KETELADANAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

Authors

  • Firna Kurfariana Wati IAIM NU Metro
  • Gufron Arif Maulana IAIM NU Metro
  • Muhamad Sislan IAIM NU Metro

DOI:

https://doi.org/10.25217/jf.v7i2.6018

Keywords:

Keteladanan Guru, Karakter Siswa

Abstract

Karakter mengacu pada sifat atau nilai moral yang membentuk perilaku seseorang. Ini melibatkan integritas, kejujuran, kebaikan, tanggung jawab, dan nilai-nilai lain yang mempengaruhi cara seseorang bertindak dan berinteraksi dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana keteladanan guru membentuk karakter siswa di MA El Nur El Kasyayf Sukatani (2) Bagaimana guru menerapkan keteladanan dalam membentuk karakter siswa di MA El Nur El Kasyayf Sukatani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metodologi deskriptif. Temuan penelitian ini menunjukkan peran penting guru dalam membentuk karakter moral siswa. Dalam hal sikap, nilai, dan perilaku yang unggul, guru yang baik dapat menjadi teladan bagi siswanya. Mereka dapat bertindak sebagai ilustrasi tentang cara berkomunikasi dengan orang lain, menyelesaikan perselisihan, atau menunjukkan empati. Selain memberikan pengetahuan, guru juga membantu siswa menghadapi hambatan dan kesulitan.  Mereka mendukung pertumbuhan anak-anak dalam tanggung jawab, kepemimpinan, dan keterampilan sosial. Guru yang peduli dan peduli dapat memberikan dukungan emosional kepada siswa. Hal ini membantu siswa merasa dihargai, percaya diri, dan termotivasi untuk belajar dan berkembang. Guru mempunyai peran dalam menanamkan nilai-nilai positif seperti integritas, disiplin, kerja keras dan toleransi pada siswa. Hal ini membantu membentuk karakter siswa menjadi pribadi yang baik dan bertanggung jawab. Keteladanan pelaksanaan ibadah yang dilakukan oleh para guru di MA El Nur El Kasysyf adalah dengan melaksanakan shalat zuhur dan shalat zuhur berjamaah.

References

Fahruddin, A H. Implementasi Kode Etik Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, n.d.

Ismail, N. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah.” Jurnal Ilmiah Pendidikan 2, no. 1 (n.d.).

Muslich, M. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara, n.d.

Ningsih, E R. “Keteladanan Guru Dalam Membangun Karakter Siswa.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 23, no. 2 (n.d.).

Qonita Pradina, A F. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin (Studi Pada Siswa Di Mi Nihayatul Amal Gunungsari Cirebon.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4118 (n.d.): 4125.

Santoso, Haris, Rita Rahmawati, and Nur Alfi Khotamin. “Analisa Pengembangan Sumber Daya Manusia Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja KSPPS Assyafi’iyah Metro-Lampung.” I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics 6, no. 2 (2020): 169–78.

Sauri, S, and M Fadlillah. “Peran Keteladanan Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Karakter 10, no. 1 (n.d.): 14–25.

Sukatin, N N. Pendidikan Karakter Anak. Hijaz: Jurnal Ilmu Pengetahuan Islam, n.d.

Sukatin, S M. “Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” In Jurnal Anwarul Pendidikan Dan Dakwah, 1044–1054, n.d.

Suyadi, D, and N Ulfatin. “Keteladanan Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Administrasi Pendidikan 22, no. 2 (n.d.).

Syahara, P J Al. Peran Guru Teladan Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SD 18 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan El-Ibtida`I Sophia, n.d.

Thornberg, R. “The Lack of Professional Knowledge in Values Education.” Teaching and Teacher Education 24, no. 7 (n.d.).

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana, n.d.

Downloads

Published

2025-05-22

How to Cite

Firna Kurfariana Wati, Gufron Arif Maulana, & Muhamad Sislan. (2025). KETELADANAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA. Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 7(2). https://doi.org/10.25217/jf.v7i2.6018