja KSPPS Assyafi’iyah Metro-Lampung.” I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics 6, no. 2 (2020): 169–78.
Sauri, S, and M Fadlillah. “Peran Keteladanan Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Karakter 10, no. 1 (n.d.): 14–25.
Sukatin, N N. Pendidikan Karakter Anak. Hijaz: Jurnal Ilmu Pengetahuan Islam, n.d.
Sukatin, S M. “Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” In Jurnal Anwarul Pendidikan Dan Dakwah, 1044–1054, n.d.
Suyadi, D, and N Ulfatin. “Keteladanan Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Administrasi Pendidikan 22, no. 2 (n.d.).
Syahara, P J Al. Peran Guru Teladan Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SD 18 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan El-Ibtida`I Sophia, n.d.
Thornberg, R. “The Lack of Professional Knowledge in Values Education.” Teaching and Teacher Education 24, no. 7 (n.d.).
Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana, n.d.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Firna Kurfariana Wati, Gufron Arif Maulana, Muhamad Sislan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.