Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa

  • Nureva Nureva STKIP Al Islam Tunas Bangsa
  • Siska Wulandari STKIP Al Islam Tunas Bangsa
Keywords: Course Review Horay Learning Model, Learning Outcome, Social Study

Abstract

This article aimed to analyze the influence of Course Review Horay (CRH) learning model on social study learning result at fifth grade of elementary school 5 of Merak Batin South Lampung. This research was a quantitative research with the type of Posttest-Only Control Designe. Techniques for analyzing data were analyzed using the t-test.  The result show that the type hypothesis testing obtained Tcount results> Ttable is Tcount of 7,81 with Ttable 1,67 with a significant level of 0,05. Which means Ha accepted and H0 rejected. Thus there is an influence between the Course Review Horay (CRH) learning model on social studies learning outcome at the fifth grade elementary school 5 Merak Batin in the inner south lampung.

Key words: Course Review Horay Learning Model, Learning Outcome, Social Study

References

Arifatun Nahar, Arifatun., Sulistyaningsih, Dwi., dan Purnomo, Eko Andri. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Segitiga Kelas VII. Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (48-59).

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hutauruk, Pindo dan Simbolon, Rinci. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. School Education Journal Vol 8 No 2 (121-129).

Jihad, Asep dan Haris Abdul. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressido.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena

Kristin, Firosalia. 2018. Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Refleksi Edukatika, 8 (2): 172.

Maryam, Siti., Hasbi, Muh., dan Hamid, Abd. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keliling dan Luas Persegi Panjang di Kelas VII SMP Negeri 2 Marawola. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Vol 4 No 1 (116-130).

Mediatati, Nani dan Suryaningsih, Istiana. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 1 No 2 (113-121).

Purwanto, 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Ar. Ruzz Media.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. 2014. Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto. A. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Suwarno, Agus. 2016. Penerapan Metode Inquiry Tehadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Dalam Materi Keragaman Flora dan Fauna di Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 1 Tebas. Jurnal Refleksi Edukatika. 7(1):13.

Triana, Lilis. 2016. Penggunaan Strategi Mind Mapping Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN 1 Wonorejo Demak. Jurnal Refleksi Edukatika, 7 (1):37.

Trianto. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan nasional.

Utami, Putu Desy Kompyang Sari dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berbantuan Media Konkrit Terhadap Hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol 4 No 1 (1-11).

Published
2019-06-02