Prinsip Manajemen Tenaga Kependidikan Perspektif Al-Qur’an

  • Efi Tri Astuti STIT Muhammadiyah Pacitan
Keywords: Principle of Management, Educational Personnel, Al-Qur’an Perspektive

Abstract

As an effort to improve the quality of human resources, the development of human resources was important for the goverment to focus on improving the quality of education by provision learning processes with quality education personnel. This article aimed to discussed the principle management of educational staff of the Al-Qur'an perspective. This research was literature studies, namely by examining journals, books, research reports. The result showed that : (1) the Principle of Tawheed, covering the principle of unity of direction and unity of command; (2) Principles of justice and prosperity; (3) The principle of deliberation; (4) Principles of efficiency, effectiveness and productivity; (5) Disilpin principle, integrity and loyalty; (6) The principle of division of authority and responsibility; (7) Principle of Ukhuwah. An understanding of the management principle of the Al-Qur'an perspective in the management of Islamic education institutions will be able to contribute positively, including planning of education personnel, the process of recruitment, selection and placement, and the development of education personnel.

Key words: Principle of Management, Educational Personnel, Al-Qur’an Perspektive

References

standar nasional pendidikan: standar isi, standar kompetensi lulusan, standar proses, standar tenaga pendidik dan kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan pendidikan, standar pembiayaan pendidikan, standar penilaian pendidikan. (2010). Az-Zahra Book’s 8.

Ciputra, & Tanan, A. (2002). Menjadi manusia unggul: yang disertai Tuhan. Bethlehem Publisher.

Creswell, John W. (2014). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kauntitatif Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, t.t.

Dacholfany, M. I. (2017). INISIASI STRATEGI MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU SUMBER DAYA MANUSIA ISLAMI DI INDONESIA DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(01). https://doi.org/10.24127/att.v1i01.330

Danumiharja, M. (2014). Profesi Tenaga Kependidikan. Deepublish.

dkk, M. K. (2017). Manajemen Pendidikan. Deepublish.

Dr.), V. R. (Prof. (2004). Manajemen sumber daya manusia utnuk perusahaan: dari teori ke praktik. PT RajaGrafindo Persada.

Fakhruddin, A. (2011). PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONTEKS PERSEKOLAHAN. 9(2), 14.

Farida, U. (2014). PEMIKIRAN ISMAIL RAJI AL-FARUQI TENTANG TAUHID, SAINS, DAN SENI. FIKRAH, 2(2). https://doi.org/10.21043/fikrah.v2i2.669

Hafidhuddin, D. (2003). Manajemen syariah dalam praktik. Gema Insani.

Handoko, T. H. (1987). Dasar-dasar manajemen produksi dan operasi. BPFE.

Harmonika, S. (2018). Efektifitas Model Dan Kontrol Pelayanan Pendidikan Pengawas/Supervisor Di MTSN Kota Batu. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 41–52. https://doi.org/10.3454/at-tadbir.v1i2.3010

Hartani, A. L. (2011). MANAJEMEN PENDIDIKAN (S. Purba, Ed.). Diambil dari http://digilib.unimed.ac.id/1614/

Ikhwan, A. (2016). MANAJEMEN PERENCANAAN PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Tematik Al-Qurâ€TMan dan Hadist). EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 128–155.

Kamuli, S. (2012). PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI SEKRETARIAT DAERAH KOTA GORONTALO. Jurnal Inovasi, 9(01). Diambil dari http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JIN/article/view/706

M.A, P. D. H. A. N. (2016). Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an. Prenada Media.

Majid, N. (1992). Islam: doktrin dan peradaban. Yayasan Wakaf Paramadina.

M.M, D. S. A., M. Pd, & Lampung, U. B. D. (t.t.). Manajemen Pendidikan: Peran Pendidikan dalam Menanamkan Budaya Inovatif dan Kompetitif. Penerbit Andi.

M.Pd, P. D. H. A. R. P., SH. (2017). Manajemen Pendidikan. Celebes Media Perkasa.

Nasution, I. Z. (t.t.). MANAJEMEN PEMBELAJARAN ALQURAN DI KELAS TERPADU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 CABANG MEDAN KOTA TAHUN PELAJARAN 2013-2014. 215.

Nonformal, I. D. P. dan T. K. P. (2009). Informasi capaian kinerja Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Nonformal tahun 2006-2008. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Nonformal.

Ramayulis. (2002). Ilmu pendidikan Islam. Kalam Mulia.

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37.

Salam, A. (2014). Manajemen Insani Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setiawan, A. (2014). Prinsip Pendidikan Karakter dalam Islam: Studi Komparasi Pemikiran Al-Ghazali dan Burhanuddin Al-Zarnuji. Dinamika Ilmu, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.21093/di.v14i1.4

Sidharta, I. (2019). Dasar - Dasar Manajemen: Diandra Kreatif. Diandra Kreatif.

Sudarma, K. (2012). Mencapai Sumber Daya Manusia Unggul (Analisis Kinerja dan Kualitas Pelayanan). Jurnal Dinamika Manajemen, 3(1). https://doi.org/10.15294/jdm.v3i1.2462

Suti, M. (2011). STRATEGI PENINGKATAN MUTU DI ERA OTONOMI PENDIDIKAN. 3, 6.

Usman, H. (2012). Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wartini, S. (2016). Strategi Manajemen Konflik Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Teamwork Tenaga Kependidikan. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 6(1), 64–73. https://doi.org/10.29244/jmo.v6i1.12194

Published
2019-06-02