Pembelajaran IPS Di SMP Negeri 2 Tragah Bangkalan Menggunakan Media Perpustakaan

  • Heri Suharto UNIVERSITAS DR.SOETOMO SURABAYA
  • Sulis Janu Hartati Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sri Yuni Hanifah Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Keywords: Media pembelajaran, perpustakaan, ilmu pengetahuan sosial

Abstract

Mata pelajaran IPS sesuai dengan namanya tentu diharapkan membantu siswa  menjadi makluk sosial yang baik, yakni orang yang mampu bergaul dan berinteraksi dengan orang lain secara positif. Kurikulum IPS 2013 untuk SMP/MTs dijelaskan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang mengkaji tentang isu-isu sosial dengan unsur kajiannya dalam konteks peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi.  Penelitian ini menggunaka pendekatan kuantitatif dan menggunakan instrumen penelitian yang sudah dinyatakan valid dan reiabel, antara lain lembar angket dan soal tes. Peneliti melakukan analisis data penelitian menggunakan rumus t-test  satu sampel dan korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisa statistik tersebut, peneliti menyimpulan penelitian ini antara lain: 1) perpustakaan sebagai Media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 2 Tragah Bangkalan cukup baik, 2) ada peningkatan budaya membaca siswa SMP Negeri 2 Tragah Bangkalan, 3) ada peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 2 Tragah Bangkalan, dan 4) terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan perpustakaan sebagai media pembelajaran dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Negeri 2 Tragah Bangkalan

Published
2021-08-25
Section
Articles